Museum 10 November: Wisata Sejarah Menarik di Surabaya

Diposting pada

B17ED2D2 1888 423C BC23 B28681A95D58

Museum 10 November adalah satu dari sekian banyak destinasi menarik Surabaya. Simak ulasannya disini.

Sekilas Tentang Museum 10 November

Perjalanan panjang para pejuang merebut kemerdekaan meninggalkan banyak bukti sejarah. Dimana kini Anda dapat melihatnya di dalam museum. Dengan mengunjungi museum, tidak hanya sarana rekreasi namun sekaligus memperoleh edukasi.

328D65FE B71B 4F78 BC82 92C2AAC29B1A

Peninggalan sejarah kota Surabaya kini tersimpan tapi di dalam Museum 10 November. Wisatawan bisa berkeliling menikmati berbagai koleksi bukti sejarah beserta keterangan singkat di dalamnya. Informasi yang paling menarik minat wisatawan adalah tentang pertempuran 10 November.

Aksi heroik rakyat pada pertempuran 10 November kini diabadikan sebagai hari Pahlawan. Dimana akan selalu dikenang dan diperingati setiap tahun sekali.

Sebab itu, bangunan Museum 10 November bukan hanya sekedar galeri. Namun, juga bernilai historis bagi Indonesia, terutama warga Surabaya. Museum ini berdiri berdasarkan usul dari presiden Indonesia yang pertama Ir. Soekarno.

Yang mana tujuan pembangunan yakni untuk pendukung dari Monumen Tugu Pahlawan yang lebih dulu dibangun. Monumen tersebut sudah ada sejak 10 November tahun 1951.

Sementara pembangunan Museum 10 November selesai selesai pada tahun 2000, tepatnya tanggal 19 Februari. Kemudian gedung diresmikan oleh Presiden ke-4 Indonesia yakni Abdurrahman Wahid.

Luas lahan pembangunan Museum kurang lebih mencapai 1.000 m². Kurang lebih seperlima dari luas lahan bangunan Monumen Tugu Pahlawan.

Dibangun dengan bentuk yang unik, Museum 10 November tampak seperti piramida. Bangunan ini tampak seperti terendam di dalam tanah. Sebab Anda hanya akan melihat bagian atap berbentuk limas saja dari permukaan.

BACA JUGA  Puncak Ratu Pegentenan: Daya Tari & Harga Tiket

038E6F85 117F 42B0 871D 4E43AC176735

Ya, bangunan Museum di Surabaya tersebut memang berada 7 meter di bawah permukaan tanah. Desain ini dibuat khusus agar megah bangunan tidak mengganggu pemandangan Monumen Tugu Pahlawan.

Selain desain bangunan yang unik, masalah koleksi Museum 10 November sudah tidak diragukan lagi. Anda akan puas menjelajahi dua lantai dengan koleksi benda-benda bersejarah. Utamanya yang berhubungan dengan Pertempuran Surabaya.

Selain itu, ada banyak spot museum yang instagenic. Selain belajar, Anda juga bisa hunting foto bersama teman, dan keluarga. Jika telah berkeliling museum dan berburu foto, maka perjalanan dilanjutkan dengan mencari oleh-oleh.

Harga Tiket Masuk Museum

208F246F BC83 42B8 9016 3AB786B593FC

Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk berlibur. Dengan harga terjangkau pun, Anda dan keluarga tetap bisa melaksanakan liburan. Salah satu rekomendasinya adalah ke Museum 10 November.

Harga tiket pengunjung adalah Rp. 5.000 tiap orang. Akhir pekan bisa dihabiskan di Kota Pahlawan dengan melihat koleksi menarik di dalam museum.  Buka setiap hari dengan jam operasional pengunjung mulai dari jam 08 pagi hingga 14 siang.

Alamat dan Rute

Museum 10 November berada di pusat kota yang sangat mudah diakses dengan transportasi roda dua dan empat. Jalan menuju lokasi dalam kondisi baik, yakni Jl. Pahlawan yang ada di Alun-alun Contong.

Destinasi sejarah tersebut masuk wilayah kecamatan Bubutan, Kota Surabaya. Wisatawan dapat berkunjung dengan sepeda motor, mobil, hingga transportasi umum Bus pariwisata.

Fasilitas Museum

Berbicara tentang fasilitas, tentunya Museum 10 November sudah memadai. Bukan hanya sajikan koleksi peninggalan sejarah dan spot foto. Fasilitas menarik juga tersedia untuk kenyamanan wisatawan.

Diantaranya ada pusat informasi, area parkir yang luas, dan toilet umum. Selain menyuguhkan lokasi yang indah dan galeri yang edukatif ada pula taman bermain anak. Setelah lelah berkeliling, pengunjung bisa mengisi perut di cafetaria yang telah disediakan.

BACA JUGA  Romokalisari Adventure Land Surabaya: Menyatu dengan Mangrove Lewat 7 Wahana

Ulasan singkat di atas bisa menjadi referensi berlibur Anda dan keluarga saat berlibur ke Surabaya. Ada banyak koleksi Museum 10 November yang bisa Anda eksplorasi untuk sarana edukasi.