Makanan Khas Sampang Yang Menggugah Selera

Diposting pada

Ketika Anda berlibur ke Pulau Madura akan disambut oleh destinasi wisata alamnya yang sangat indah. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat menu makanan khas Sampang yang sangat unik dengan kaya rasa.

Terdapat pula menu makan yang sangat legendaris, walaupun identik dengan rasa yang pedas. Namun, nyatanya makanan ini sangat banyak penggemarnya.

Yuk, segera simak menu makan apa saja yang sangat diminati oleh masyarakat.

Makanan Khas Sampang Yang Unik

Jika di Kota Bangkalan memiliki bebek Sinjay. Untuk di Kota Sampang makanan yang sangat legendaris adalah bebek songkem.

Menu makan yang sangat pedas dengan cita rasa yang unik. Varian dari bebek songkem tersedia dalam rasa asin dan gurih.

Selain menu bebek songkem ternyata terdapat menu lain yang sangat menggugah selera. Lantas menu apa sajakah yang sangat menggoyang lidah dan unik?

1. Kuliner Nasi kobel

Makanan khas Sampang yang pertama adalah nasi kobel. Menu khas daerah pesisir yang mempunyai cita rasa unik.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Camplong tak ada salahnya jika mencoba kuliner nasi kobel. Dimana menu makan ini merupakan bekal nelayan saat hendak melaut.

Satu porsi nasi ini terdiri dari serundeng, nasi putih, ikan laut, mie kuning, tahu, sambal sambel bujje cabbih dan tempe bumbu merah. Sambal yang terdapat pada menu makan ini sangat autentik terdiri dari campuran garam dan cabe rawit.

2. Kuliner Cager Telur

Cager telur merupakan makanan yang sangat terkenal di Sampang. Cager telur ini adalah olahan telur yang direbus dan dihidangkan bersama kubis dan aneka rempah lainnya.

BACA JUGA  Rawon Surabaya, Salah Satu Makanan Terenak yang Wajib Dicicipi

Di mana menu ini terdiri dari cabe merah, telur ayam, kubis,  garam,  daun jeruk,  gula, air cuka dan Bawang. Untuk bumbunya terdiri dari kemiri goreng bawang putih, bawang merah, lengkuas dan kunyit.

Kemudian bumbu yang dihaluskan ditambah air lalu dimasukkan potongan kubis dan cabe. Terakhir telur dimasukkan ke dalam menu cager telur.

3.Kuliner Kaldu Sumsum

Kuliner ini terbuat dari sumsum tulang sapi yang lezat. Dimana menu yang disajikan adalah tulang sapi lengkap dengan sajian kaldu.

Jika ingin menikmati seporsi kaldu sumsum, datanglah di wilayah tangklok. Lokasinya ada di Depot Al Ghazali terletak di Jalan Diponegoro 34 a Sampang.

4.Kuliner Dhun Adhun

Menu makan selanjutnya adalah sajian lontong tepung, beras dan kuah kental. Menu ini dicampur dengan santan dan dengan diolah kaya akan rempah.

Menu makan yang sangat menggugah cita rasa. Ketika disuguhkan ditaburi dengan serundeng dan sambal yang berbahan dasar terasi dan jagung.

Jika Anda ingin menikmati menu ini, maka sangat cocok dimakan di pagi hari. kuliner Dhun Adhun banyak dijumpai di Kota Sampang. Biasanya mulai buka dari jam 05.00 di lokasi Jalan Ternate Kota Sampang.

5.Kuliner Sate Khas Sampang

Menu yang terakhir adalah sate khas Sampang. Dimana bahan dasar yang digunakan adalah sate kambing yang lezat. Kabupaten Sampang termasuk kota dengan pusat sate madura yang sangat terkenal. Salah satunya adalah sate gule mufakat, Anda dapat menikmati satu porsi sate kambing yang sangat menggugah selera.

Beragam aroma rempah akan tercium ketika dihidangkan. Apalagi daging sate yang dimasak sangatlah empuk dan bumbu kacang yang sangat lezat.

Anda dapat menikmatinya dengan camilan asli dari pulau Madura. Cemilan tersebut yaitu lorjuk, rengginang, Ting Ting kacang atau keripik tette.

BACA JUGA  Fakta Gunung Maddah Sampang

Itulah beberapa menu makanan khas Sampang yang sangat menggugah selera. Tentunya Anda akan ingin merasakannya kembali. Oleh sebab itu, sering-seringlah berkunjung ke pulau Madura yang kaya akan makanan menggugah selera.