Menikmati Piknik Dan Wisata Bersejarah di Mercusuar Sembilangan

Diposting pada

Screen Shot 2020 12 17 at 22.47.55

Siapa yang suka traveling ke tempat-tempat bersejarah? Kalau kamu memiliki hobi itu, kamu juga dapat mengunjungi mercusuar Sembilangan. Mercusuar yang memiliki ketinggian sekitar 50an meter ini merupakan ikon terkenal dari kota Bangkalan, Madura.

Jadi kalau kamu mengunjungi kabupaten Bangkalan, kamu wajib mendatangi tempat yang satu ini. Karena rasanya tidak lengkap jika mengunjungi sebuah kota namun tidak datang ke tempat ikonnya. Sebelum kamu mengunjungi tempat wisata ini simak informasi mengenai sejarah singkat yang dimiliki ini.

Sejarah Singkat Mercusuar Peninggalan Belanda

Mercusuar ini dibangun di tahun 1879 oleh Belanda dan digunakan sebagai navigasi kapal laut yang sedang beroperasi. Dan sekarang mercusuar peninggalan Belanda dijadikan sebagai tempat wisata ikon Bangkalan dan hingga saat ini fungsinya masih digunakan sebagai navigasi kapal laut yang dikelola oleh Departemen Perhubungan. Keberadaan mercusuar ini berfungsi sebagai navigasi kapal agar terhindar dari bebatuan atau wilayah laut yang dangkal.

Sumber cahaya yang dipakai pada mercusuar ini menggunakan api, lensa dan lampu yang terpasang di puncak mercusuar. Nah seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi sudah mendominasi seluruh aktivitas yang dilakukan termasuk pada navigasi. Saat ini kamu dapat dengan mudah mencari arah atau letak suatu tempat dengan menggunakan GPS yang mudah sekali kamu dapatkan.

Dari informasi terkini, mercusuar ini memang masih dibuka untuk umum namun terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengunjungi mercusuar Sembilangan.

BACA JUGA  Beberapa Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Surabaya

Hal-Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Mengunjungi Mercusuar Sembilangan

·         Tidak diperkenankan naik hingga puncak

Dulu mungkin kamu bisa menikmati pemandangan Bangkalan dengan melihatnya lewat puncak mercusuar ini. Nah saat ini kamu tidak diperkenankan untuk naik sampai ke puncak mercusuar. Seperti yang telah disebutkan tadi, dengan berkembangnya zaman, navigasi yang dipakai di mercusuar ini sekarang sudah tidak lagi menggunakan peralatan manual yang sederhana namun sudah menggunakan teknologi yang canggih.

Oleh karena itu karena navigasi ini diletakkan di puncak mercusuar, maka untuk menghindari kerusakan yang terjadi para pengunjung tidak diperkenankan masuk dan naik hingga naik ke menara atau mercusuar ini. Kamu tetap boleh mengunjungi tempat ini dan menikmati keindahan mercusuar yang tinggi menjulang.

·         Tempat wisata di sekitarnya bukanlah pantai

Nah selanjutnya perlu diingat bahwa kegunaan mercusuar ini adalah sebagai navigasi para kapal yang sedang berlabuh, yang artinya mercusuar ini berada di sekitar lautan lepas. Jadi perairan yang berada di mercusuar tersebut bukanlah sebuah pantai.

Namun perairan tersebut adalah lautan lepas yang terdapat lumpur di sekitarnya. Jadi lumpur ini bukanlah pasir yang berada di pinggir pantai ya.

·         Tempat ini dibuka setiap hari

Nah untuk jam operasionalnya, tempat di sekitar mercusuar ini dibuka setiap hari. Jadi kamu bisa leluasa kapan pun dapat mengunjungi tempat yang satu ini. Namun disarankan untuk mengunjungi tempat ini di pagi, siang atau sore hari karena sebagai keamanan jangan pergi di malam hari.

·         Fasilitas di sekitar mercusuar

Nah kalau kamu tidak bisa naik ke puncak mercusuar, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menikmati fasilitas yang ada di sekitar mercusuar Sembilangan mulai dari adanya pepohonan dan rerumputan yang asri. Jadi tempat ini dapat sebagai rekomendasi tempat piknik yang cocok didatangi bersama keluarga. Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman agar rencana piknikmu semakin lengkap.

BACA JUGA  Bukit Kapur Jaddih di Bangkalan Madura Menjadi Destinasi Wisata Fotogenik