Wisata Unik dan Indah Api Tak Kunjung Padam di Madura

Diposting pada

Madura adalah wilayah yang banyak dikelilingi dengan destinasi alam, tidak hanya hutan atau perkebunan , tapi ada juga gunung, bukit, tak hanya dikelilingi oleh pantai-pantainya yang menyejukkan mata. Akan tetapi ada juga wisata yang unik sekali bahkan jarang sekali di dengar oleh masyarakat, yaitu wisata unik dan indah api tak kunjung padam.

wisata unik dan indah ini merupakan wisata yang terletak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Yang mana lokasinya ini tidaklah terlalu jauh dari pusat kota pamengkasan yang hanya jaraknya kurang lebih 5 KM dangan durasi sekitar 15 menitan.

Keunikan dari wisata api tak kunjung padam ini adalah semburan api yang asalnya dari permukaaan bumi bawah tanah atau perut bumi. Hebatnya lagi meskipun nih kita guyur itu api dengan air, api tersebut akan tetap saja menyala.

Keajaiban dari api abadi ini sudah sangatlah terkenal di berbagai kalangan khusunya saja di masyarakat Madura. Jadi tidak heran jika setiap harinya tempat ini rame akan pengnjung wisatawan baik dari wilayah Madura sendiri atau dari luar Madura untuk mengunjungi dan sekedar melihat api tak kunjung padam tersebut.

Wisata ini makin hari pun makin rame dengan pengunjung dai berbagai luar daerah. Biasanya pengunjung datang untuk menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu api yang tak kunjung padam ini atau api yang selalu menyala, biasanya nih pengunjung sambil beristirahat, membakar jagung dan ikan yang dijual di sekitar tempat lokasi wisata api tak kunjung padam ini.

Siapa saja sebenarnya bisa memanfaatkan keunikan dari wisata api tak kunjung padam ini, bahkan penduduk sekitar pun ada juga yang memanfaatkannya untuk keperluan memasak nasi dilokasi wisata tersebut loh. Api tersebut dipercaya bisa keluar dan menyala terus dari dalam tanah, dan diperkirakan karena didalam tanah tersebut di dalamnya mengandung gas belerang, sehingga mudah terjadi proses oksidasi.

BACA JUGA  Eksotisme Pantai Sumenep: Gili Genteng

Berbeda dengan wisata api abadi yang lainnnya, api wisata abadi ini bukan milik pemerintah setempat, melainkan dikelola perorangana, yaitu keluarga H,ali. Kemudia diakui bahwa kawasan milik keluarga yang sudah diwariskan turun temurun dan dibuka secara nonstop.

Di kawasan wisata unik dan indah ini ada dua lоkaѕі titik api abadi. Yang pertama dіѕеbut ‘Apoy Lake’ (api lakі-laki), yang kedua adalah ‘Apoy Bine’ (api-perempuan) yang sеlalu ramaі dikunjungi, tеrutama pada akhіr pecan yaitu di kedua titik ini. Dan bagi yang berminat singgah harus membeli tiket dan kendaraan yang diparkir juga dikenakan biaya.

Hanya saja untuk biaya parkir ini cukup terbilang murah, karena hanya dipatok RP.3000 rupiah saja.

Pada saat weekend ini, banyak yang mengunjungi tempat wisata ini baik didalam wilayah Madura ataupun diluar Madura. Nah, bagi Anda dan keluarga yang ingin pergi jalan-jalan bisa nih pergi berkunjung ke wisata unik dan indah api tak kunjung padam ini. Sekaligus bisa menikmati wisata yang lainnya yang ada di Madura tentunya.