Rekomendasi Kuliner Khas Sumenep

Diposting pada

Ketika mengunjungi sebuah daerah untuk berlibur maka tidak afdol hukumnya jika hanya mengunjungi objek wisata saja tetapi tidak mencoba kuliner yang ada di daerah tersebut. Seperti halnya ketika Anda berkunjung ke Jawa timur maka Anda jangan lupa untuk mencoba sate Madura yang sangat terkenal serta kuliner khas sumenep Madura lainnya yang juga sangat rekomended untuk disajikan.

Sumenep menjadi daerah yang sangat kaya akan kuliner nikmat, apalagi untuk masalah persotoan maka Anda jangan meragukan lagi kenikmatannya. Makanan di daerah ini memiliki ciri khas tersendiri sebab hampir disetiap kulinernya menggunakan petis ikan dalam pengolahannya sehingga memberikan ciri khas tersendiri yang tidak kalah nikmat dengan olahan kuliner lain yang ada di Indonesia.

Rempah yang sangat terasa memang menjadi keunggulan tersendiri untuk setiap makanan khas yang ada disumenep, bukan hanya itu saja cita rasa segar dan sehat juga menjadi alasan mengapa Anda sangat wajib menyantap makanan yang ada di sumenep ini. Hampir seluruh makanan yang khas didaerah ini disajikan dengan bahan yang sehat dan juga tanpa adanya proses tumis atau goreng sebab hanya langsung diulek atau direbus.

Jadi Anda jangan takut kolesterol ataupun penyakit lainnya yang disebabkan karena proses pengolahan yang terlalu menggunakan minyak. bila Anda ingin mengunjungi sumenep maka sebaiknya anda telah membuat daftar kuliner khas sumenep yang akan Anda nikmati agar Anda bisa  mengatur perjalanan wisata kuliner Anda.

Kuliner Khas Sumenep

Bila Anda sudah penasaran akan kuliner apa saja yang sangat layak untuk dinikmati ketika berada di sumenep maka berikut ini informasi mengenai kuliner yang ada di sumenep bisa Anda nikmati dengan cita rasa unik dan super nikmat.

BACA JUGA  Inilah Deretan Makanan Khas Surabaya dari Daging yang Wajib Anda Coba

Rujak Rojek

Jawa timur memang sangat terkenal dengan kuliner rujak yang sangat beragam, untuk disumenep jenis rujak yang bisa Anda nikmati adalah rujak rojek. Yakni jenis rujak sayur yang sangat nikmat dan super sehat sebab didalamnya terdapat lontong, irisan tahu, singkong rebus, tahu goreng, timun dan juga sayur yang telah direbus matang.

Masak Pae

Jenis kuliner selanjutnya yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke sumenep adalah masak pae, yakni olahan sup merah dengan pie di dalamnya. Untuk Anda yang belum pernah mencoba pie sendiri adalah campuran ketang dan telur yang dibuat seperti sebuah kue pie, dari irisan pie inilah yang kemudian disantap bersama kuah merah gurih yang terbuat dari daging serta kacang polong yang nikmat.

Pentol Gape

Kuliner khas sumenep pentol gape ini memang menjadi kuliner yang sudah cukup hits, sebuah jenis makanan yang terbuat dari tepung serta ikan tongkol yang ditambahkan bumbu rempah yang super gurih. Untuk bentuk pentol ini tidaklah bulat melainkan pipih melingkar seperti sebuah piring, untuk menyajikannya biasanya dipanggang atau digoreng dan disajikan bermaa saus khusus yang memiliki cita rasa petis.

Apen

Tidak hanya ada kuliner makanan berat tetapi juga ada kue tradisional yang sangat layak untuk Anda coba ketika sedang di sumenep, kue ini bernama kue apen yang sangat begitu legendaris. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diolah seperti serabi yang kemudian disajikan bersama kuah santan dan juga gula merah cair yang super manis dan gurih.

Demikianlah informasi mengenai kuliner khas sumenep yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba karena super sehat dan berbeda dari jenis kuliner lainnya.

BACA JUGA  3 Wisata Kuliner Asli Surabaya Terbaru Tahun Ini