Oleh-oleh Khas Sampang yang Selalu Membuat Ketagihan

Diposting pada

Sampang ialah salah satu kabupaten yang ada di pulau Madura, Jawa Timur yang memiliki kekayaan di bidang kuliner. Beberapa kuliner yang ada di tempat tersebut juga menjadi oleh-oleh khas Sampang yang sangat terkenal dan membuat ketagihan. Rasanya yang khas serta bahan-bahan yang cukup unik menjadikan makanan tersebut selalu digemari.

Beberapa makanan berat seperti sate Madura, Soto mata sapi, dan beberapa makanan lainnya seringkali menjadi incaran untuk bisa dimakan pada saat berkunjung ke Sampang. Namun selain itu masih banyak beberapa makanan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh dengan cita rasa yang khas bahkan bentuk yang unik.

Oleh-oleh Khas Sampang yang Enak dan Ikonik

Beberapa olahan asli dari kawasan yang ada di Madura tersebut cukup terkenal dan banyak dicari oleh para wisatawan. Jika sudah berkunjung ke tempat ini tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan berupa olahan khas dari tempat tersebut. Harganya yang bersahabat dan rasa yang sangat khas juga membuat olahan tersebut semakin banyak dicari.

Jika Anda berkunjung ke daerah Sampang maka beberapa olahan berikut bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke tempat Anda.

Otok

Otok ialah sejenis cemilan yang terbuat dari biji kacang panjang yang sudah dikeringkan dan digoreng. Olahan ini juga menjadi salah satu kuliner khas dari Sampang dengan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Makanan ini tergolong ke dalam makanan ringan sehingga bisa dibawa sebagai oleh karena memiliki daya tahan yang cukup lama.

BACA JUGA  Kuliner Surabaya Timur yang Memuaskan Lidah, dari Menu Jadul Sampai Kekinian

Oleh-oleh khas Sampang ini tersedia dalam beberapa varian rasa mulai dari rasa pedas, manis dan juga asin. Olahan ini dipastikan bisa dengan mudah Anda jumpai di setiap toko oleh-oleh dengan harga mulai dari 30 ribuan saja. Tentunya Anda bisa merasakan keunikan dari olahan tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

Terasi Udang

Meskipun daerah ini bukan kawasan pesisir pantai namun di daerah ini Anda bisa dengan mudah menjumpai terasi udang yang juga terbuat dari udang rebon. Namun terasi udang tersebut memiliki kualitas yang lebih bagus serta aroma yang lebih khas jika dibandingkan terasi udang pada umumnya.

Anda bisa membeli terasi ini dengan harga kurang lebih 60 ribu rupiah per kilonya untuk kemudian diolah kembali sebagai masakan yang enak. Anda bisa menemukan durasi ini di pasar-pasar yang ada di daerah Sampang. Jika Anda masih bingung ingin membawa oleh-oleh apa maka terasi udang tersebut bisa Anda pilih untuk dibagikan kepada rekan Anda.

Oleh-oleh Khas Sampang : Petis Madura

Salah satu buah tangan yang bisa Anda bawa dari kawasan Sampang ialah petis Madura yang memiliki warna kecoklatan. Petis ini sangat berbeda dari petis pada umumnya karena terbuat dari ikan cakalang sehingga rasanya lebih gurih dan aromanya sangat khas.

Anda bisa menyajikan petis ini dengan rujak khas Madura sehingga akan menghasilkan rasa yang lebih manis, gurih dan juga segar. Biasanya petis ini dijual per toples dengan harga yang sangat murah yaitu mulai dari 15 ribu rupiah saja.

Rung-Terung

Oleh-oleh Sampang berikutnya dinamakan dengan Rung-Terung yang merupakan olahan dari hewan laut yaitu teripang. Teripang diolah menjadi kerupuk yang bisa digoreng hingga kering dengan bumbu bercita rasa tinggi. Makanan ini memiliki cita rasa yang gurih namun sedikit pahit yang berasal dari rasa asli kulit teripang.

BACA JUGA  Ini Dia 5 Oleh-Oleh Khas Surabaya Yang Paling Rekomendasi

Itulah beberapa oleh-oleh khas Sampang yang akan membuat Anda ketagihan dengan rasa khas yang dimilikinya. Olahan tersebut memiliki keunikan tersendiri sehingga selalu diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Sampang, Madura. Harganya juga cukup terjangkau sehingga cocok dijadikan buah tangan.