Nikmatnya Sajian Tahu Campur Surabaya, Kuliner yang Biasa Ditemukan di Jawa Timur

Diposting pada

9. Tahu Campur Surabaya 02Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menyajikan berbagai tempat wisata dan kuliner yang menarik serta patut untuk dicoba. Salah satu kuliner yang terkenal dan biasa ditemui adalah Tahu Campur Surabaya. Makanan dengan bahan dasar tahu ini sering menjadi makanan favorit para wisatawan karena cita rasanya yang khas.

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini sering dijumpai di daerah Surabaya dan sekitarnya. Sajian tahu goreng dengan berbagai bahan pelengkap ini pun dibanderol dengan harga yang murah namun rasanya tetap lezat. Tak ayal jika kuliner yang satu ini menjadi kuliner yang diburu oleh para wisatawan yang datang ke Surabaya.

Memiliki Cita Rasa Khas dengan Pelengkap yang Unik

9. Tahu Campur Surabaya 01

Tahu Campur ini terdiri dari berbagai komposisi seperti tahu goreng, tauge, daging sapi kenyal, mie kuning, dan selada air. Komposisi tersebut kemudian akan dipotong – potong dan disiram dengan kuah yang terbuat dari enake bumbu yang dicampur dengan petis, bumbu yang populer khas Surabaya.

Biasanya, penikmat tahu campur ini akan menambahkan kerupuk udang atau sambal untuk pelengkapnya. Taburan bawang goreng di atasnya juga menambah selera tahu campur ini saat dimakan.

Salah satu keunikan dari tahu campur Surabaya ini adalah perkedel singkong yang terbuat dari singkong parut. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan kuah bumbu dengan berbagai aroma mulai dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, daun jeruk, laos, jinten, dan garam.

Banyak Ditemukan di Surabaya

Sekalipun kuliner tahu campur ini sebenarnya berasa dari Lamongan, namun menu yang satu ini justru banyak ditemukan di daerah Surabaya. Bahkan, kuliner yang satu ini memiliki variasi sendiri di Surabaya yaitu dengan bumbu petis yang menjadi campuran kuahnya. Bumbu petis itu sendiri merupakan bumbu khas dari daerah Surabaya.

BACA JUGA  Nasi Goreng Jawa Cak Ali

9. Tahu Campur Surabaya 04

Banyak pedagang tahu campur di daerah Surabaya seperti Tahu Campur CakĀ  Minto yang berada di Jalan Manunggal, Gayungan, Surabaya. Ada lagi Tahu Campur Pak Sadak yang lokasinya tak jauh dari Ciputra World Surabaya Mall, Tahu Campur Cak Kahar yang berada di Jalan Embong Malang, dan beberapa lokasi lainnya.

Harga Terjangkau dengan Porsi yang Melimpah

Satu porsi tahu campur Surabaya biasa dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp30.000. Harga ini terbilang cukup murah dengan porsi makanan yang cukup melimpah sehingga bisa membuat kenyang. Seporsi tahu campur ini biasanya juga dilengkapi dengan lentho atau perkedel singkong dan kerupuk udang.

9. Tahu Campur Surabaya 02

Di beberapa pedagang, bahkan pengunjung bisa meminta tingkat kepedasan kuah tahu campur sesuai selera. Biasanya, rempah – rempah yang menjadi bahan kuah tahu campur ini memiliki cita rasa pedas yang menggugah dan nikmat. Mereka yang tidak kuat dengan pedas biasanya akan meminta untuk mengurangi tingkat kepedasannya.

Kuliner tahu campur ini menjadi salah satu kuliner yang sering diburu oleh para wisatawan karena harganya yang terjangkau dengan porsi melimpah dan rasanya pun nikmat. Salah satu sajian yang sering ditemukan di Surabaya ini biasa ditemukan di sudut – sudut jalan di Surabaya.

Kota Surabaya memiliki beragam kuliner yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Tahu Campur Surabaya. Banyak pedagang makanan ini yang tersebar di berbagai daerah di Surabaya. Bagi kamu yang berwisata ke Surabaya, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini, ya!

BACA JUGA  Berbagai Jenis Kuliner Surabaya Yang Viral Dan Patut Dinikmati, Intip Rekomendasinya