Sejarah Unik Pantai Biru Tanjung Bumi Yang Mempesona

Diposting pada

peresmian wisata tangguh covid 19 pantai biru bangkalan

Bangkalan ternyata menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak sekali objek wisata alam berupa pantai. Termasuk ke negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pantai dimanfaatkan oleh Indonesia sebagai objek wisata yang mendukung kemajuan bidang pariwisata. Salah satu objek wisata pantai terbaru di Bangkalan adalah Pantai Biru Tanjung Bumi.

Terletak di desa wisata yaitu desa wisata tanjung bumi, pantai yang satu ini memiliki sejarah yang menarik. Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang langsung terbentuk pantai, nah pantai ini cukup berbeda. Penasaran dengan sejarah dari pantai ini, simak informasinya di bawah ini.

Ulasan Singkat Tentang Pantai Di Desa Wisata Tanjung Bumi

Tahukah kamu, ternyata Pantai Biru Tanjung Bumi pada awalnya merupakan TPA loh, dan sebelumnya merupakan tempat tambak udang. Jadi cerita lengkapnya, awalnya objek wisata yang satu ini merupakan wilayah yang termasuk ke dalam bagian kas desa yang kemudian dimanfaatkan pengelola sebagai tambak bandeng dan udang. Tempat tambaknya pun lumayan banyak yaitu sekitar 18 daerah Pertambakan.

Seiring bertambahnya waktu, kegiatan tambak ini ternyata tidak berjalan mulus dan akhirnya proses kegiatannya terhenti dan tidak terawat. Nah karena daerah ini sudah tidak digunakan lagi, maka daerah ini sudah tidak ada yang mengelola. Oleh karena itu daerah ini dijadikan sebagai TPA atau tempat pembuangan akhir atau sampah dan juga sebagai tempat untuk membuang air limbah.

BACA JUGA  Makam Ratu Ibu: Wisata Religi Dengan Sumber Mata Air

Nah sekitar tahun 2018, pengelola setempat dan warga desa mulai tergerak memiliki inisiatif untuk melakukan pembenahan pada kawasan ini hingga akhirnya menata ulang dan membangunnya menjadi objek wisata yang instagramable. Nah apa saja aktivitas yang dapat kamu lakukan jika mengunjungi pantai yang satu ini?

Aktivitas Asyik Bersama Keluarga Di Pantai Biru Tanjung Bumi

·         Selfie di spot foto yang tersedia

Pantai yang satu ini ditata ulang dengan menyediakan berbagai spot foto menarik yang dapat dijadikan sebagai latar foto yang menarik. Banyak sekali wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai yang satu ini karena banyaknya spot foto. Berbagai spot unik seperti replika balon udara, pesawat, pohon-pohon hias dan spot lainnya dapat kamu temukan di sini.

·         Melihat wahana batik tulis

Wahana terbaru yang bisa kamu nikmati di pantai yang satu ini yaitu melihat wahana batik tulis yang ada di sana. Jadi selain bermain asyik di pantai dan di pinggir pantai, kamu juga bisa sambil belajar mengenai cara membuat batik tulis yang baik. Jadi pantai ini sangat lengkap karena tidak hanya menyediakan tempat untuk hiburan saja namun juga terdapat wahana yang mengedukasi yang cocok untuk di datangi bersama keluarga.

·         Bersepeda air

Selanjutnya kamu juga bisa menikmati bersepeda air di sana dengan kolam yang disediakan di sana. Jadi seperti yang dilihat, pengelola tidak tanggung-tanggung dalam melakukan pembenahan.

Untuk biaya menaiki wahana yang satu ini kamu perlu menyewanya di sana. Sedangkan biaya untuk tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah saja.

·         Berenang

Selanjutnya kamu juga bisa berenang baik di pantai ini maupun di kolam yang disediakan di pantai tersebut.

BACA JUGA  Kue Tattabun Oleh-oleh Khas Bangkalan

·         Bersantai

Aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan adalah bersantai di pinggir pantai bersama keluarga seperti yang biasa dilakukan di pantai-pantai lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai Pantai Biru Tanjung Bumi yang wajib kamu ketahui.