Kopi Mengkudu, Minuman Khas Sampang dengan Cita Rasa yang Unik!

Diposting pada

Ada beberapa orang yang memiliki pantangan meminum kopi, tak jarang kopi mengkudu minuman khas Sampang ini dijadikan alternatifnya. Apalagi yang sedang berwisata atau kulineran di Sampang, sajian kopi ini salah satu yang lumayan banyak dicari.

Hal ini karena tidak pungkiri dari khasiat buah mengkudu sendiri. Buah berbau tajam ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Saat ini mengkudu banyak diolah dalam berbagai macam produk. Ada yang menyajikan mengkudu dengan jus, dibuat bahan rujak bahkan ada yang sampai dibuat produk mengkudu dengan kapsul.

Tapi yang umum di Sampang mengkudu dibuat sebagai kopi. Menjadi hidangan minuman hangat yang menyehatkan untuk para wisatawan di Sampang. Cita rasanya pun unik dan pastinya berbeda dengan rasa kopi biji biasanya.

Bagaimana Proses Pembuatan Kopi Mengkudu Minuman Khas Sampang?

Bagi para pelancong yang sudah penasaran bagaimana proses pembuatan kopi mengkudu khas Sampang ini, berikut kami jelaskan tiap langkahnya:

Dibuat dengan Memilih Mengkudu yang Matang

Pembuatan kopi mengkudu memang sangat sederhana. Ini juga dikatakan oleh para pembuatnya yang memang menekuni bisnis kopi mengkudu ini.

Pertama-tama untuk membuat kopi mengkudu harus memilih mengkudu yang betul-betul. Jadi diperhatikan kematangannya supaya nanti dapat menghasilkan kopi mengkudu sesuai dengan harapan dan cita rasanya pun pas.

Buah Mengkudu Diiris Tipis

Setelah memilih buah yang matang, kemudian setelah dicuci bersih buah mengkudu diiris tipis-tipis. Ini dilakukan agar saat dijemur cepat kering sehingga dapat menghasilkan kopi mengkudu minuman khas Sampang yang nikmatnya khas.

BACA JUGA  4 Rekomendasi Kuliner Surabaya Pagi Hari Patut Dicoba

Sebab, kalau tidak cepat kering, juga akan mempengaruhi cita rasanya. Apalagi jika cuacanya tidak mendukung tentu saja akan memperlambat proses penjemuran buah mengkudu kalau tidak diiris tipis-tipis.

Irisan Buah Mengkudu Dijemur

Dalam proses penjemuran mengkudu yang sudah diiris tipis-tipis tidak menggunakan microwave. Tapi langsung dijemur sebagaimana masyarakat Sampang melakoninya.

Pada tahap pencemaran tentu saja buah mengkudu harus sangat kering. Hal ini agar tidak menghambat proses sangrai dan cita rasa yang dihasilkan dari kopi mengkudu akan tetap khas dan nikmat.

Jadi, sama halnya dengan kopi, pembuatan kopi dengan buah mengkudu juga melewati proses penjemuran. Hanya saja nantinya rasanya sangat berbeda dengan kopi yang biasa Anda cicipi setiap hari.

Melewati Proses Sangrai

Untuk pembuatan minuman khas Sampang ini juga melewati proses sangrai, sama halnya dengan kopi. Proses menyangrainya pun juga sama dengan kopi yaitu hingga berwarna kehitaman.

Jadi, untuk proses ini memerlukan kesabaran dan harus dipastikan buah mengkudu garing sempurna dan siap ditumbuk.

Kopi Mengkudu Minuman Khas Sampang Juga Ditumbuk Seperti Kopi

Kita ketahui kalau kopi agar bisa diseduh harus berbentuk bubuk. Demikian juga kalau membuat kopi mengkudu, proses tumbuh hingga menjadi serbuk juga perlu dilakukan.

Tentu saja proses ini dilakukan setelah melewati proses sangrai dan betul-betul sempurna kematangannya. Jadi, pastikan saat disangrai warnanya sampai kehitaman, kalau sudah itu bisa dilanjut untuk menumpuknya sampai halus.

Jika sudah halus sempurna maka kopi berarti siap diseduh. Caranya sama seperti penyajian kopi pada umumnya yaitu dengan menuangkan air hangat dan tambahan gula. Hanya saja, perbedaannya nanti di cita rasanya akan sangat khas buah mengkudu.

Bagi para wisatawan kuliner cocok sekali memilih kopi mengkudu minuman khas Sampang ini untuk menemani acara camping Anda di daerah ini. Pastinya akan memberikan kehangatan yang khas karena memang kita rasanya unik berbeda dengan kopi biasanya.

BACA JUGA  Wajib Dicoba! 6 Makanan Khas Surabaya