Pesona Wisata Air Terjun Toroan Yang Memikat Hati

Diposting pada

Madura adalah wilayah yang banyak dikelilingi dengan destinasi alam, tidak hanya hutan atau perkebunan , tapi ada juga gunung, bukit, tak hanya dikelilingi oleh pantai-pantainya yang menyejukkan mata. Pulau ini juga mempunyai air terjun yang keindahannya dapat menghipnotis mata. Air terjun ini bernama wisata Air Terjun Toroan.

Keunikan dari air terjun ini adalah Air dari air terjun ini turun langsung ke laut sehingga menjadikannya sangat unik mengingat tidak banyak air terjun di Indonesia yang langsung menuju laut seperti air terjun ini. Disamping itu memiliki pesona wisata air terjun toroan ini memikat hati pengunjung dengan  mempunyai ketinggian yang mencapai 20 meter. Air terjun ini mempunyai keunikan karena lokasinya yang berada di pesisir Pantai Nepa dan menghadap pada lautan lepas.

Jika Anda dan keuarga ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga bisa pergi untuk berkunjung ke air terjun toroan ini. Dengan pesona wisata air terjun toroan ini memikat hati pengunjung untuk tiket masuknya pun tidaklah mahal loh. Anda hanya perlu mengeluarkan ongkos untuk parkirnya saja sebesar RP.5000 untuk sepeda motor dan RP. 10.000 untuk parker mobil.

Sementara itu untuk tiket masuknya untuk perorang hanya sekitar RP. 5000 saja cukup murah banget bukan. Untuk akses nya juga cukup mudah untuk ditempuh yang dimana untuk air terjun ini terletak di lereng gunung dan diselimuti hutan, yang sebelumnya terlebih dahulu harus Anda lalui di medan berat tersebut hingga berkilo-kilo meter untuk mencapainya.

Sebelum Anda bisa mencapai ke titik lokasi. Pengunjung akan di sambut dengan sejumlah dereta pepohonan yang menghadirkan suasana rindang, lebat dan sangat sejuk.  Dua buah air terjun tersebut ini melengkapi keindahan yang disuguhkan, sebelum akhirnya tiba di tempat tujuan yaitu air terjun toroan.

Fasilitas Air Terjun Toroan Madura

Untuk tempat wisata air terjun ini bisa di bilang masih kurang maksimal, karena kurangnya perhatian pemerintah daerah setempat. Karena, kurangnya perhatian dari pemerintah ini membuat kurangnya fasilitas umum lainnya. Hanya saja disana Cuma ada area parkir yang dikelola oleh penduudk sekitar tersebut.

BACA JUGA  Rekomendasi Wisata Pantai Camplong yang Menyenangkan

Meskipun fasilitas lainnya kurang memadai, pemerintah sedikitnya telah berkontribusi dengan membantu membangunkan musholah dan kamar mandi serta MCK. Dampak dari pembangun tersebut paling tidak banyak pengunjung yang akhirnya mengunjungi air terjun toroan ini, sehingga secara tidak langsung membuat masyarakat yang akhirnya membuka usaha kecil disana.

Asal-Usul Air Terjun Toroan

pesona wisata air terjun toroan ini memikat hati ternyata didalamnya memiliki sejarahnya, yang dimana konon dahulu, ada sepasang suami dan istri bersama adiknya tinggal di sebuah dusun lngher djeh. Sang suami bernama sayyid Abdurrahman dan adiknya bernama sayyid abdurokhim. mereka berdua dikenal sebagai ulama yang pandai ilmu agamanya, santun dan sakti serta di segani.

Suatu hari keluarga tersebut mengalami musibah dengan dihasutnya istrinya yang dianggap berselingkuh. Mereka akhirnya saling beradu beragumen dan sumpah serapah. Birenggono atau sayyid Abdurrahman bersumpah bahwa tidak bersalah. Sedangkan istrinya bersumpah bahwa dia tidak bersalah dan kelak kuburannya di tengah sungai tidak akan hanyut di bawa banjir.

Dan akhirnya kedua sumpah tersebut terjadi, makam siti Fatimah istrinya yang ada di tengah hilir benar adanya tidak hanyut, bahkan airnya mengalir melewati penguburan dan membentuk dua aliran sungai menjadi air terjun. Dari terjadinya peristiwa tersebut akhirnya air terju toroan dikeramatkan oleh warga sekitarnya.

Dari sedikit penjelasan diatas itulah tadi pesona wisata air terjun toroan ini memikat hati pengunjung, destinasi alam ini wajib Anda kunjungi bersama dengan keluarga Anda pada saat liburan, Karena pemandangannya yang masih asri dan sejuk sangatlah cocok sekali untuk menikmati liburan keluarga.

BACA JUGA  Panorama Keindahan Pantai Gili Labak Sumenep Madura