Wisata Sejarah Kota Tua Kalianget

Diposting pada

Kota Tua Kalianget photo by semaduracom

Madura adalah salah satu wilayah yang berada di Jawa Timur dengan memiliki tempat wisata yang menarik dan salah satunya adalah Kota Tua Kalianget. Bagi Anda yang sedang berkunjung di Pulau Madura wajib berkunjung juga ke tempat wisata Kota Tua. Tempat wisata satu termasuk wisata yang banyak mengandung sejarah sehingga Anda wajib mengunjunginya.

Lokasinya adalah berada di kita timur Sumenep dan di sana Anda dapat melihat beberapa area pertahanan yang dibuat selama VOC kemudian diteruskan oleh Pemerintah Hindia Belanda selama masa penjajahan Sumenep. Kalianget dikembangkan jadi kota karena lokasinya cukup strategis dan juga salah satu kita pelabuhan paling sibuk yang ada di Selat Madura.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke sana tidak perlu cemas karena ada beberapa fasilitas yang disediakan. Contohnya adalah lahan parkir, warung, mushola dan gazebo. Untuk biaya parkirnya cukup terjangkau namun Anda dapat menikmati keindahannya dengan hunting foto di sekitar gedung-gedung tua di sana.

Daya Tarik Kota Tua Kalianget

Ada sejumlah gedung-gedung tua peninggalan yang masih ada di Kota Tua Kalianget tersebut, yaitu

1.     Gedung Pembangkit Listrik

Lokasi gedung pembangkit listrik ini yaitu berada di pinggir jalan raya Kalianget atau sebalah barat dari kantor Pusat PT. Garam. Bangunan ini mempunyai arsitektur yang sangat khas seperti di Belanda dan juga terlihat sedikit angker karena jika Anda melihat keadaan atau bentuk gedung tua yang satu ini. Gedung ini konon telah berdiri sejak tahun 1914 silam.

BACA JUGA  Nikmatnya Kuliner Surabaya, Tahu Campur Kalasan yang Melegenda

2.     Jam Dinding Tua

Anda juga dapat menjumpai jam yang umurnya sangat tua dan juga pos penjagaan yang sudah termakan oleh usia dan tidak terawat dengan baik. Dahulu, tempat ini berfungsi untuk check point karyawan pabrik garam namun sekarang sudah tidak digunakan lagi.

3.     Lokomotif

Anda juga dapat melihat lokomotif tua yang dahulunya dipakai untuk penarik kereta yang berisi garam. Garam tersebut diangkut dari ladang garam terbesar di pesisir selatan serta timur Kecamatan Kalianget. Anda dapat mengambil gambar lokomotif tua tersebut karena sangat bersejarah dan juga bentuknya cukup unik.

4.     Pelabuhan Kota Tua

Dahulu, pelabuhan kota tua ini dipakai untuk tempat pengiriman garam ke luar wilayah Sumenep hingga ke luar negeri. Selain itu, pelabuhan ini juga termasuk jalur distribusi barang dagang dari dan juga ke luar wilayah Sumenep juga.

Itulah beberapa contoh daya tarik yang terdapat di Kota Tua Kalianget sehingga Anda harus coba ke sana karena cukup menarik untuk dikunjungi.

Rute Perjalanan ke Lokasinya

Khusus bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui Jembatan Suramadu menuju ke Sumenep. Sesampainya di Sumenep Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan yang tersedia untuk sampai ke kota tua tersebut.

Harga Tiket Masuk

Jam buka kota tua di Kalianget ini adalah 24 jam atau setiap hari dan untuk harga tiket masuknya gratis. Namun saat Anda berada di tempat wisata pastikan untuk menjaga lingkungan dengan baik sehingga dilarang mengotori. Selain itu, disarankan bagi Anda yang ingin liburan ke sana untuk membawa makanan dan minuman sendiri.

BACA JUGA  Mengunjungi Wisata Pasir Putih Kangean Sumenep

Nah, jadi itulah informasi mengenai tempat wisata Kota Tua Kalianget yang cukup bersejarah dan juga memiliki cukup banyak gedung-gedung tua yang cukup menarik untuk Anda datangi sambil refreshing.