Surga Tersembunyi Gili Pandan

Diposting pada

gili pandan jawa timur

Pesona yang dimiliki pulau Madura tidak akan pernah habis jika dibahas satu persatu. Salah satu keindahan yang masih tersembunyi adalah Gili Pandan. Pulau ini berada di sebelah selatan dari pulau utama, Madura. Tepatnya pulau ini ada di perbatasan Sumenep dan Pamekasan, tempat ini masih berada di wilayah Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura.

Tempat indah ini merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang memiliki pantai dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Ketika air surut akan terlihat dataran yang berstruktur batuan yang cukup luas. Ombak yang tenang juga membuat wisatawan dapat bebas bermain air di sepanjang garis pantai.

Bibir pantai pulau ini berseberangan dengan pantai Sembilan. Namun, karena tidak berpenghuni pulau ini masih terkesan kurang perawatan dan penambahan fasilitas. Akan tetapi, lokasi ini memberikan sensasi seperti berwisata di pulau sendiri.

Sebenarnya, pulau ini bukanlah satu-satunya pulau indah tidak berpenghuni di wilayah Madura. Setidaknya ada lima pulau yang tidak memiliki penghuni di dalamnya. Pulau tersebut antara lain, pulau Pasir Putih, Gili Pandan, Karang Gemer, dan Karang Nongko. Adapun pulau ini memiliki penjaga yaitu pasangan suami istri yang tinggal di Gili Raja.

Rute

Untuk berwisata ke pulau ini, Anda dapat melalui dua pilihan yaitu, melalui pantai talang siring dan melalui desa Kadura Barat. Dari dua pilihan jalur tersebut rute melalui pantai Talang Siring merupakan yang paling mudah. Ada banyak perahu milik masyarakat kampung nelayan yang dapat disewa menuju lokasi ini.

Perjalanan menuju tempat ini memakan waktu yang cukup lama. sebagai gambaran, jika kita berangkat dari Surabaya pada pukul 08.00 maka kita akan sampai di tempat tujuan sekitar pukul 14.00. Lamanya perjalanan akan terbayar setelah sampai di lokasi pulau.

BACA JUGA  Bukit Kapur Jaddih di Bangkalan Madura Menjadi Destinasi Wisata Fotogenik

Tips Berwisata ke Gili Pandan

Ketika kita berlibur kemana pun tujuannya, hendaknya terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Berikut sedikit tips bagi Anda yang akan berlibur ke tempat ini.

  1. Susunlah rencana perjalanan Anda dengan menentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan.
  2. Pastikan berapa orang yang akan berangkat bersama Anda.
  3. Sediakan peralatan pendukung wisata pantai, seperti sunblock dan kebutuhan lainnya.
  4. Tentukan destinasi yang hendak Anda kunjungi. Disarankan jangan hanya pergi ke Gili Pandan saja, melainkan jelajahi semua wisata pantai yang ada di sekitarnya.
  5. Carilah informasi mengenai biro pelayanan paket wisata, untuk memandu perjalanan Anda selama di lokasi.
  6. Siapkan anggaran yang longgar untuk menyewa peralatan berenang dan menyelam, agar dapat menikmati keindahan bawah lautnya.

Ragam Aktivitas

Sama halnya dengan wisata pantai yang lain, pengunjung dapat menikmati suasana tenang sembari bermain air. Melihat lokasi yang indah tentunya sangat cocok dijadikan spot berfoto dan dibagikan ke sosial media Anda. Namun, karena kondisi pulau yang masih cukup gersang, disarankan untuk Anda tidak beraktivitas ketika siang hari, datanglah ke tempat ini sore hari untuk menikmati indahnya sunset di bibir pantai tak berpenghuni ini.

Fasilitas

Belum seperti layaknya tempat wisata yang lain, pulau ini belum memiliki fasilitas pendukung. Kita hanya dapat bersantai di bawah pohon tanpa ada tempat berteduh lainnya. Semua yang ada hanyalah, fasilitas gratis yang disediakan oleh alam yaitu air yang jernih berhiaskan dengan ikan di dalamnya.

Tempat wisata yang satu ini memang masih sangat alami dan membutuhkan sentuhan dari pemerintah agar dapat lebih banyak menarik pengunjung. Fasilitasnya pun perlu di bangun dan dilengkapi agar pengunjung lebih nyaman. Selanjutnya akan lebih banyak pelancong yang mengenal keindahan Gili Pandan.

BACA JUGA  Keindahan Pantai Utara Pantai Pasir Putih Tlangoh