Tempat Wisata Goa Macan Sampang Madura

Diposting pada

Goa macan salah satu tempat wisata yang cukup populer dimana berlokasi tidak jauh dari kota sampang pulau madura jawa timur. Dimana tampat ini bisa menjadi salah satu daftar tempat wisata yang masuk dalam list liburan Anda.

Goa ini dapat Anda kunjungi setiap harinya, dimana cocok jika membawa keluarga berlibur saat akhir pekan, selain itu goa ini juga bisa menjadi wisata edukasi kepada anak anak tentang bagaimana pola pembentukan sebuah goa.

Pemberian nama goa macan sendiri berasal dari bentuk stalaktit yang ada di goa ini, dimana stalaktit sendiri merupakan sejenis mineral yang mengeras terdapat di langit goa, stalaktit tersebut berbentuk dan menyerupai taring seekor macan sehingga goa ini diberi nama  macan.

Dimana lokasi goa ini berada di kecamatan sokobanah, tidak jauh dari goa lebar dan dekat dengan pusat kota sampang dan dekat dengan kantor kecamatan dimana hanya berjarak ±5 KM. Jadi jika ingin berkunjung ke goa ini dapat menggunakan motor atau mobil karena akses jalan juga cukup bagus untuk dilalui.

Ada satu hal yang cukup unik dari goa  ini dimana Anda akan mendengar suara suara yang dihasilkan dari tetesan air dari langit langit goa yang jatuh, sehingga suara tersebut dapat membentuk sebuah alunan yang berirama.

Air yang berasal dari goa ini sering dimanfaatkan oleh warga sekitar ketika terjadi musim kemarau yang berkepanjangan, dimana digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari hingga digunakan untuk mengairi ladang.

Tips Berkunjung Ke Goa Macan

Jika Anda berkunjung ke goa macan sebaiknya memperhatikan tips tips khusus untuk diperhatikan sebelum berkunjung, dimana tips ini akan membantu Anda dalam liburan, mau tau tips apa saja ? yuk simak penjelasan dibawah ini.

BACA JUGA  Pesona Wisata Air Terjun Toroan Yang Memikat Hati

1.    Membawa Makanan Dan Minuman

Tips pertama yang wajib kamu perhatikan ketika hendak berkunjung atau berlibur ke goa ini adalah membawa segala persedian lengkap, ya mungkin jangan terlalu lengkap. Misalnya saja denga membawa persedian air atau makanan.

Dengan membawa persedian makanan dan minuman dari awal akan membantu Anda dalam menghemat biaya saat berkunjung, dan mengantisipasi situasi yang tidak terduga misalnya saja kehausan saat menuju ke goa ini, dimana belum tentu ada pedagang yang menjual kebutuhan disana.

2.    Waktu Berkunjung

Kemudian selanjutnya saat berkunjung ke goa macan tips yang perlu Anda perhatikan adalah waktu berkunjung ke goanya. Dimana pastikan saat berkunjung jangan mengambil waktu sore hari ketika mendekati magrib.

Hal ini perlu diperhatikan mengingat goa ini gelap sehingga tidak mengetahui pergantian waktu yang cepat. Tips ini juga bertujuan agar Anda tidak kemalaman saat pulang kerumah.

3.    Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Ini adalah salah satu tips yang wajib untuk diterapkan bukan hanya untuk berkunjung ke goa ini melainkan kesemua tempat wisata di sampang. Yaitu tidak membuang sampah secara sembarangan yang Anda hasilkan.

Dengan begitu Anda juga akan turut membantu dalam menjaga kelestarian goa ini akan tetap terjaga untuk dapat dinikamati oleh generasi selanjutnya.

4.    Berkunjung Bersama Pemandu/ Warga Lokal

Kemudian tips terakhir yang sangat disarankan untuk Anda yang berasal dari luar kota atau yang baru berkunjung ke Objek wisata dimana sangat di anjurkan bersama pemandu atau warga lokal yang paham lokasi goa agar Anda dapat minimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Nah itulah profil singkat dan tips yang perlu Anda perhatikan saat berkunjung ke goa macan, dimana goa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan atau waktu hari libur.

BACA JUGA  Mengenal Kuliner Legendaris Khas Sampang Jawa Timur, Dhun Adhun