Makan Gado Gado Surabaya Yang Gurih Dan Nikmat

Diposting pada

Indonesia ini memiliki beragam kuliner yang tentunya bisa menggoyang lidah. Seperti gado gado Surabaya yang memiliki ciri khas tersendiri. Gado-gado khas Surabaya ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan resep daerah lain.

Namun, bisa saja membuat gado-gado khas Surabaya di rumah saja. Dengan bahan yang mudah dan tentunya rasa yang nikmat.

Ketidaksamaan Gado-Gado Khas Surabaya Dengan Daerah Lain

Bumbu Kacang Yang Lebih Encer

Berbeda dengan gado-gado dari daerah Jawa lainnya. Untuk itu gado gado Surabaya ini memiliki sambal kacang yang lebih encer. Ini karena penggunaan santan kental dalam resep sambal kacangnya.

Adanya Wortel Tomat Dan Kentang

Meskipun penggunaan sayurannya masih relatif mirip. Namun, gado-gado khas Surabaya ini ada tambahan worel, tomat serta kentang rebus. Jadinya ada cita rasa unik tersendiri karena adanya penggunaan bahan tersebut tadi.

Sambal Kacang Yang Cenderung Gurih Pedas

Bedanya gado gado Surabaya dengan gado-gado di daerah Jawa lainnya dari segi rasa bumbu kacangnya. Kalau daerah jawa lainnya memiliki rasa yang cenderung manis gurih. Tetapi, berbeda dengan daerah Surabaya yang memiliki rasa dominan gurih pedas.

Cara Buat Gado-Gado Surabaya Yang Mudah

Persiapkan Seluruh Bahan

Untuk tahu cara membuat gado-gado khas Surabaya ini. Pertama, siapkan seluruh bahan lalu iris menjadi kecil-kecil. Setelah itu rebus sayuran untuk isi gado-gadonya seperti wortel, tauge, kentang dan juga kacang panjang.

BACA JUGA  Sate Lalat Khas Pamekasan, Sate Unik jadi Daya Tarik

Angkat Lalu Tiriskan

Setelah sayuran dirasa telah empuk serta matang. Bisa langsung angkat dan coba tiriskan di dalam wadah kering. Bahan pelengkap untuk gado gado Surabaya ini bisa siapkanĀ  tempe dan tahu yang telah digoreng, sesuaikan besarannya dengan selera Anda.

Membuat Kuah Kacangnya

Selanjutnya adalah membuat bumbu kacang. Haluskan bawang putih dan cabai. Selanjutnya haluskan kacang tanah serta garam. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan kacang halus. Setelah itu tambahkan santan kental.

Penyiapan

Tata isian gado gado Surabaya seperti kol, wortel, selada, tempe goreng, tahu goreng, kentang rebus, tauge, kacang panjang serta lontong (opsional). Lalu siramkan sambal kacang berikan pelengkap seperti emping goreng, kerupuk udang, telur rebus serta taburan bawang goreng.

Namun jika tidak ingin membuat gado-gado sendiri. Bisa coba membeli saja, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat jual gado-gado enak khas surabaya.

Rekomendasi Tempat Gado-Gado Khas Surabaya

Gado-Gado Arjuna

Pertama, ada gado gado Surabaya milik Pak Satumin. Kuliner ini termasuk legendaris yang ada di Surabaya. Dibuka sejak than 1970, gado-gado ini menawarkan kuliner yang gurih serta nikmat.

Untuk setiap porsinya memang di sini menawarkan harga yang cukup tinggi. Jika biasanya tempat biasanya menawarkan harga 15 ribu. Maka di sini memiliki harga 22 ribu untuk setiap porsinya.

Gado-Gado Jumbo Pak Tikno

Selanjutnya ada gado gado Surabaya dengan porsi jumbo. Ini akan sangat cocok sekali untuk Anda yang doyan makan dengan porsi jumbo. Berada di kawasan Ngagel Jaya. Bahkan dengan porsi yang terbilang besar, Anda hanya merogoh kocek yang terbilang murah.

Sekitar 16 ribu saja untuk setiap porsi ukuran jumbonya. Gado-gado ini buka dari pukul 10.00 hingga 16.00. Ukuran yang besar, harga yang murah serta bumbu kacang yang berlimpah. Tentu saja hal itu semua akan membuat Anda ngiler meski hanya mendengarnya saja.

BACA JUGA  Rekomendasi Tempat Makan Sate Klopo Surabaya Terenak!

Itulah tadi gado gado Surabaya yang enak sekali. Bisa coba buat sendiri atau beli di warung yang sudah terkenal dan legendaris.