Tahu Campur Surabaya, Salah Satu Makanan Khas yang Cocok Disantap Sebagai Menu Sarapan

Diposting pada

Surabaya merupakan salah satu kota yang kaya akan tempat wisata dan kuliner khasnya. Tentunya, ada banyak kuliner khas yang bisa ditemukan di kota ini. Salah satu di antaranya ialah tahu campur Surabaya. Makanan yang berbahan tahu ini biasa disantap sebagai menu sarapan.

F775C4C4 1A5D 4E45 AEBB A74A1F6E999C

Biasanya, tahu campur sendiri terdiri dari tahu goreng dan lontong. Kemudian, disiram dengan kuah petis yang memiliki cita rasa gurih. Menariknya, nama tahu campur sendiri didapat karena memang selain tahu dan lontong, ada isian yang sangat beragam dan seperti dicampur.

Serba Serbi dari Tahu Campur Surabaya

BD9208DB 6FE8 410D BFE8 7295850FF914

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, tahu campur berasal dari Lamongan. Hanya saja, di Surabaya pun sangat mudah untuk ditemukan. Dalam seporsi tahu campur biasanya ada beberapa isian, mula dari taoge, cingur, tetelan daging, mie kuning dan juga kerupuk. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau dan tentu saja mengenyangkan.

Asal Usul Tahu Campur Surabaya

Perlu diketahui bahwa sebenarnya, tahu campur berasal dari salah satu desa yang ada di Lamongan. Desa yang dimaksud ialah desa Padenganploso. Sebelum menyebar dan dikenal sebagai tahu campur Surabaya, tahu campur sendiri sudah ada sejak zaman kolonial. Kebanyakan warga di desa tersebut merantau ke berbagai daerah dan bekerja sebagai penjual tahu campur.

Tidak heran jika tahu campur pun semakin dikenal luas oleh orang-orang. Di Surabaya sendiri ada banyak sekali penjual tahu campur. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah sangat lama berjualan dan tetap mempertahankan cita rasa asli dari tahu campur.

BACA JUGA  Wisata Dekat Stasiun yang Cocok Untuk Anda yang Malas Pergi Jauh

Kuah Tahu Campur Surabaya

0855858F AD8B 4CB3 A0AE F6845DD97112

Tahu campur biasanya memiliki sedikit nuansa bumbu petis yang sangat khas. Biasanya, kuahnya sendiri merupakan kuah sapi yang dimasak dengan beberapa rempah khas Indonesia. Seperti bawang merah, bawang putih, jinten, daun jeruk, ketumbar, laos, dan garam yang sudah dihaluskan. Nantinya, kuah tersebut diberi bumbu petis juga yang membuatnya menjadi khas.

Keunikan dari tahu campur sendiri terletak pada penggunaan perkedel singkong. Sesuai dengan namanya, perkedel ini terbuat dari singkong yang sudah diparut dan dicampur dengan kuah tertentu. Untuk menambah cita rasa, biasanya tahu campur Surabaya disajikan dengan taburan bawang goreng.

AC6AC8D2 E880 4DC8 A06E CACE217FEA11

Beberapa Rekomendasi Tahu Campur Surabaya

Banyaknya tempat tahu campur tentu membuat siapa saja kebingungan untuk mencicipinya di mana. Ada beberapa rekomendasi tempat makan tahu campur yang bisa menjadi pilihan. Di antaranya ialah tahu campur Kalasan yang sudah ada sejak tahun 1979.

Tahu campur ini memiliki rasa yang sedikit berbeda, sebab menggunakan terasi dan petis. Biasanya, tahu campur ini sering menjadi pilihan banyak orang. Hal ini dikarenakan cita rasa dari tahu campurnya lezat dan kekentalannya sangat pas. Tidak heran memang jika banyak yang menyukainya.

Tahu campur Surabaya yang selanjutnya ialah tahu campur Kapasari H. Munaji. Tahu campur yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sangat menyukai daging. Pasalnya, seporsi tahu campur di sini biasa disajikan dengan daging dan kikil yang sangat melimpah.

Tentu saja daging dan kikil ini membuat cita rasa kuahnya menjadi lebih gurih. Harga dari tahu campurnya pun sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 10.000 saja. Selain menyajikan tahu campur, ada juga berbagai olahan daging sapi yang bisa Anda pesan.

BACA JUGA  Cari Jajanan yang Populer dan Lezat di Surabaya? Semua Ada di Pasar Malam Kodam Brawijaya

Demikianlah serba-serbi tahu campur Surabaya yang perlu Anda ketahui. Tahu campur yang disajikan dengan lontong ini bisa menjadi menu sarapan mengenyangkan.