Rekomendasi Wisata Religi Surabaya, Mulai Dari Wisata Islami Hingga Konguchu!

Diposting pada

Surabaya merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki masyarakat cukup beragam, salah satunya dalam hal agama yang dianut. Di kota ini, Anda bisa menemukan masyarakat yang beragama Islam, Kristen dan Katolik hingga Konghucu. Dengan kondisi tersebut, maka tak heran jika terdapat banyak wisata religi surabaya dari beberapa jenis agama.

Jika Anda berkunjung ke kota pahlawan ini, maka alangkah baiknya jika meluangkan waktu berkunjung ke beberapa tempat wisata religi yang ada di kota tersebut. Agar tak bingung, maka di bawah ini akan disebutkan beberapa rekomendasi wisata religi yang patut Anda kunjungi.

Wisata Religi Islam

Jika Anda sudah penasaran dengan rekomendasi wisata religi surabaya versi Islami, maka berikut penjelasan lengkapnya.

Wisata Sunan Ampel

324FCFB8 698D 4767 A897 525325887288

Nama sunan Ampel tentu sudah tidak asing lagi di pendengaran masyarakat Islam, baik di Surabaya maupun beberapa wilayah di Indonesia. Mengingat bahwa Sunan Ampel merupakan salah satu dari 9 Wali yang pernah menyebarkan agama Islam di tanah Jawa dan dikuburkan di Surabaya.

Wisata religi surabaya yang berada di Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya ini bukan hanya menyediakan satu wisata religi saja, melainkan beberapa. Anda bisa menemukan makan Sunan Ampel, wisata kuliner hingga masjid yang dibangun pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel yang dibantu oleh beberapa penyebar agama Islam dan santrinya.

Masjid Muhammad Cheng Hoo

386F71AB 0941 4BA1 99AD 62D991494D47

Nama dari masjid yang dikutip dari nama seorang Muslim keturunan Tionghoa tersebut menunjukkan bahwa terdapat sesuatu yang unik di tempat tersebut. Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki arsitekstur yang tidak seperti masjid pada umumnya. Pintunya seperti pagofa dengan relief naga pada puncaknya.

BACA JUGA  Museum 10 November: Wisata Sejarah Menarik di Surabaya

Anda pun akan menemukan patung singa yang terbuat dari lolin serta lafadz Allah dalam bahasa arab. Wisata religi surabaya yang berada di Jalan Gading, No. 2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya ini mulanya disebut sebagai simbol dari perdamaian antar umat beragama loh!

Wisata Religi Konguchu

Surabaya juga dihiasi dengan beberapa kelenteng yang merupakan tempat beribadah umat konguchu. Berikut beberapa rekomendasi kelenteng yang bisa Anda kunjungi di Surabaya.

Klenteng Boen Bio

471F72B2 EACD 4778 87F9 33F57D4B3E8E

Klenteng yang mendapat julukan benteng terakhir pertahanan ini sudah ada sejak tahun 1883 dengan nama awal yaitu Boen Thjiang Soe. Meskipun salah satu wisata religi surabaya ini berada di tengah-tengah masyarakat beragama Islam, namun masyarakat konguchu bisa beribadah dengan tenang di klenteng ini.

Wisata ini bisa Anda temukan di Jalan Kapasan No. 131, Kapasan Dalam, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya. Jika Anda menunjunginya di malam tahun baru imlek, maka Anda akan menemukan banyak umat konguchu yang sedang berdoa disini.

Klenteng Hok An Kiong

9FA44158 D1F6 43AA 9E49 56156CA3BDDA

Wisata religi Surabaya selanjutnya menjadi salah satu tempat peribadatan yang sangat dihormati oleh para Penganut Agama Khonghucu. Hal ini tidak terlepas dari anggapan bahwa kerenteng ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan peran Dewa Mak Co Po.

Tak sedikit orang yang mendatangi tempat ini hanya untuk berbagai hal, seperti memohon kesembuhan, kesuksesan dan semacamnya Klenteng yang berada di Jalan Coklat No. 2, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya ini seringkali mengadakan berbagai macam ritual keagamaan dengan banyak peserta loh!

Hitunglah beberapa wisata religi Surabaya versi agama Islam maupun dari agama Khonghucu. Beberapa tempat wisata tersebut biasanya sangat ramai oleh pengunjung, khususnya di waktu-waktu tertentu seperti ketika bulan Ramadan bagi umat Islam serta Tahun Baru Imlek bagi para penganut Konghucu. Selain beberapa wisata di atas, Anda bisa menemukan banyak wisata religi lainnya loh!

BACA JUGA  Pantai Siring Kemuning Yang Paling Wajib Di Kunjungi