Makam Ratu Ibu: Wisata Religi Dengan Sumber Mata Air

Diposting pada

Wisata Religi Air Mata Ibu Madura 640x426 1

Madura juga menjadi salah satu tempat wisata religi yang cukup terkenal. Bahkan banyak orang – orang yang berbondong – bondong ke wisata religi ini karena dapat melakukan ziarah sekaligus wisata ke tempat yang lainnya. Untuk wisata yang sering kali di datangi di Madura ini adalah Makam Ratu ini. Pada wisata religi yang satu ini terkenal dengan sumber mata air yang tidak pernah surut dan dikenal dengan nama Mata Aer Ibu.

Jika Anda ingin mengunjungi wisata yang satu ini, maka Anda bisa mengetahui sejarah dan informasi lainnya yang berkaitan dengan ziarah makam dan sumber mata air. Jika Anda berminat, berikut ini adalah informasi singkat untuk Anda.

Sejarah Dan Informasi Wisata Religi Makam Ratu Ibu

Jika wisata ke makan ini, maka Anda tidak akan jauh dengan sejarah yang pada wisata yang satu ini. Lalu hal menariknya selain sejarah juga terdapat sumber mata air yang bisa Anda nikmati kesegarannya. Jika Anda benar – benar tertarik dengan wisata religi yang satu ini, maka berikut merupakan informasi singkatnya untuk Anda.

1.     Sejarah Singkat Wisata Makan Ratu

Sebelum menjadi wisata religi, dahulu terdapat sebuah kerajaan di Madura yang dipimpin oleh Raja Cakraningrat. Lalu istrinya yang bernama Sarifa Ambani (Ratu Ibu) sering ditinggal bertugas oleh suaminya. Kemudian hal ini membuat sang Ratu Ibu memohon kepada Tuhan agar turunannya bisa menjadi penguasa di Madura selama tujuh turunan. Di saat Ratu Ibu dengan senang menceritakan kepada suaminya, justru suaminya malahan kecewa dengan permintaan yang dilakukan oleh Ratu Ibu.

BACA JUGA  Hutan Kera Nepa, Objek Wisata Legendaris di Sampang Madura

Tahu suaminya kecewa membuat Ratu Ibu kembali ke pertapaan dan menangis terus menerus tiada henti. Hal ini membuat pertapaan menjadi banjir karena air mata Ratu ibu. Pada akhirnya Ratu ibu meninggal di tempat pertapaan dan dimakamkan di tempat tersebut, sedangkan air mata yang menggenang ini menjadi sumber mata air yang baru.

Itulah sejarah singkat tentang Makam Ratu Ibu dan sumber Mata Aer Ibu

2.     Fasilitas di Wisata Makam Ratu

Adapun fasilitas yang tersedia adalah tempat untuk berziarah ke Makam ratu ibu. Saat berziarah pun terdapat berbagai macam bangunan tua yang bisa Anda ambil foto. Sehingga Anda pun bisa mengabadikan bangunan – bangunan yang menarik di makam ini. Kemudian yang pastinya untuk Anda yang ingin pergi ke sumber mata aer ibu untuk mendapatkan air yang katanya mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mau mencoba mata air yang satu ini? Bisa langsung mampir ke Makam Sarifa Ambani.

3.     Tips Melakukan Wisata Ziarah di Mata Aer Ibu

Adapun beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika wisata religi di Madura ini. Pertama, gunakan pakaian yang sopan. Kemudian jika ada yang berziarah, maka Anda harus lebih tenang dan jangan berisik. Jadi jika sedang berdoa pun lebih baik ikut berdoa. Lalu setelah itu meminum air dari sumber mata aer Ibu secukupnya saja dan gantian dengan orang lain yang sedang mengantre juga.

Demikian informasi tentang wisata religi Makam Ratu Ibu dan Aer Mata Ibu Madura. Semoga informasi tentang wisata ini membuat Anda semakin menjadi tertarik dengan wisata religi. Adapun Anda bisa mengajak rombongan untuk bisa berziarah ke makam tersebut. Setelah itu juga Anda bisa melanjutkan ke wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Madura.

BACA JUGA  Bukit Tinggi Daramista Atap Langit Kota Sumenep