Wisata Religi Vihara Avalokitesvara Pamekasan

Diposting pada

Wisata Religi Vihara Avalokitesvara Pamekasan

Wisata Religi Vihara Avalokitesvara Pamekasan
Wisata Religi Vihara Avalokitesvara Pamekasan

Wisata Religi Vihara Avalokitesvara Pamekasan – Jika Anda bosan dengan wisata alam seperti pantai atau air terjun maka bisa coba untuk mengunjungi Cagar Budaya Vihara Avalokitesvara yang terletak di Kabupaten Pamekasan Madura dan merupakan bangunan peninggalan masa lampau yang menarik untuk dikunjungi.

Saat Anda sedang berada di sekitar Kabupaten Pamekasan Madura ini maka tempat ini jadi salah satu yang bisa Anda coba untuk kunjungi disela kesibukan.

Sejarah Singkat dari Vihara Avalokitesvara Pamekasan

Tempat ini sudah ada sejak lama bahkan ribuan tahun yang lalu dimana dulunya tempat ini merupakan bangunan dengan atap daun kelapa. Tempat ini dulunya digunakan menampung penemuan patung yang ditemukan oleh Kerajaan Majapahit untuk salah satu kerajaan yang berada di Pamekasan.

Daya Tarik dari Vihara Avalokitesvara Pamekasan

vihara satya dharma benoa harbour denpasar bali 220506590

Tempat ibadah ini merupakan Tempat Ibadah Tri Darma yang disebut juga oleh warga Tionghoa dengan sebutan Kelenteng Kwan Im Kiong. Ada beberapa daya tarik dari Vihara ini sehingga tak hanya dijadikan tempat ibadah saja tetapi juga sebagai tempat untuk wisata religi.

Berikut ini merupakan beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Vihara Avalokitesvara yang ada di Kabupaten Pamekasan ini.

  • Arsitektur khas dan menarik

Pertama, yang menjadikan Vihara ini banyak dikunjungi oleh masyarakat selain untuk beribadah karena arsitekturnya yang khas dan menarik. Bangunan tersebut sangat kenal dengan nuansa Tionghoa. Hal ini bisa dilihat dari ukiran patung naga yang ada di vihara ini ditambah lagi warna cat yang merah menyala sangat kental dengan Tionghoa.

BACA JUGA  Wisata Religi di Sampang Madura Yang Recomended Untuk Dikunjungi

Atap gapura terlihat sangat berbeda dan kontras dengan bangunan yang ada di sekitar vihara tersebut.

  • Terdapat tempat ibadah lain

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata religi ini yaitu terdapat tempat ibadah lain di komplek vihara ini. Nah inilah bentuk nyata dari toleransi dan bentuk kebersamaan, rasa saling menghormati, rasa saling menghargai sesama umat beragama.

Tempat ibadah selain Vihara yang ada di komplek ini yaitu Mushola dan juga Pura yang membuktikan toleransi umat beragama.

  • Sejarah panjang vihara

Yang jadi daya tarik selanjutnya dari tempat wisata ini yaitu sejarah panjang yang dimiliki. Vihara ini sudah didirikan dari ribuan tahun silam dan memiliki sejarah panjang atau legenda yang beredar di masyarakat. Ini juga menjadi salah satu hal yang sangat menarik tentunya.

  • Tempat hunting foto

Yang tak kalah menarik yaitu tempat ini memiliki arsitektur yang unik dan berbeda sehingga banyak juga masyarakat yang datang berkunjung untuk mengambil foto. Karena memang tempat ini punya banyak spot foto menarik yang bisa Anda abadikan. Tempat ini ramai dikunjungi saat hari libur tiba.

Anda bisa sepuasnya mengambil gambar di Vihara Avalokitesvara yang ada di Kabupaten Pamekasan ini.

Fasilitas Vihara Avalokitesvara

Vihara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang yaitu sebagai berikut.

  1. Area parkir untuk kendaraan
  2. Mushola dan Pura
  3. Toilet
  4. Tempat untuk istirahat, dan masih banyak fasilitas lainnya.

Jika ingin berlibur ke cagar budaya ini maka sebaiknya Anda memilih hari yang tepat tidak saat terik atau musim hujan. Sehingga pemantauan cuaca melalui prakiraan cuaca akan sangat membantu untuk mendapatkan waktu yang pas. Tentunya di hari libur dan weekend tempat ini akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan.

BACA JUGA  Edukasi Wisata Religi Makam Ratu Ibu Bagi Anak di Bangkalan

Itulah beberapa informasi yang harus Anda ketahui terkait dengan Tempat Ibadah Tri Darma ini. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar Vihara Avalokitesvara ini. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Selamat berlibur!