Lontong Lodeh Kuliner Khas Sampang Berkuah dengan Isian Lengkap

Diposting pada

Wisata kuliner di Sampang memang sangat menyenangkan karena ada banyak pilihan kuliner di sana. Salah salah satunya lontong lodeh kuliner khas Sampang.

Kuliner ini termasuk makanan berkuah dengan berbagai isian lengkap. Isiannya berupa sayuran yang bergizi dan kuahnya juga dibuat dengan cita rasa gurih dan segar.

Lontong lodeh dengan bahan utama lontong atau ketupat ini merupakan kuliner dengan perpaduan sayur lodeh dan lontong. Cocok sekali bagi yang berwisata ke pulau Madura sambil incip-incip kuliner berkuah segar ini.

Sajian Lontong Lodeh Kuliner Khas Sampang

Bagi Anda yang penasaran bagaimana sajian dari lontong lodeh ini di bawah ini kami sudah sediakan penjelasan lengkapnya:

Isian Utama Lontong Lodeh

Selain bahan utama lontong, isian dari lontong lodeh ini diantaranya terong ungu, daun melinjo dan kacang panjang.

Beberapa isian sayuran di makanan khas Sampang ini tentu saja membuat cita rasanya jadi lebih nikmat. Apalagi bagi yang sedang menjalankan program diet tentu saja sajian ini cocok untuk dicoba saat berwisata.

Termasuk Makanan Berkuah Gurih

Sebagaimana yang sudah disimpan di singgung di atas kalau kuliner lontong lodeh ini termasuk makanan berkuah. Rasanya gurih dan segar, cocok dimakan saat hujan-hujan seperti sekarang.

Isian Tambahan Lontong Lodeh

Lontong lodeh kuliner khas Sampang memang isian utamanya dan yang paling umum adalah menggunakan sayur terong ungu, kacang panjang dan daun melinjo. Tetapi beberapa ada yang menggunakan buah tewel atau nangka muda.

BACA JUGA  Kopi Mengkudu, Minuman Khas Sampang dengan Cita Rasa yang Unik!

Sebagai penambah cita rasanya juga diberikan isian buah manisah atau labu siam dan tempe. Dengan variasi isian lontong lodeh ini tentu saja akan menambah pengalaman kuliner yang lebih mengesankan bagi para wisatawan. Khususnya yang kuliner di daerah Sampang.

Kuah Lontong Lodeh Dibuat dengan Santan

Sebagai makanan berkuah, lontong lodeh dibuat dengan kuah khusus. Kuahnya terbuat dari santan kental dan santan encer.

Kuah tersebut campurkan dengan rempah-rempah pilihan sesuai dengan masakan khas Sampang yang umum untuk pembuatan lontong lodeh ini.

Kuah ini nantinya akan disiramkan pada lontong dan isian yang sudah siap disajikan. Cocok sekali untuk di seruput saat keliling kota Sampang.

Bumbu Halus Lotong Lodeh Kuliner Khas Sampang Cukup Lengkap

Makanan khas Sampang selalu menyajikan cita rasa yang berbeda. Bagi para pelancong pasti merasakan perbedaan antara masakan di daerahnya dengan khas yang di Sampang ini.

Apalagi untuk sajian lontong lodeh. Pastinya dibuat dengan perpaduan bumbu lengkap dan khas.

Lontong lodeh menggunakan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe keriting, butir kemiri bakar, ketumbar lengkuas dan lembar daun salam sebagai penambah aroma khas makanan.

Sementara untuk penyedapnya lontong lodeh Menggunakan garam dan gula pasir. Tidak lupa juga disertakan terasi secukupnya sehingga rasanya menjadi lebih legit, gurih dan lezat.

Tentu saja penggunaan bumbu ini sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan. Pastinya hanya penjual kuliner inilah yang sangat menguasai peracikan bumbu. Jadi untuk menghasilkan hidangan yang lezat tidak boleh sembarangan dalam takaran bumbunya tersebut.

Nah,  dari sekian informasi sajian lontong lodeh di atas pastinya bagi para wisata kuliner sangat tergugah untuk mencobanya kan?

BACA JUGA  Nase' Jhajan, Makanan Khas Pamekasan Bikin Ketagihan

Apalagi bagi yang suka makanan berkuah dan sayur-sayuran lengkap bergizi. Pastinya kuliner khas Sampang ini akan jadi pilihan.

Lagipula lontong londeh kuliner khas Sampang ini harganya cukup terjangkau dan cocok untuk mengganjal perut saat berwisata alam ke Sampang. Apalagi bagi yang ingin mencoba kulineran yang tidak hanya sekedar nasi saja.