Wisata Religi Sunan Ampel, Selalu Ramai dengan Pengunjung dari Berbagai Daerah!

Diposting pada

Bagi seluruh umat Islam, mengunjungi makam Wali Songo merupakan sesuatu yang lumrah. Berbicara tentang Wali Songo, ada beberapa makam Wali Songo di Jawa Timur. Sebut saja makam Sunan Ampel yang ada di Surabaya. Di mana wisata religi Sunan Ampel ini selalu ramai pengunjung yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Di masa lalu, Sunan Ampel atau Raden Rahmat memiliki strategi dakwah yang unik sehingga diterima oleh masyarakat Surabaya yang masih awam tentang Islam. Salah satu tujuan untuk berziarah ke makam Sunan Ampel yaitu melantunkan doa dan juga mengenang perjuangan Sunan Ampel untuk menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Karena sudah menjadi tradisi yang melekat, wisata religi Sunan Ampel tersebut tidak pernah sepi pengunjung meski pada hari-hari biasa. Apalagi pada hari-hari besar Islam seperti pada saat bulan Ramadan, maka akan semakin banyak orang Islam yang datang untuk berziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya tersebut.

Pada artikel kali ini kami ingin bahas tiga fakta menarik tentang makam Sunan Ampel. Apabila kamu belum pernah mengunjungi wisata religi yang satu ini, maka adanya artikel kali ini bisa menjadi daya tarik. Setidaknya membuat kamu penasaran untuk bisa mengunjungi tempat wisata religi di Surabaya ini. Berikut ulasan selengkapnya!

Fakta Unik  Wisata Religi Sunan Ampel :

1. Gapura Limo.

2. Wisata Religi Sunan Ampel

Perlu kamu  tahu jika di tempat wisata religi Sunan Ampel tersebut terdapat gapura limo atau lima gapura. Gapura tersebut berada tepat ketika para pengunjung menuju ke pusara. Bahkan lima gapura tersebut memiliki ukuran dan ornamen yang berbeda-beda sesuai pemaknaanya. Nah, lima gapura ini dianggap sebagai simbol rukun Islam.

BACA JUGA  Bukit Kapur Jaddih di Bangkalan Madura Menjadi Destinasi Wisata Fotogenik

Bahkan kelimanya memiliki nama yang berbeda-beda yaitu, Gapuro Munggah (naik), Gapuro Poso (puasa), Gapuro Mengadep (menghadap), Gapuro Ngamal (zakat) dan Gapuro Paniksen (penyaksian). Jadi itu dia fakta pertama yang harus kamu tahu dari tempat wisata religi yang ada di kota Surabaya tersebut.

2. Masjid Megah

2. Wisata Religi Sunan Ampel 1

Fakta kedua yang harus kamu tahu tentang tempat wisata religi Sunan Ampel yaitu terdapat masjid yang sangat megah. Di sebelah timur makam Sunan Ampel terdapat masjid yang menarik. Masjid tersebut berdiri kokoh dengan arsitektur yang sangat unik. Perpaduan Jawa kuno dan juga Arab menjadi pilihan arsitektur pada masjid ini.

Hampir semua bagian pada masjid yang megah tersebut menggunakan kayu jati. Banyak yang beranggapan jika masjid tersebut memiliki Karomah tersendiri, pasalnya dulu sering dijajah namun tidak pernah mengalami kerusakan. Bangunannya pun masih berdiri kokoh dan terlihat sangat megah.

3. Kampung Arab

2.Wisata Religi Sunan Ampel

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata religi Sunan Ampel tersebut yaitu terdapat kampung Arab. Kampung Arab tersebut menyediakan berbagai jenis oleh-oleh seperti makanan khas Jawa Timur yaitu dodol warna-warni. Ada pula makanan seperti kurma yang dijual di sepanjang lorong kampung Arab tersebut.

Tidak hanya itu saja, banyak pula yang menjual pernak-pernik seperti gelang, tasbih, sarung dan baju. Para pengunjung bisa berbelanja di tempat tersebut untuk dibawa pulang ke rumah. Jadi itu dia fakta ketiga yang harus kamu tahu tentang adanya wisata religi di Jawa Timur yaitu Sunan Ampel.

Mengunjungi wisata religi Sunan Ampel sudah biasa dilakukan oleh masyarakat Islam di Indonesia. Wisata religi yang ada di Surabaya tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya. Sebelum kamu mengunjungi tempat wisata religi ini, setidaknya ketahui tiga fakta menarik yang telah kita bahas di atas.

BACA JUGA  Wajib Kunjungi Nasi Goreng Terenak Di Surabaya