Pesona Menyegarkan Air Terjun Batu Raja Manitan

Diposting pada

Salah satu surga tersembunyi di Pulau Madura berada di Kabupaten Bangkalan tepatnya adalah air terjun Batu Raja Manitan. Selain pantai dan gunung yang dapat merelakskan pikiran, air terjun juga merupakan tujuan destinasi wisata bagi kebanyakan orang untuk liburan bersama keluarga.

Meski memiliki akses yang terkadang masih susah dijangkau karena air terjun biasanya berada di puncak. Namun objek wisata yang satu ini tidak pernah sepi akan pengunjung yang datang. Nah bagi kamu yang penasaran dengan lokasi alamat lengkap air terjun yang satu ini, kamu bisa melihat informasi di bawah ini.

Akses Lengkap Menuju Ke Air Terjun Batu Raja Manitan Bersama Dengan Harga Tiketnya

Air terjun yang satu ini beralamat lengkap di dusun Manitan, desa Runggarung, kecamatan Galis, kabupaten Bangkalan. Air terjun ini memang letaknya cukup jauh dari pusat kota dan memiliki beberapa rute, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena akses untuk menuju ke sana sudah cukup mudah karena banyak jalan yang sudah beraspal. Untuk menuju ke sana kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil.

Nah bagi kamu yang senang travelling dengan menggunakan motor, kendaraan yang satu ini memang disarankan untuk digunakan jika ke objek wisata air terjun karena meski aksesnya sudah mudah namun sebagian besar air terjun memiliki akses berupa jalan kecil yang cocok untuk dilalui motor. Kalau kamu mulai dari jembatan Suramadu maka kamu bisa mengambil arah ke sampang lalu nanti akan melewati kecamatan Burneh, Tanah Merah dan Galis.

BACA JUGA  Informasi Lengkap Goa Lebar

Nah kalau kamu sudah sampai di pasar Galis ini kamu bisa mengambil arah kiri ke desa Banyubunih. Jika sudah sampai desa ini kamu sudah lumayan dekat ke air terjun Batu Raja Manitan. Untuk tiketnya itu sendiri bisa kamu peroleh secara gratis loh.

Hal tersebut karena objek wisata yang satu ini belum dikelola oleh pemerintah. Meski belum dikelola dengan baik namun objek wisata yang satu ini masih sangat terjaga dan asri. Kamu hanya perlu membayar biaya parkirnya saja mulai dari 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil.

Sejarah Menarik Surga Tersembunyi Madura

·         Arti nama objek

Air terjun yang satu ini bernama Manitan yang berasal dari nama wilayah di sana dan batu raja yang maksudnya adalah batu besar. Kalau kamu berkunjung ke sana pasti kamu akan banyak menemukan batu-batu besar yang merupakan tempat mengalirnya air terjun ini.

·         Arah alirannya

Air terjun ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung kagum dengan objek yang satu ini. Salah satunya adalah arah aliran air terjun yang satu ini melebar berbeda seperti air terjun yang biasa kamu lihat. Nah karena arah alirannya melebar membuat air terjun ini tidak terlalu deras sehingga sangat aman bagi kamu untuk bermain air di sana.

·         Keunikan yang dimiliki

Selain itu berbagai batuan besar yang ada di sana juga tidak licin karena tidak ditumbuhi oleh lumut. Jadi meskipun banyak sekali batu besar yang dialiri air. Tetapi kamu akan tetap aman untuk menaikinya dan menikmati air terjun tersebut karena tidak licin sama sekali.

Sangat menarik bukan, jadi tunggu apalagi ayo segera kunjungi air terjun Batu Raja Manitan untuk melihat pemandangan alam yang sangat indah ini.

BACA JUGA  Wisata Sejarah Kota Tua Kalianget