Kuliner Unik Khas Madura, Soto Mata Sapi

Diposting pada

Kuliner Unik Khas Madura, Soto Mata Sapi

28af99e12b306a8942d6594e360100ca

Kuliner Unik Khas Madura, Soto Mata Sapi – Jika kamu mengunjungi daerah yang ada di Indonesia, jangan ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Karena setiap daerah memiliki keunikan kuliner yang berbeda satu sama lain. Nah salah satu kuliner khas Madura yang bisa kamu coba adalah soto mata sapi.

Kalau kamu mendengar nama kuliner yang satu ini mungkin kamu merasa seram. Namun kamu bisa mencobanya dahulu kuliner yang satu ini karena rasa yang dimiliki sangat khas dan pastinya sangat lezat. Sesuai dengan namanya, soto ini memang terdiri dari mata sapi yang disajikan di dalamnya.

Nah bagi kamu yang sangat suka dengan kuliner-kuliner unik, kamu wajib sekali mencoba makanan yang satu ini. Kalau kamu penasaran, apa saja bahan yang digunakan untuk soto ini, simak informasinya di bawah ini.

Daya Tarik Makanan Khas Madura, Resep Soto Mata Sapi

Bahan-bahan yang kamu perlu siapkan diantaranya 2 pasang mata sapi, tetelan sebanyak 1 hingga 2 genggam, tomat sebanyak 1 buah, daun bawang 1 sampai 2 batang, cabe rawit 3 sampai 5 biji, minyak goreng, bawang goreng, bawang merah dan putih masing-masing sebanyak 4, kunyit, jahe, sere, kemiri 2 butir, ketumbar sebanyak 1 sendok teh.

Kemudian untuk cara membuatnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Cara yang pertama bersihkan terlebih dahulu semua bahan termasuk mata sapi dan tetelan hingga bersih, potong tetelan kecil-kecil lalu rebus kedua bahan tersebut.
  • Jika sudah agak matang dan setengah lembut, kamu bisa mengangkatnya dan membuang air tadi dengan menggantinya dengan yang baru.
  • Kemudian selanjutnya bumbu-bumbu seperti bawah, kunyit, jahe, kemiri dan ketumbar ditumbuk hingga halus dan ditumis sampai tercium bau harum.
  • Jika sudah harum, kamu bisa memasukkan air yang baru tadi dan didihkan.
  • Setelah itu kamu bisa memasukkan mata sapi dan tetelan yang telah direbus sebelumnya.
  • Selanjutnya kamu bisa menambahkan gula, garam dan penyedap rasa sampai rasanya pas.
  • Jika dirasa sudah pas, kamu bisa menambahkan tomat yang dipotong tipis dan cabai.
  • Setelah mata sapi dan tetelan benar-benar matang artinya soto sudah siap untuk dinikmati. Kalau kamu menginginkan kuah yang kental khas dari Madura, kamu bisa merebusnya selama 3 sampai 5 jam.
  • Selanjutnya tambahkan pelengkap seperti daun bawang dan bawang goreng di atasnya.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara membuatnya? Soto mata sapi biasa disajikan dengan ketupat atau topak. Apakah kamu tahu apa itu topak?

Topak adalah beras yang dicetak seperti lontong namun pembungkusnya di sini menggunakan daun kelapa. Nah bahan pelengkap lainnya, kamu juga bisa menambahkan kecambah, kacang, jagung, dan perasan air jeruk juga.

Keunikan dari soto yang satu ini agak berbeda dengan soto yang biasanya. Jadi kamu jangan kaget jika melihat penampilan soto yang satu ini ya. Karena kuah yang ada di soto ini berwarna merah karena adanya cabai merah di dalamnya dan merupakan ciri khas dari soto Madura.

Untuk menikmati soto mata sapi kamu bisa mengeluarkan biaya 12 ribu saja untuk satu porsinya. Nah bagi kamu yang penasaran namun tidak suka dengan mata sapi, jangan khawatir karena kamu bisa memesannya tanpa mata sapi loh. Jadi kamu tetap bisa mencicipi kuliner yang satu ini walaupun tidak ada mata sapi di dalamnya.

BACA JUGA  Melihat Surabaya dari Ketinggian: Menikmati Pemandangan dari Gedung Tertinggi