Pesona Pulau Kangean Sumenep

Diposting pada

@har1adi 630x380 1

Jawa Timur memiliki banyak sekali pulau yang indah dan salah satunya adalah Pulau Kangean. Beberapa pulau yang ada di Jawa Timur memiliki keindahan sehingga menarik bagi wisatawan. Memang pulau-pulau di Sumenep tidak setenar dengan sejumlah pulau-pulau besar lainnya namun tidak disangka menyimpan banyak keindahannya di sana.

Pulau ini terletak di wilayah Kepulauan Kangean dan termasuk berada di wilayah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Akses menuju ke pulaunya juga mudah sehingga Anda yang mau coba liburan di pantai tidak perlu cemas. Nah, di bawah ini adalah beberapa informasi mengenai daya tarik rute, harga tiket dan wahana hingga aktivitas yang menarik di sana.

Daya Tarik Yang Diberikan

Ada beberapa daya tarik yang ditawarkan bagi Anda yang ingin berwisata di sebuah pulau yang masih tergolong alami ini. Contoh daya tarik tempat wisata yang dapat Anda coba adalah

1.     Jembatan Ajaib

Konon katanya jembatan ajaib ini memiliki mitos yang cukup terkenal karena jembatan ini diyakini muncul secara tiba-tiba secara tiba-tiba setelah ada salah satu warga yang melihat sebuah cahaya kilat di laut. Saat ini jembatan ini menjadi salah satu jembatan yang menjadi ikon fenomenal sehingga sering dikunjungi oleh banyak masyarakat.

2.     Pemandian Olbek

Pemandian Olbek merupakan sebuah tempat pemandian yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Dengan suhu udara yang dingin sehingga harus menggunakan pakaian yang cukup tebal supaya lebih nyaman. Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang liburan di Pulau Kangean harus coba ke tempat pemandian satu ini karena cuacanya sangat segar sehingga dapat menghilangkan stress.

BACA JUGA  Kebun Binatang Surabaya, Tempat Wisata yang Menyenangkan!

3.     Goa Kuning

Di masa penjajahan Belanda, Goa Kuning digunakan sebagai salah satu tempat persembunyian. Goa ini juga dinilai cukup mistis karena ada tempat untuk bersemedi. Warna bebatuan di dalam goa dominan kuning sehingga membuat goa ini terlihat lebih eksotis.

Anda bisa datang ke Goa Kuning untuk mempelajari sejarahnya yang ada dan juga menikmati keindahan bebatuan yang berwarna kuning tersebut. Untuk tiket masuk tidak ada namun Anda harus menggunakan pemandu wisata supaya jauh lebih nyaman selama berwisata di pulau tersebut.

Seperti itulah daya tarik yang ditawarkan di sana sehingga Anda boleh mengunjunginya.

Rute Perjalanan ke Lokasi

Untuk menuju ke Pulau Kangean yang berjarak sekitar 100 km dari Kabupaten Sumenep, dapat menggunakan jenis transportasi laut. Jika cuaca normal maka bisa menempuh waktu sekitar 9 hingga 10 jam menuju ke Pulau Batu Gulok Kangean dari Pelabuhan Kalianget Sumenep. Masyarakat sekitar memanfaatkan alat transportasi ini untuk berdagang atau urusan pribadi yang lainnya.

Terdapat 2 jenis kapal yang tersedia menuju ke pulau tersebut, yaitu kapal laut yang dikelola oleh Sumekar Line dan PT Dharma Lautan Indonesia yang merupakan milik Pemerintah Kabupaten Sumenep. Kedua adalah kapal laut yang dikelola swasta yaitu memakai kapal Express dan dapat ditempuh dalam waktu 3 ½ jam hingga 4 jam perjalanan laut saja.

Harga Tiket

Nah, untuk informasi harga tiket menggunakan kapal lautnya adalah mulai dari harga 85 ribu hingga 200ribu rupiah saja. Kemudian untuk tiket masuk ke pulaunya tidak ada sehingga Anda tidak perlu cemas jika ingin berlibur ke sana. Namun pastikan Anda dipandu oleh pemadu wisata, membawa bekal secukupnya dan mengikuti semua peraturan ada di sana.

BACA JUGA  Daya Tarik, Rute dan Tiket Masuk Sumber Jokotole Omben

Itulah beberapa informasi mengenai keindahan Pulau Kangean yang bisa Anda kunjungi karena sangat indah dan juga memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik lainnya juga untuk dikunjungi.