Masjid Agung Sampang, Salah Satu Wisata Religi Kebanggaan Kota Madura

Diposting pada

Pulau Madura dikenal sebagai pulau seribu masjid. Salah satunya adalah Masjid Agung Sampang yang merupakan masjid kebanggaan Madura.

Kota yang sangat unik dengan berbagai macam wisata. Mulai dari alam hingga religi semua tersedia di kota Madura. Kota karapan sapi yang sangat mempesona.

Apalagi dengan masjidnya yang sangat unik dan mempunyai  nilai seni tinggi. Masjid  jami yang merupakan daftar wisata religi di kota madura Jawa Timur,  terletak di tengah kota. Dengan demikian, akan memudahkan para pengunjung untuk menemukannya.

Masjid Agung Sampang

Ir Samsul arifin adalah orang yang berjasa dalam pembangunan masjid megah Jamik. Salah satu masjid yang merupakan icon kebanggaan Jawa Timur.

Dimana terdapat kubah besar di bagian tengah dan menara yang sangat tinggi. Masjid yang mempunyai kapasitas lebih dari 10.000 orang.

Untuk Anda yang sedang berada di Jawa Timur sempatkan untuk singgah ke icon kebanggaan madura. Masjid yang sangat menarik untuk dikunjungi yang mempunyai beberapa  keistimewaan, yaitu:

1.Letak Masjid

Bagi Anda yang ingin berwisata religi di Madura dan ingin mengunjungi masjid istimewa ini cukup mudah.  Sebab berada di tengah kota,  yaitu beralamat di jalan Pahlawan  Sampang.

Lokasi yang sangat strategis dan sangat mudah diakses oleh para pengunjung. Anda dapat naik bus menuju Sampang dan turun ke terminal kota.

Kemudian Anda dapat menggunakan becak untuk menuju masjid. Bagi pengunjung yang berasal dari Pamekasan dan Sumenep, maka dapat menggunakan bus mini atau umum menuju terminal dan melanjutkan  menggunakan  becak.

BACA JUGA  Fasilitas Pantai Lon Malang

2. Desain Dari Masjid Agung Sampang

Masjid karya dari Ir Samsul Arifin mempunyai desain yang sangat istimewa. Dimana kubah yang dimilikinya hanya satu dan sangat besar. Kubah berwarna hijau tua dengan ukuran 10 meter.

Pintu utama masjid didesain dengan warna putih dan akses untuk masuk pada ruang utama dihadirkan dengan warna yang sangat indah. Bahan yang terbuat berasal dari kayu jati dengan adanya ukiran sangat detail.

Sungguh masjid yang sangat indah, inilah mengapa masuk dalam jajaran wisata  religi.

3. Asal Mula Masjid

Tahukah Anda kapan masjid Jami dibangun? Menurut info yang beredar, masjid tersebut ditemukan pada tahun 1977 dan berdiri tahun 1821. Cukup lama bukan?  Masjid yang  telah mengalami  renovasi oleh arsitektur berbakat menjadi sangat indah.

Etika Ketika Memasuki  Masjid

Masjid merupakan  tempat yang digunakan  untuk beribadah bagi warga muslim. Apabila ingin mengunjungi terdapat  sebuah tips yang harus dijaga. Apa sajakah tips tersebut?

  • Terdapat jadwal yang berlaku ketika mengunjungi masjid jami.
  • Tidak diperbolehkan berkunjung di hari jumat dan hari besar pada jam sholat.
  • Masjid adalah tempat umum, agar selalu aman bawa barang bawaan Anda.
  • Menjaga kenyamanan dan ketenangan  adalah prioritas utama.
  • Diharapkan silent ponsel.
  • Jika membawa anak kecil harus dapat dikondisikan dengan tenang.
  • Warisan budaya yang harus dilestarikan.
  • Menjaga kesopanan dan penuh etika baik.
  • Berpakaian menutup aurat.

Jika Anda berkunjung ke daerah Jawa Timur, maka sempatkan untuk berkunjung ke Madura. Terdapat wisata religi yang sangat mempesona.

Anda akan menyesal jika tidak mengunjungi masjid unik dan spesial. Dimana terdapat kubah besar yang tidak dimiliki oleh  masjid lain. Masjid Agung Sampang, merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan agar tidak rusak.

BACA JUGA  Daya Tarik, Rute dan Tiket Masuk Sumber Jokotole Omben