Mengenal Kuliner Madura Nasi Kobel

Diposting pada

nasi kobel 20150624 171215

Kuliner Madura itu memang sangat khas dan juga unik, salah satu kuliner khas Madura itu adalah Nasi Kobel. Kobel sendiri itu artinya adalah Korang Abelih yang merupakan bahasa Madura yang artinya kalau kurang kembali lebih, jadi kalau kurang boleh kembali lagi. Dan ini sebenarnya adalah sebuah makanan yang biasa disiapkan oleh para istri nelayan sebagai nasi bekal untuk para suaminya.

Dari sejarah kuliner ini, nampaknya sekarang sudah menjadi semacam budaya yang menarik dan menjadi kuliner yang menarik juga. Makanan yang dulunya memang dibuat hanya untuk kondisi tertentu, sekarang ini sudah banyak dijual dan bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja. Nah pada kesempatan kali ini kami akan jelaskan beberapa hal mengenai kuliner tersebut yang tidak banyak orang tahu.

Keunikan Kuliner Kobel, Nasi Khas Madura

Tentunya kuliner dari Madura itu selalu memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Nah kuliner atau menu makanan nasi dari Madura ini pun memiliki keunikan yang memang membuat banyak orang penasaran ingin mencoba. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa keunikan yang dimiliki oleh Nasi Kobel dari Sampang Madura ini.

  1. Keunikan yang pertama itu terletak pada bumbu kelapa atau sambal kelapa yang ada pada menu nasi ini. Biasanya sambal kelapa di kuliner lainnya itu dibuat dengan cara dikukus atau juga digoreng, namun di Madura itu berbeda. Karena sambal kelapa di kuliner nasi ini adalah dipanggang di atas Cowek, jadi ada rasa khas panggangan tersebut.
  2. Keunikan yang kedua adalah soal kesederhanaan dari menu makanan ini, di mana isinya memang bukan termasuk makanan mewah. Isinya itu biasanya hanya nasi, ikan laut, sayur dan juga sambal khusus. Bisa menggunakan sambal kelapa atau juga bisa menggunakan sambal Cabbih yang merupakan perpaduan garam dan cabai yang diulek tanpa air.
  3. Keunikan yang ketiga adalah makanannya dibungkus dengan daun pisang, sehingga bisa memberikan rasa yang berbeda dan kesan tradisional. Namun beberapa warung makan sudah tidak mempergunakan daun pisang ini, jadi biasanya langsung ditaruh di piring langsung.
BACA JUGA  Nasi Cumi Pasar Atom, Kuliner Wajib Saat di Surabaya

Lokasi

Bila Anda ingin mencoba kuliner khas dan tradisional dari Madura ini, maka Anda itu perlu mendatangi daerah yang bernama Camplong. Jadi mulai dari wisata pantai Camplong di Madura sampai ke daerah Sejati itu ada banyak sekali warung yang menyediakan menu Nasi Kobel ini. Jadi kalau Anda dari kota Sampang Anda jalan ke arah kota Pamekasan, dan di sana Anda akan menemui daerah Camplong.

Sebagian besar orang yang membuka warung di sepanjang jalan dari Camplong ke Sejati itu adalah nelayan yang merupakan warga sekitar. Untuk jam bukanya sendiri memang variatif sekali, namun kisarannya itu adalah mulai dari jam 2 siang sampai dengan malam, bahkan ada yang sampai subuh. Jadi karena ini adalah kuliner khas nelayan Madura, maka jelas akan bisa dinikmati di daerah pantai juga.

Harga

Kuliner ini termasuk salah satu kuliner yang sederhana, sehingga tentu saja soal harga itu tidak akan terlalu mahal. Harga dari menu makanan ini bisa dibilang sangat terjangkau, hanya dengan 6 ribu Rupiah saja sudah bisa menikmati makanan khas nelayan Madura ini. Anda bisa nikmati Nasi Kobel sembari menikmati pantai Camplong yang akan menambah kenikmatan dari kuliner ini.