View Indah di Wisata Pulau Sapudi yang Menakjubkan

Diposting pada

Pulau Sapudi Sumenep Jawa Timur

Kabupaten Sumenep Madura memang sangat kaya akan wisata alam. Apalagi di sini terdapat banyak pulau, salah satunya Pulau Sapudi. Pulau ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang diminati banyak orang. Panorama alamnya sangat menakjubkan sehingga memikat banyak turis berdatangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Perlu diketahui bahwa pulau ini berada di Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung perlu menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Jika dari Situbondo, lebih tepatnya dari Pelabuhan Jangkar, kurang lebih 7 jam lamanya. Apabila ingin berwisata ke pulau ini, alangkah baiknya untuk memulai perjalanan dari pagi hari. Hal ini dikarenakan ombak di pagi hari tidak begitu besar.

Pasalnya, perahu kerap kali mati mesin karena terjangan ombak yang terlalu tinggi di kawasan perairan Masalembu. Untuk keberangkatan dari Pelabuhan Jangkar, perlu tahu jadwal kapal berangkat dengan menanyakan kepada kepala pelabuhan.

Daya Tarik Pulau Sapudi Bagi Para Wisatawan

Pulau ini memiliki keindahan dan daya tarik luar biasa karena beberapa hal berikut ini.

1.     Tebing dengan Ukiran yang Berundak

Tidak hanya kearifan lokal saja yang dapat dirasakan nuansanya di sini. Ternyata di pulau ini terdapat pantai yang indah serta area tebing yang membentuk ukiran berundak. Sebenarnya ukiran tersebut merupakan buatan masyarakat setempat, dengan penggalian batu kapur di sepanjang tebing.

BACA JUGA  Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Kota Surabaya yang Wajib Dikunjungi!

2.     Wisata Sejarah

Selain itu, daya tarik dari pulau ini juga karena kental akan sejarah. Letak alam Bahari, Pulau ini juga merupakan wisata sejarah karena terdapat dua makam sunan di pulau ini, yaitu Sunan Wirobroto dan Wirokromo. Jadi cukup banyak para wisatawan yang pergi berziarah ke makam sunan.

3.     Somor Tasek

Somor Tasek artinya sumur yang sumber airnya dari laut. Namun, uniknya sumur ini memiliki rasa air yang tawar. Letak sumur ini berjejer rapi di pelabuhan yang menghubungkan Kecamatan Raas dan Gayam.

HTM ke Pulau Sapudi

Perlu diketahui bahwa untuk masuk ke Pulau Sapudi, Tidak membutuhkan tiket masuk. Namun wisatawan perlu menyiapkan biaya tiket penyeberangan dari dermaga ke lokasi wisata.

Tiket penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar menggunakan kapal feri yaitu Rp30.000. Sedangkan dari Dunke atau Kalianget menggunakan perahu tarifnya Rp45.000. Tarif ini sudah termasuk tarif perahu transit dan tarik perahu.

Spot Wahana Menarik di Pulau Sapudi

Ada beberapa spot yang sangat menarik di Pulau Sapudi ini. Bahkan berbagai aktivitas seru juga dapat dilakukan di sini.

·         Snorkeling dan Melihat Keindahan Padang Lamun

Pulau ini mempunyai wilayah perairan dengan kehidupan terumbu karang yang asri dan luas. Hal ini membuat padang lamun akhirnya meluas sampai menjauh dari pantai.

Ketika air surut, padang lamun dapat terlihat di area perairan dangkal. Terdapat sekitar 6 jenis lamun yang ada di pulau ini. Di bagian utara adalah kawasan pantai landai dengan perairan tenang.

Berbeda halnya dengan bagian Selatan dan Barat. Snorkeling di pantai untuk melihat terumbu karang merupakan aktivitas yang seru untuk dilakukan di sini.

·         Menonton Atraksi Karapan Sapi

Pulau ini merupakan daerah asal karapan sapi yang merupakan ciri khas budaya Madura. Atraksi karapan sapi cukup sering dijumpai di pulau ini. Jika ingin melihat atraksi tersebut, periksa jadwal atraksi tersebut sebelum keberangkatan.

BACA JUGA  Rekomendasi Wisata Religi Surabaya, Mulai Dari Wisata Islami Hingga Konguchu!

·         Jalan-Jalan Keliling Area Hutan Mangrove

Para pengunjung bisa menikmati segarnya udara di pulau ini dengan jalan-jalan mengelilingi area hutan mangrove. Keberadaan hutan mangrove membuat area di sekitar pulau menjadi terlihat hijau dan segar.

Bahkan pohon mangrove juga dijumpai di area tepi sungai. Jika pulau ini disebut pulau yang asri. Apabila ingin keliling pulau ini melihat indahnya hutan mangrove, maka bisa menggunakan angkutan umum delman.

Demikianlah informasi mengenai wisata Pulau Sapudi yang dapat dijadikan sebagai referensi. Apabila ingin berkunjung ke pulau ini, persiapkan segala sesuatunya dengan matang sehingga perjalanan wisata lebih menyenangkan.