Nikmatnya Kuliner Surabaya, Tahu Campur Kalasan yang Melegenda

Diposting pada

Bicara tahu campur, memang Surabaya adalah jawaranya. Salah satu yang paling populer adalah tahu campur kalasan. Walaupun tahu campur sebenarnya bukan makanan khas dari Surabaya, namun Lamongan. Tetap saja banyak yang suka di kota Pahlawan tersebut.

Akhirnya, beberapa orang mengira tahu campur adalah makanan khas dari Surabaya. Mau tahu tentang penjual tahu campur terfavorit masyarakat Surabaya? Berikut ulasan selengkapnya

Lokasi

Warung tahu campur ini terkenal juga dengan sebutan tahu campur Bapak H. Abd. Mahfud. Lokasinya ada di Jalan Kalasan No. 22 Surabaya.Tepatnya ada di daerah Jolotundo dekat Gereja Katolik Kristus Raja.

Hal yang membuat tahu campur Kalasan ini populer adalah memudahkan orang mengingat lokasinya. Anda tidak perlu khawatir sampai salah alamat, karena warung tenda ini sudah dilengkapi dengan spanduk besar sebagai tanda.

Jika dilihat, tempat makan tahu campur di sini memang sederhana. Hanya berupa warung sederhana. Pengelola bahkan menempati halaman depan sebuah rumah yang disulap menjadi warung mungil.

Jam Buka

Warung tahu campur ini hampir buka setiap hari. Jadi Anda bisa bebas kapan saja membelinya. Pastikan saja pergi untuk datang mencoba pada jam operasional. Tahu campur H. Abd. Mahfud ini buka mulai pukul 11.00 – 23.00 wib, akan lebih cepat jika sudah habis.

Fakta dan Daya Tarik

Cita Rasa Yang Unik

Secara umum, tahu campur termasuk makanan berat. Seporsi tahu campur sendiri terdiri dari campuran tahu dengan lontong yang disiram dengan kuah sup. Dilengkapi juga dengan mi kuning, irisan daging sapi, tauge, daun selada air, lentho singkong, kerupuk, dan bawang goreng. Hal yang membuat tahu campur Kalasan ini unik adalah rasanya.

BACA JUGA  Cari Jajanan yang Populer dan Lezat di Surabaya? Semua Ada di Pasar Malam Kodam Brawijaya

Hal ini disebabkan dari bahan terasi dan petis yang digunakan asli. Jadi bukan pakai bumbu penyedap instan. Sehingga dapat dipastikan kualitas rasanya terjamin, bersih, sehat, serta tidak mengandung banyak kalori.

Cita Rasa Masih Terjaga Walaupun Berdiri Puluhan Tahun

Sebagai informasi saja, tahu campur H. Mahfud ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1979. Awalnya dulu masih dengan cara dipikul untuk dijajakan keliling kota Surabaya. Dalam sehari, beliau bahkan bisa melayani 500 sampai 800 porsi di malam minggu.

Lalu apa yang membuat tahu campur Kalasan ini masih tetap berdiri sampai sekarang? H. Mahfud selalu menjaga cita rasa dari dulu. Dengan cara menggunakan bawang putih, bawang merah, serta udang yang masih dalam kondisi segar.

Apalagi bumbu petisnya, siapa saja tidak akan bisa menolak kelezatannya. Petis yang digunakan tidak pernah menggunakan yang kualitasnya buruk. Sehingga rasa yang didapatkan selalu enak. Tidak jarang justru membuat orang ketagihan.

Tidak Pernah Sepi

Jika Anda perhatikan, tahu campur H. Mahfud ini sama sekali tidak pernah sepi pengunjung. Walaupun berjualan di warung yang bisa dikatakan sederhana. Biasanya akan disediakan sekitar 30 kursi untuk pelanggan duduk. Meskipun saat akhir pekan, Anda harus banyak bersabar, karena harus bergantian dengan pelanggan lain.

Harga Murah

Hal yang yang membuat tahu campur Kalasan menjadi terfavorit adalah harganya. Bagaimana tidak begitu, jika harga seporsinya saja hanya Rp 15.000,- saja. Sebanding dengan kelezatan rasa yang didapatkan.

Ada Variasi Menu Lain dan Sudah Buka Cabang

Terbaru, warung tahu campur H. Mahfud juga sudah menambah menu varian lain yaitu tahu telor. Jadi jika Anda merasa kurang puas pesan tahu campur bisa mencoba memesannya. Selain itu, warung ini juga sudah buka cabang. Satu ini Cito Mall dan kedua ada di Royal Plaza Surabaya.

BACA JUGA  Yuk Mampir! 4 Rekomendasi Tahu Campur Surabaya Wajib Di Cicip

Pelayanan Terbaik

Soal pelayanan pun terjamin. Pramusaji begitu ramah dan baik. Selain itu, cara mereka menghidangkan menu pesanan juga termasuk cepat. Rata-rata dari pesan sampai disajikan hanya butuh waktu 10 menit saja, jika kondisi sedang ramai.

Demikian tadi informasi singkat tentang tahu campur Kalasan. Pilihan kuliner Surabaya yang wajib dicoba.