Resep Es Sinom Jamu Khas Surabaya Minuman Legendaris

Diposting pada

Anda mencari resep Es Sinom jamu khas Surabaya yang legendaris? Maka langkah yang sangat tepat dengan mengunjungi tulisan kami kali ini. Sebab kami akan memberikan resep mudah membuat minuman khas Surabaya tersebut.

Berbicara soal Surabaya memang tidak ada habisnya, seperti ada banyak hal yang harus di explore. Mulai dari tempat rekreasi, tempat bersejarah, tempat keagamaan, tempat pendidikan hingga tempat sejuta kuliner.

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, maka akan dengan mudah menemukan tempat kuliner baij yang tradisional hingga modern. Salah satunya adalah tempat yang menjual Es Sinom jamu khas Surabaya yang sangat kaya akan khasiat.

Jika Anda belum memiliki kesempatan menyambangi Surabaya dan mencicipi es jamu legendaris tersebut. Maka jangan khawatir, Anda pun bisa membuatnya di rumah sendiri. Sebab resep dan cara membuatnya pun terbilang sederhana dan mudah.

Resep Membuat Es Sinom Jamu Khas Surabaya

Es Sinom jamu khas Surabaya ternyata identik sekali dengan ramuan jamunya, cocok seperti namanya. Jamu ini sangat cocok untuk Anda yang tidak terlalu menyukai rasa pahit, namun khasiatnya sangatlah banyak.

Sinom sendiri memiliki cita rasa yang asam dan juga manis, sehingga rasanya akan sangat segar. Karena rasanya yang segar dan tidak pahit, maka kerap dijadikan jamu yang diminum kala dingin saat siang hari.

Es Sinom jamu khas Surabaya itu sendiri berbahan dasar kunyit dan juga gula aren. Komposisi yang sederhana namun manfaat atau khasiatnya begitu kaya untuk tubuh.

BACA JUGA  Nikmati Kelezatan Kuliner Khas Bangkalan Jawa Timur, Kaldu Kokot

Dan inilah resep dan cara membuat Es Sinom mudah dan sederhana:

Bahan-Bahan Membuat Es Sinom Jamu Khas Surabaya:

  • 250 gram sinom atau daun asam yang masih sangat muda
  • 100 gram buah asam jawa
  • 150 gram kunyit (sebelum dihaluskan, kupas kulitnya hingga bersih)
  • 250 gram gula merah atau gula aren (sisir halus)
  • 1 gram garam yang halus
  • Air secukupnya yang digunakan untuk merebus

Langkah-Langkah yang Harus Anda Ikuti untuk Membuat Es Sinom

  1. Langkah pertama siapkan daun asam muda atau sinom, kemudian pisahkan dari tulangnya
  2. Setelah terlepas dari tulangnya, cuci daun sinom tersebut hingga bersih dengan menggunakan air
  3. Sesuai dengan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Rebuslah semua bahan tersebut hingga mendidih dan benar-benar matang
  4. Setelah masak, tunggulah hingga dingin sebentar. Kemudian saring ramuan jamu tersebut agar tidak ada rempah di dalamnya. Ataupun Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu, kemudian mendiamkannya hingga dingin.
  5. Setelah itu, Anda bisa menikmati jamu tersebut. Agar lebih enak dan segar, Anda bisa menambahkan es batu ke dalamnya dan sinom pun jauh lebih nikmat.

Itu dia resep dan cara membuat es sinom jamu khas Surabaya yang legendaris. Cukup mudah dan sederhana bukan? Bahan-bahannya pun tidak sulit.

Adapun beberapa khasiat yang dikandung dalam jamu sinom tersebut, adalah sebagai berikut:

  1. Jamu Sinom dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi
  2. Dapat bertindak sebagai agen antijamu dan juga antimikroba
  3. Jamu sinom mengandung 16 hingga 18 persen asam tumbuhan. Di mana dapat membanti mengurangi kadar kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatur keseimbangan cairan dan pengobatan lainnya lagi.

Itu dia informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Es Sinom jamu khas Surabaya yang sangat legendaris. Mulai dari resep membuatnya hingga berbagai manfaat dari jamu tradisional tersebut.

BACA JUGA  Nasi Tongkol Bu Karmini