Pesona Dan Daya Tarik Museum Keraton Sumenep

Diposting pada

Mempelajari sejarah dari setiap wilayah di Indonesia penting dilakukan untuk menambah pengetahuan setiap kalangan masyarakat. Museum Keraton Sumenep menjadi salah satu lokasi bersejarah yang patut untuk Anda kunjungi.

Daya Tarik Museum Keraton Sumenep

Salah satu tempat wisata bersejarah ini dinilai memiliki pesona tersendiri yang bisa membuat para pengunjungnya puas setelah berlibur ke tempat ini. Beberapa daya tarik ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Museum ini banyak dikunjungi. Adapun daya tarik tersebut diantaranya :

Akses Museum Keraton Sumenep yang Mudah

Daya tarik pertama yang kerap kali menjadi pertimbangan saat akan mengunjungi lokasi wisata ini adalah lokasinya yang mudah diakses. Museum Keraton Sumenep terletak di Lingkungan Delama, Pajagalan, Kota Sumenep, Jawa Timur tepatnya di Jl. Dr. Sutomo No. 6.

Lokasi wisata ini terletak tidak jauh dari Masjid Jamik Sumenep dan Taman Bunga di sekitar Masjid. Dengan lokasinya yang ada di pusat kota, sudah tentu Museum ini mudah ditemukan. Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk Anda mencapai Museum ini dari Masjid Jamik Sumenep menggunakan kendaraan. Jika Anda ingin berjalan kaki, Anda hanya perlu menyisihkan waktu 10 menit saja. Mudah bukan ?

Terdapat Berbagai Peninggalan Sejarah

Pesona dan daya tarik yang dimiliki oleh sebuah Museum biasanya berasal dari benda-benda warisan leluhur yang ada di dalamnya. Museum Keraton Sumenep sendiri menyimpan beberapa peninggalan sejarah seperti kereta emas yang merupakan hadiah dari Ratu Inggris untuk Raja Sumenep.

Bukan hanya itu, dalam Museum ini juga terdapat berbagai benda lain seperti kursi dan meja tua yang digunakan pada zaman kerajaan Sumenep. Museum yang terdiri dari dua lantai ini juga saat ini digunakan sebagai lokasi penyimpanan senjata lama yang kerap digunakan dalam upacara tradisional kuno hingga gelang dan cincin tua peninggalan sejarah.

BACA JUGA  Tempat Wisata Di Sumenep Yang Memanjakan Para Traveler

Berbagai pesona Museum Keraton Sumenep lainnya bisa Anda peroleh jika berjalan lebih jauh mengelilingi lokasi wisata ini. Anda bisa menemukan sebuah bangunan di belakang Kantor Koneng yang menyimpan seragam kerajaan hingga peninggalan kerajaan lainnya.

Menariknya bukan hanya peninggalan kerajaan, di Museum ini Anda juga bisa menemukan Al-Qur’an berukuran 4 x 3 meter dengan berat mencapai 500 kg. Dengan berbagai peninggalan dan benda yang ada di Museum ini, tentu tempat ini sangat cocok digunakan untuk mengajarkan sejarah di Sumenep kepada seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak.

Tempat Berswafoto yang Mendukung

Saat berwisata ke berbagai lokasi, tentu spot foto menjadi hal yang banyak dicari saat ini. Museum Keraton Sumenep memang tidak menyediakan spot foto khusus bagi para wisatawan yang datang, namun sebenarnya hampir setiap sudut Museum bisa dijadikan sebagai spot foto sesuai dengan selera Anda masing-masing.

Berbagai benda peninggalan sejarah yang tampil unik di Museum ini kerap kali tampil indah saat diabadikan dalam foto oleh berbagai wisatawan. Bukan hanya itu, area di sekitar Museum yang cukup luas juga sangat cocok dijadikan sebagai spot foto.

Anda bisa berfoto di sekitar Museum, Kantor Koneng, hingga Taman Sare dan Kolam Pemandian dayang dan istri raja yang terdapat di sekitar lokasi wisata ini. Dengan banyaknya area di tempat wisata ini, tidak heran jika banyak kalangan mulai dari anak muda hingga paruh baya yang gemar mengunjungi lokasi wisata ini.

Itulah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Museum Keraton Sumenep yang membuatnya banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan. Mengunjungi Museum bukan hanya memberikan manfaat berupa bertambahnya pengetahuan mengenai sejarah, Anda juga bisa tetap memamerkan acara liburan Anda melalui foto-foto yang indah di sekitar tempat wisata ini. Jadi, sudahkah Anda berencana mengunjungi Museum ini ?

BACA JUGA  Wisata Air Terjun Durbugan Terapi Untuk Menghilangkan Penat