Wajib Coba, 8 Kuliner Khas Sumenep yang Unik dan Bikin Nagih

Diposting pada

Setiap daerah tentu memiliki ciri khas masing-masing, yaitu tepat wisata dan kuliner khas yang tidak boleh ketinggalan. Seperti halnya kuliner khas Sumenep yang wajib wisatawan cicipi ketika berkunjung ke daerah tersebut.

Mungkin orang lebih banyak mengenal tentang tempat wisata di daerah Sumenep ketimbang kulinernya yang khas dan bisa membuat ketagihan. Akan tetapi, banyak juga wisatawan sengaja berkunjung ke Sumenep hanya untuk mencicipi kulinernya yang unik serta khas

8 Kuliner Khas Sumenep

Biasanya orang akan memprioritaskan untuk mengunjungi objek wisata ketika berkunjung ke suatu daerah tertentu. Akan tetapi, kurang lengkap rasanya jika hanya berwisata tanpa mencicipi keanekaragaman kuliner pada daerah tersebut yang khas dan unik.

Salah satunya daerah Sumenep, Jawa Timur yang terkenal dengan kulinernya yang unik dan beragam sehingga patut dicoba. Mungkin awalnya orang akan merasa aneh ketika mendengar namanya, tetapi bisa ketagihan setelah mencoba kuliner tersebut.

1.      Kaldu kokot

Kuliner pertama ada kaldu kokot, mungkin bagi sebagian wisatawan sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini. Kaldu kokot merupakan sajian dari tulang sapi yang masih berisi sumsum dan lengkap dengan kacang hijau atau kedelai, lontong, serta kroket singkong.

2.      Kalsot

Kedua adalah kalsot atau singkatan dari kaldu soto, tentu unik bukan nama tersebut?. Pembuatan kalsot biasanya menggunakan perpaduan kaldu sapi dan bumbu soto yang khas serta daging, tulang sapi, serta kacang hijau sebagai topping.

BACA JUGA  Pentol Gapek, Jajanan Dari Pesisir Sumenep

3.  Kuliner Khas Sumenep Soto Campor

Banyak kuliner segar yang bisa wisatawan jumpai ketika berkunjung di Sumenep, salah satunya adalah menu soto yang bernama soto campor. Soto satu ini memiliki sajian yang berbeda karena perpaduan antara soto dengan rujak dan menggunakan kuah santan campur cabai halus.

4.      Lontong Campor

Lontong campor juga termasuk kuliner Sumenep yang khas dan unik sehingga para wisatwan yang berkunjung wajib mencobanya. Sajian lontong campor terdiri dari daging sapi, irisan timun, bawang goreng, daun bawang, bumbu kacang, kuah sup daging yang bercampur rempah lainnya.

5.      Apen

Tidak hanya menu makanan berat yang wajib dicicipi, tetapi juga ada kue tradisional yang masih populer hingga sekarang. Apen kuliner legendaris yang terbuat dari tepung beras, santan, serta gula merah sehingga mirip dengan kue serabi.

6.   Kuliner Khas Sumenep Cake

Cake yang merupakan sup dengan isian potongan tepung campuran dari udang. Tidak hanya itu, cake juga berisi lidah sapi atau daging ayam dan sayuran serta menggunakan keripik kentang sebagai wadah.

7.      Makan Pae

Kuliner yang tidak kalah menarik dan unik khas Sumenep adalah Makan Pae, Makan Pae atau Kue Pae adalah sup merah berisi pie. Pie biasanya terbuat dari campuran tepung dengan telor, untuk kuah biasanya berisi daging dan kacang polong sehingga lezat.

8.      Rojek

Rujak biasanya berisi buah-buahan segar dan menggunakan sambal gula jawa, berbeda dengan rojek atau rujak Sumenep ini. Rojek merupakan sajian yang terdiri dari lontong, irisan tahu goreng, irisan timun, singkong dan sayur rebus, dan sambalnya menggunakan campuran petis ikan.

Demikian beberapa rekomendasi kuliner khas Sumenep yang wajib wisatawan coba karena bisa membuat ketagihan untuk selalu mencicipinya. Tidak heran jika banyak orang yang dibuat ketagihan setelah mencicipi kuliner unik khas Sumenep ini.

BACA JUGA  Kuliner Terkenal di Surabaya Rekomendasi untuk Anda