Wisata Perjuangan Para Pahlawan Madura Di Monumen Nasional Arek Lancor

Diposting pada

Jika Anda pergi ke suatu tempat, dan Anda juga datang ke objek wisata yang berisi sejarah kota. Maka tak hanya berwisata, tetapi juga belajar sejarah dan kisah perjuangan heroik pahlawannya termasuk untuk Monumen Nasional Arek Lancor.

Ada juga tugu di Madura yang menjadi kebanggaan masyarakat disana yaitu Tugu Arek Lancor. Di sana, mereka dapat mengingat perjuangan para pahlawan yang bertempur di Pulau Garam.

Monumen Arek Lancor merupakan salah satu monumen Madura yang terletak tepat di pusat kota Pamekasan. Seperti monumen di kota-kota lain pada umumnya, monumen ini merupakan bentuk apresiasi dan pengabdian kepada para pejuang.

Pahlawan yang mempertahankan dan membebaskan daerahnya dari penjajah. Monumen Nasional dengan bangunan monumental berbentuk lima sabit (senjata khas Madura) ini berdiri tegak di tengah Pamekasan.

Ulasan Lengkap Wisata Monumen Nasional Arek Lancor

Sejarah Monumen Arek Lancor

Dahulu, pada tanggal 26 Agustus 1947, terjadi perlawanan rakyat terhadap pasukan Sekutu di Pamekasan, Daerah Klampar. Ini adalah peristiwa pembangkangan dalam perjuangan untuk mengatasi kolonialisme.

Dan sebelum peristiwa heroik ini, Pamekasan memiliki sejarah panjang sebagai tokoh sentral pada awal abad ke-16. Masa kejayaan dari daerah ini yakni pada masa pemerintahan yang dipimpin oleh Pangeran Ronggosukowati.

Sehingga menjadi dasar pembangunan berkelanjutan Kabupaten Pamekasan hingga saat ini. Selama semua peristiwa sejarah dengan simbolis Monumen ini, Kabupaten Pamekasan lahir dan besar hingga sekarang.

Masyarakat dengan simbol dan identitas keteguhan, ketabahan, persatuan, mengubah hak dan harga diri menjadi perbaikan diri dan pertahanan. Kemudian menggunakan cerulik, lancor dan lainnya sebagai media pertahanan dan menyerang.

BACA JUGA  Pesona Wisata Pantai Talang Siring

Fasilitas Wisata Monumen Nasional Arek Lancor

Jika Anda berkunjung ke tempat tersebut, mungkin Anda tidak akan menemukan banyak fasilitas penunjang pengunjung. Namun setidaknya beberapa telah disediakan seperti diantaranya:

– Tempat parkir

– Masjid

– Tempat makan

– Tempat bermain anak

– Taman

Spot Instagramable 

Bagi yang menyukai seni fotografi, Anda bisa mengabadikan berbagai sudut pandang di sini. Dengan mengutak-atik berbagai angle, Anda bisa mendapatkan foto Monumen Nasional Arek Lancor yang Instagramable.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan pemandangan sekitar, seperti Masjid Jami’ atau Gereja Ratu, di mana Anda dapat berfoto di depan gedung. Area di sekitar taman sendiri juga menjadi lokasi yang bagus untuk selfie.

Lengkap dengan banyak tanaman yang membuat suasana taman semakin indah dan menjadi spot foto yang menarik. Sehingga foto yang dihasilkan jadi lebih unik dan menarik serta mudah dikombinasikan dengan keramaian disekitarnya.

Akses Menuju Monumen

Untuk menuju ke Monumen Nasional Arek Lancor ini tidak sulit, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika datang dari Surabaya, Anda bisa langsung menuju Pamekasan melalui Jembatan Suramadu.

Tugu ini terletak di pusat kota, sehingga ketika Anda sampai di Pamekasan Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Bentuk tugu gagah menjulang yang unik dan ikonik juga menjadi pusat perhatian dari keramain disekelilingnya.

Tips Untuk Mengunjungi Monumen Nasional Arek Lancor

  • Siapkan kamera Anda
  • Akan lebih menyenangkan jika Anda mengundang teman atau keluarga
  • Biasanya tempat ini ramai pada sore hari, bahkan pedagang mulai berjualan
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Sekian ulasan terkait wisata Monumen Nasional Arek Lancor yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk mendapatkan lokasi liburan terfavorite yang seru untuk dikunjungi.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Tebing Waru Pamekasan, Cocok Untuk Olahraga Ekstrem