Oleh-oleh Khas Bangkalan yang Populer dan Bercita Rasa Tinggi

Diposting pada

Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu daerah di pulau Madura yang memiliki kekayaan salah satunya di bidang kuliner. Banyak makanan khas dari daerah tersebut yang memiliki cita rasa yang tinggi. Beberapa diantaranya juga menjadi oleh-oleh khas Bangkalan yang sangat populer di tengah masyarakat.

Para wisatawan yang berlibur ke daerah ini bisa membeli buah tangan yang sangat menarik dan bercita rasa tinggi. Hal tersebut tentu memberikan kesan tersendiri terhadap daerah Bangkalan dengan kekayaan kuliner yang dimilikinya. Ditambah lagi harga oleh-oleh tersebut yang juga tidak terlalu mahal bahkan relatif lebih murah.

Oleh-oleh Khas Bangkalan yang Populer

Beragam makanan mulai dari camilan hingga aneka kue bisa Anda temukan di daerah ini dan beberapa diantaranya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sebagai pilihannya Anda juga bisa membeli oleh-oleh yang sudah matang atau masih mentah sesuai dengan selera. Namun apapun pilihannya rasa dari makanan tersebut tentu sangat lezat dan cocok di lidah Anda.

Agar Anda tidak kebingungan berikut ini terdapat beberapa rekomendasi oleh-oleh khas dari Bangkalan yang sangat populer di tengah masyarakat.

Oleh-oleh Khas Bangkalan : Kerupuk Ikan

Salah satu makanan ringan yang bisa Anda bawa pulang dari daerah Bangkalan ialah kerupuk ikan yang terbuat dari ikan tenggiri. Ikan tenggiri dimasak dengan menggunakan bumbu khusus dan kemudian dicetak kecil-kecil. Selanjutnya kerupuk tersebut akan dijemur hingga kering sehingga bisa digoreng hingga mekar.

Cita rasanya yang gurih membuat kerupuk ini sangat cocok untuk dijadikan camilan atau dimakan bersama nasi putih hangat. Anda bisa menemukan kerupuk ini di toko oleh-oleh atau pasar yang ada di Bangkalan. Varian rasa yang bisa Anda pilih mulai dari original, pedas hingga asin.

BACA JUGA  Topak Ladeh Kuliner Khas Bangkalan, Cocok Buat yang Suka Jeroan!

Teri Krispi

Salah satu makanan yang cukup unik dari daerah Bangkalan ialah Teri krispi dengan rasa asin gurih yang nikmat. Aromanya juga sangat khas sehingga sering dijadikan incaran oleh para pengunjung di daerah tersebut.

Oleh-oleh khas Bangkalan ini diolah dengan cara digoreng hingga kering kemudian ditambahkan varian rasa yang beragam. Anda bisa mencoba beberapa varian rasa mulai dari original hingga rasa pedas. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai camilan atau dimakan bersama nasi hangat.

Kue Kocor

Makanan ini seringkali dikenal dengan kue cucur jika di daerah lain. Bahan dan tekstur yang dimilikinya pada umumnya memang sama yakni terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Bentuk dan warnanya pun hampir sama sehingga Anda tidak akan begitu asing dengan kue ini.

Perbedaannya hanya ada pada penamanaannya saja sesuai dengan daerah masing-masing. Kue ini cukup tahan lama sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bangkalan. Selain membeli aneka camilan Anda juga bisa membeli kue ini sebagai pemanis dengan rasa yang sangat khas.

Sewel

Makanan ini termasuk makanan ringan yang memiliki tekstur yang mirip dengan cireng. Namun Sewel relatif lebih kering dan rasanya lebih gurih jika dibandingkan dengan cireng pada umumnya. Makanan ini juga dilengkapi dengan sambal petis sebagai sausnya sehingga rasanya lebih enak dan segar.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Bangkalan yang populer dan bercita rasa tinggi. Makanan tersebut bisa dengan mudah Anda jumpai di toko oleh-oleh setempat atau di pasar-pasar yang ada di daerah tersebut. Harganya yang terjangkau juga menjadi keunggulan tersendiri bagi Anda sehingga bisa membawa buah tangan yang terjangkau dan enak.

BACA JUGA  Keripik Tette Khas Pamekasan