Kuliner Unik dari Bangkalan, Soto Mata Sapi

Diposting pada

Wisata kuliner Indonesia memang selalu membuat takjub, semua daerah pasti memiliki keunikan dan cita rasa yang sayang untuk dilewatkan. Begitu juga Soto Mata Sapi dari Bangkalan.

Kita tahu bahwa salah satu makanan berkuah yang paling digemari oleh orang Indonesia adalah soto. Soto memiliki jenis dan isiannya berbeda-beda di setiap daerah. Beragam jenis soto menjadi ciri khas masing-masing wilayah. Misalnya Soto Bogor, Soto Lamongan, Soto Kudus, dan Soto Madura.

Soto Khas Madura

Soto Madura, salah satu makanan khas Madura. Soto Madura dibagi beberapa jenis, salah satunya yakni soto mata sapi. Soto unik ini hanya ada di Madura. Soto ini memakai nama tersebut karena memang isiannya yang menggunakan rebusan mata sapi.

Jangan kaget, jika ketika Anda menyantap hidangan ini, ketika Anda mengaduk isian soto maka akan muncul mata sapi. Bagian mata sapi ini masih berbalut daging dan tulang, sehingga bagi penyuka makanan ektrem, soto mata sapi ini wajib Anda coba ya.

Jam Buka

Soto  ini berada di desa Pancar, Kecamatan Burneh, Bangkalan Madura. Buka dari jam 9.00 pagi sampai jam 16.00 WIB sore. Tempatnya memang bukan sekelas restoran atau kafe mewah, hanya dengan sebuah bangunan sederhana dengan kursi anyaman yang lebar untuk tempat duduk pengunjung.

Meskipun sederhana, namun kebersihan selalu menjadi yang utama. Untuk seporsi soto  bisa Anda beli dengan harga Rp.25.000 sedangkan soto daging sapi dikenakan harga Rp.15.000, jika ingin menambahkan ketupat atau topak ke dalam mangkok soto Agan dan Sista hanya perlu menambah seribu rupiah.

BACA JUGA  Kuliner Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi : Rasakan Kelezatan Lokal di Tengah Kota

Soto  ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah yang telah digiling halus dan bumbu khas Soto Bangkalan sebagai bumbunya. Soto ini tidak menggunakan kunyit seperti soto yang ada pada umumnya. Bahan yang digunakan untuk soto ini adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi. Semua bahan dasar Soto  membutuhkan waktu lima jam, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat.

Cara Membuat Soto Mata Sapi

Jika Anda ingin membuatnya di rumah tanpa harus datang lebih dulu ke Madura, maka Anda pun bisa. Caranya seperti di bawah ini.

Bahan-bahan

Dibawah ini bahan untuk membuat yang harus Anda siapkan.

Bahan utama

– 2 bola mata sapi yang telah dikuliti dari daging

– 2 genggam tetelan

– 1 buah tomat

– Cabai rawit gelondongan

– Minyak goreng

– Bawang goreng

– 1 ikat daun sop

– 1 ikat daun bawang

Bahan bumbu halus

– 4 siung bawang merah

– 4 siung bawang putih

– Kunyit ukuran satu jempol

– 1 batang serai

– 1 batang daun bawang

– 2 kemiri

– Jahe ukuran satu jempol

– 1 sendok teh ketumbar (2)

Cara Membuat

  1. Tahap pertama, Anda harus mencuci bersih mata sapi dan tetelan, lalu iris tetelan sesuai selera, setelah itu rebus dengan air hingga tenggelam. Setengah lembut, angkat serta buang air bekas rebusan tadi. Gantilah air rebusan tersebut dengan air yang baru.
  1. Kemudian haluskan bumbu, dan tumis hingga harum. Jika sudah harum, masukkan ke dalam air tadi. Lalu hidupkan kembali apinya.
  1. Setelah rebusan air mendidih, masukkan mata sapi dan tetelan yang sudah direbus setengah lembut tadi. Selanjutnya Anda bisa tambahkan penyedap rasa dan gula sesuai selera.
  1. Masukkan irisan tomat, cabai gelondongan yang sudah di siapkan. Setelah daging dirasa matang, matikan api lalu tuang ke wadah.
  1. Sajikan dengan taburan irisan daun bawang, daun sop, dan bawang goreng.
BACA JUGA  Ini Dia 5 Makanan Khas Surabaya Paling Populer

Demikianlah informasi mengenai kuliner soto mata sapi yang sangat terkenal