Topak Ladeh Kuliner Khas Bangkalan, Cocok Buat yang Suka Jeroan!

Diposting pada

Topak Ladeh kuliner khas Bangkalan biasanya sajikan saat lebaran ketupat. Lebaran ini memang tidak umum karena cuma termasuk tradisi yang dibiasakan secara turun temurun. Umumnya lebaran ini dilaksanakan setelah seminggu hari raya Idul Fitri.

Tapi kuliner khas Bangkalan ini juga banyak dijual dan menjadi incaran para wisatawan. Sebab kita rasanya yang khas serta cukup legendaris ini membuat banyak orang tertarik untuk sekedar incip.

Topak Ladeh  sendiri merupakan makanan berkuah yang diberikan irisan daging, jeroan sapi khas Bangkalan Madura, dan telur. Topak berasal dari bahasa Madura yang artinya lontong. Jadi topak Ladeh dapat juga disebut dengan lontong Ladeh.

Sajian Topak Ladeh Kuliner Khas Bangkalan

Bagi Anda yang penasaran bagaimana sajian kuliner khas Bangkalan ini, mulai dari cita rasa hingga penghidangannya bisa mencermati ulasan berikut ini sampai selesai:

Lontong

Isian utama dari Topak Ladeh, pastinya adalah lontong. Jadi kuliner ini termasuk makanan yang mengenyangkan dan enak untuk dinikmati.

Apalagi saat berwisata, pastinya rasa lapar cukup mengganggu sehingga kuliner ini cocok diincar, apalagi bagi yang tidak terlalu suka hidangan nasi.

Diberikan Kuah

Sebagai jenis makanan berkuah tentu saja topak lada disiram dengan kuah. Inilah yang menyebabkan cita rasa kuliner khas Bangkalan ini lumayan untuk dinikmati.

Kuahnya sendiri tidak sembarang gua tetapi diracik dengan rempah-rempah yang khas. Selain itu diberikan beberapa sayuran sehingga menambah cita rasa kuah dari topak Ladeh.

BACA JUGA  Sejarah Indah Menyeberang Laut Di Pelabuhan Kamal, Madura

Kuah Berwana Merah Kecoklatan

Sebagaimana yang disinggung di atas bahwa kuah Topak Ladeh kuliner khas Bangkalan tidak dibuat sembarang kuah tetapi dengan rempah-rempah khas Bangkalan.

Tapi pada intinya tampilan kuah makanan ini warnanya akan merah kecoklatan. Tentu saja pengaruh dari rempah-rempah pilihan yang memang sudah disediakan khusus.

Ditambah Sayuran Lengkap

Makanan lemak tanpa suyuran tentu saja rasanya terlalu enek dan kurang nyaman di perut, bagi-bagi penderita maag atau asam lambung.

Ditambahkan sayuran pada kuliner Topak Ladeh khas Bangkalan ini tentu akan membuat Anda nyaman menikmati hidangan.

Sayuran pada sajian Topak Ladeh terdiri dari kacang panjang dan pepaya muda yang dipotong-potong dan sudah dikukus.

Tentu ini akan membuat rasanya semakin segar meskipun termasuk hidangan berlemak. Jadi, cocok juga dincip bagi Anda yang sedang berwisata ke Kabupaten Bangkalan ini.

Topak Ladeh Kuliner Khas Bangkalan – Toping Daging Sapi, Jeroan dan Telur

Kuliner khas Bangkalan ini disajikan dengan toping jeroan, daging sapi dan telur rebus. Biasanya ditaburkan di atas topak sebelum kuahnya disiram. Semua dipotong-potong dan dikukus sampai teksturnya lembut sehingga mudah dinikmati.

Untuk jeroannya ada usus dan babat. Sementara telurnya setelah direbus juga digoreng, kemudian dijadikan isian hidangan Topak Ladeh.

Juga Disajikan dengan Bubuk Jagung dan Urap Manis

Selain sajian utama dengan toping-toping yang sudah disebutkan di atas. Anda juga bisa menikmati hidangan ini dengan cara lainnya.

Tentu saja cita rasanya akan bertambah unik karena topak ladeh bisa disajikan dengan kurap yang manis dan bubuk jagung yang halus. Cara ini juga biasa dilakukan, tapi bagi yang tidak menyukainya tidak perlu meminta tambahan toping ini.

BACA JUGA  Rekomendasi Makanan Lezat Khas Sumenep

Bagaimana menarik bukan sajian kuliner khas Madura ini? Jadi, bagi Anda yang ingin berwisata ke Pulau Madura dan mampir di Bangkalan, jangan lupa untuk mencicipi Topak Ladeh kuliner khas Bangkalan ini. Pastinya akan menambah kesan menyenangkan saat berlibur dengan sambil kulineran khas daerah yang dikunjungi.