Keripik Tette Khas Pamekasan

Diposting pada

Madura merupakan sebuah daerah yang sangat terkenal akan kuliner yang dimilikinya, tidak hanya terkenal karena wisata alam yang memukau dari ujung pukul ujung. Tetapi Madura juga terkenal akan kuliner nikmat yang dimilikinya, seperti daerah Pamekasan yang sangat terkenal akan kuliner khas seperti keripik Tette yang terkenal bukan hanya di pamekasan tetapi hingga ke daerah luar Madura sekalipun.

Keripik ini terbuat dari bahan singkong jenis umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat yang dimilikinya. Sejak dulu memang singkong terkenal sebagai bahan olahan yang dapat dibuat berbagai kuliner, baik itu kue, keripik, bahkan dijadikan makanan pengganti karbohidrat. Sebab selain mengandung banyak karbohidrat juga singkong memiliki cita rasa yang sangat begitu nikmat dan layak untuk dicoba.

Untuk jenis singkong sendiri memiliki jenis yang sangat begitu beragam, bila biasanya di daerah luar menjadikan kerupuk singkong dari jenis singkong sembarangan. Maka berbeda dengan kerupuk singkong dari pamekasan ini yang hanya menggunakan singkong mentega dalam pembuatannya. Singkong mentega adalah singkong yang berwarna kuning dengan tekstur yang sangat begitu empuk, kenyal dan juga begitu legit ketika digigit.

Ddalam bahasa Madura atau pamekasan jenis singkong mentega ini disebut dengan sabrang koneng, keripik singkong ini memiliki bentuk dan rasa yang sangat begitu unik tapi sangat begitu nikmat dan menyenangkan. Berbeda dengan keripik singkong lainnya yang diserut memipih, tapi untuk keripik tette ini masih diolah dengan cara tradisional yakni dengan cara etette yang artinya dipipihkan dengan sebuah batu atau balok kayu.

Jadi untuk penamaan keripik ini mengikuti dengan cara pengolahan keripik yang sangat unik dan begitu tradisional. Cara yang berbeda ini akan membuat kripik khas pamekasan ini sangat unik dan berbeda sehingga sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh ketika sedang mengunjungi pamekasan.

BACA JUGA  Objek Wisata Air Terjun Duko yang Wajib Dikunjungi

Cara Membuat

Untuk membuat keripik tette ini maka Anda harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu, sebab keripik ini hanya bisa dibuat dengan singkong kuning saja yang memiliki tekstur dan cita rasa yang berbeda. Bila Anda telah memiliki singkong kuning maka Anda bisa menyimak informasi mengenai cara membuatnya berikut ini;

-Kupas singkong kuning terlebih dahulu kemudian bersihkan hingga getah singkong bersih

-Potong memanjang kurang lebih 10 cm

-Rebus singkong hingga empuk

-Setelah empuk iris tipis-tipis singkong tersebut

-Bila semuanya sudah diiris tipis-tipis maka Anda bisa memipihkannya menggunakan batu maupun kayu balok yang bersih

-Setelah itu jemur singkong pipih hingga kering dibawah sinar matahari

Untuk waktu pengeringan singkong sendiri tidak lama tergantung dengan panasnya matahari, jangan menjemur terlalu kering tetapi juga tidak boleh basah, sehingga Anda harus rajin dalam melihat jemuran singkong Anda.

Pada awalnya keripik tette ini hanya dikenal di pamekasan saja tetapi berkat adanya kegiatan usaha masyarakat maka keripik ini mulai dikenal di seluruh daerah Madura sebagai kuliner khas yang bisa menjadi oleh-oleh ketika berkunjung ke pamekasan dan Madura.

Keripik singkong tette ini juga saat ini sudah banyak dijual di toko oleh-oleh hingga toko online juga sudah banyak menjual kuliner khas Madura ini. Jadi untuk Anda yang penasaran bagaimana rasa dari keripik ini maka Anda bisa membelinya di online store pamekasan yang banyak menjajakan makanan ini.

Demikianlah informasi mengenai keripik tette khas pamekasan yang sangat begitu viral sebagai oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke pamekasan ataupun Madura.

BACA JUGA  Kuliner Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi : Rasakan Kelezatan Lokal di Tengah Kota