Tambak Garam Wisata Populer Sampang

Diposting pada

Sampang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa timur tepatnya dipulau madura. Di sampang banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu libur akhir pekan bersama keluarga salah satunya adalah wisata tambak garam.

Mungkin kebanyakan orang akan berfikiran skeptis saat di tawarkan liburan ke tempat pembuatan garam namun banyak hal yang dapat ditemukan, misalnya saja menjadi wadah edukasi untuk anak anak tentang bagaimana cara pembuatan garam.

Dimana dengan iklim tropis yang cocok menjadikan madura sebagai produsen garam diIndonesia, dimana berton ton garam dihasilakn oleh para pemilik tambak pembuatan garam yang ada dimadura, yang selanjutnya dijual dalam maupun luar negeri.

Tempat pembuatan garam ini bisa menjadi destinasi wisata yang unik untuk berlibur bersama keluarga, dimana lokasinya berada di Apaan kecamatan pangareran kabupaten sampang.

Tips Berkunjung Ke Tambak Garam

Untuk Anda semua yang hendak berkunjung atau berlibur ke tempat pembuatan garam yang ada dimadura, perlu menerapkan beberapa tips sebelum berkunjung pasalnya tambak garam terletak didekat pantai yang notabenenya bersuhu sangat panas, dan inilah beberapa tips yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

1.    Membawa Persedian Minuman atau Makanan

Tips pertama yang sangat penting untuk diperhatikan adalah dengan membawa dan mempersiapkan minuman yang cukup jika ingin berkunjung ke tambak. Seperti yang diketahui sebelumnya tambak garam memiliki suhu yang sangat panas.

Suhu yang sangat panas akan menyebapkan cairan pada tubuh cepat berkurang, maka mengakibatkan tubuh cepat lelah, oleh karena itu perlu persedian air bahkan makanan untuk mengembalikan cairan dan energi pada tubuh.

BACA JUGA  Simak Wisata Alam Menakjubkan Pantai Camplong Di Sampang Jawa Timur

2.    Membawa Topi atau Payung

Kemudian tips selanjutnya adalah Anda harus membawa payung atau setidaknya memakai topi untuk menghindari tersengat sinar matahari langsung. Dimana sinar matahari atau ultraviolet yang berlebihan tidak baik untuk kulit.

Selain itu menghindari kepala terkena sinar matahri yang berlebihan agar kepala tidak menjadi pusing saat liburan di tempat ini.

3.    Memakai Sunblock

Dengan lokasi pembuatan garam yang terletak dekat pantai membuat cucanya sangat panas dan tidak akan bagus, jika kulit terkena sinar ultraviolet secara berlebihan dimana dapat menyebapkan penuaan dini.

Oleh karena itu memakai sunblock sebelum berkunjung wajib dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap aman saat terkena sinar matahari, dan mencegah kulit berubah warna menjadi hitam.

4.    Memakai Kacamata Dan Baju yang sesuai

Ini adalah tips yang wajib dilakukan ketika hendak berwisata ke tempat pembuatan garam, yaitu memakai kacamata untuk melindungi mata agar tidak silau ketika terkena sinar ultraviolet secara langsung.

Selain itu ada satu hal yang bisa diterapkan yaitu memakai baju dimana mampu mensirkulasikan udara dan menyerap keringat saat berada di cuaca yang panas.

5.    Waktu Berkunjung

Dan tips terkahir untu Anda yang ingin berkunjung ke tambak garam sampang madura adalah dengan memperhatikan waktu yang ideal untuk berwisata di tambak garam. Dimana sebisa mungkin hindari berkunjung pada waktu antara jam 11.00 – 14.00 WIB.

Karena di jam segitu biasanya cuaca sangat sangat panas, sebaiknya datang ketika masih pagi saat cuaca sedang hangat atau datang berkunjung saat sore hari dimana cuaca sudah mulai sejuk.

Tambak ini bisa ditambahkan kedalam list daftar wisata akhir pekan Anda, dimana tambak garam ini menawarkan pemandangan tambak serta proses dalam pembuatan garam yang dilakukan oleh para petani garam.

BACA JUGA  Mengenal Destinasi Wisata Baru Waduk Klampis, Sampang Jawa Timur

Dan itulah tips dan mengapa harus memilih liburan ke tambak garam sampang, semoga dapat bermanfaat dan sebagai refrensi untuk Anda semua yang hendak mencari lokasi liburan akhir pekan bersama keluarga.