Wajib Dicoba! 6 Makanan Khas Surabaya

Diposting pada

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia yang kaya akan kuliner yang enak dan khas. Makanan khas Surabaya identik dengan cita rasanya yang gurih dan pedas. Apa saja makanan khas kota pahlawan ini? Yuk, simak informasi berikut ini.

Lontong Balap

Kuliner khas yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Identik dengan lontong dan tahu goreng, Lontong Balap juga dilengkapi dengan lentho lalu disiram dengan kuah tauge.

Bagi Anda yang tidak tahu apa lentho, ialah kudapan khas Jawa yang berbahan dasa kacang hijau atau kacang tolo. Konon nama Makanan ini bermula dari para penjuan berasal dari satu daerah yang berangkat bersepedah bersama (balap) ke lokasi berjualan.

Rujak Cingur

Makanan khas selanjutnya adalah Rujak Cingur. Sebagaimana namanya, rujak yang satu ini berbahan dasar cingur atau moncong sapi.  Cingur direbus terlebih dahulu hingga matang dan dipotong dadu.

Satu porsi Rujak Cingur berisi potongan cingur sapi, sayur rebus yang disiram dengan saus kacang tanah dan tambahan petis. Makanan khas Surabaya identik denga tekstur cingur yang kenyal main nikmat dengan ketupat.

Tahu Tek

Makanan khas selanjutnya adalah Tahu Tek atau yang lebih di kenal dengan tahu telur. Tahu dan telur dioalah dengan cara digoreng seperti membuat dadar. Makanan sederhana ini juga bayak diminati wisatawan karena harganya yang sagat terjangkau.

Satu porsi Makanan ini berisi dadar telur dengan tambahan potongan dadu tahu, tauge, kentang, petis, da bumbu kacang. Lebih mantap dengan tambahan nasi atau lontong sehingga tidak haya murah, tapi juga mengenyangkan. Makanan ini sangat mudah ditemui di Jawa Timur, terutama pada pedagang kaki lima.

BACA JUGA  Apen , Kuliner Sumenep Terkenal dan Legendaris

Rawon Khas Surabaya

Hindangan khas Surabaya lainnya adalah Rawon. Makanan berkuah hitam ini wajib Anda cicipi. Indentik dengan daging sapi da kuah hitam dari bahan rempah kluwek, rawon jadi makanan yang banyak digemari.

Perpaduan antara rempah kluwek, jahe, serai, daun jeruk, dan cabai membuat cita rasa unik dari sup ini. Sehingga Rawong menjadi Makanan khas Surabaya dengan aroma yang khas dan menggugah selera. Untuk menikmati satu porsi Rawon Anda bisa dengan mudah menemukannya di restoran maupun pedagang kaki lima di Surabaya.

Pecel Semanggi

Jika umumnya sayur Semanggi dimasak dengan cara di tumis, di Surabaya sayur ini diolah menjadi pecel yang nikmat. Perbedaan Pecel Semanggi dan Pecel lainnya adalah tambahan sayur Semangginya. Satu porsi Pecel Semanggi berisi sayur Semanggi da sayur lain yakni daun kangkung, bayam, dan pepaya.

Semua jenis sayuran hijau tersebut direbus kemudian disiram dengan kuah kental yang terbuat dari kacang tanah. Namun sayangnya Anda akan sedikit kesulitan menemukan Makanan khas Surabaya yang satu ini sebab bahan bakunya yang saat ini semakin sulit diperoleh.

Sate Lisidu

Anda pasti sudah tidak asing dengan sate, namun cobalah Sate Lisidu yang khas Surabaya. Makanan ini berbahan dasar daging ayam kampung yang dipipihkan. Sebab bentuknya inilah membuat bumbu sate dan saus kacangnya meresap dengan baik pada daging.

Makanan ini identik dengan cara kipasnya yang berbeda dari sate lain. Sate di kipas dari atas juga bawah sehingga Sate Lisidu tidak memiliki sisa arang yang menempel pada daginnya.

Itulah beberapa Makanan khas Surabaya yang lezat dan sangat sayang untuk dilewatka. Makanan tersebut bisa menjadi alternatif pilihan Anda jika sedang berkunjung ke Surabaya.

BACA JUGA  Inilah Beberapa Keistimewaan Camilan Almond Crispy Khas Surabaya