Inilah Deretan Makanan Khas Surabaya dari Daging yang Wajib Anda Coba

Diposting pada

Perlu diketahui bahwa setiap kota atau daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khasnya tersendiri. Di mana, bahan utama yang digunakan pun bermacam-macam, seperti salah satunya ialah daging. Ada beberapa makanan khas Surabaya dari daging yang tentu saja sangat menarik untuk dicicipi.

Perlu diketahui bahwa daging merupakan sumber protein hewani yang banyak disukai oleh orang-orang. Selain kaya akan protein, daging juga kaya akan kandungan mineral di dalamnya, seperti zat besi. Manfaat yang didapat dari mengonsumsi daging pun cukup banyak dan memang sangat baik untuk tubuh.

Surabaya sendiri ternyata tidak hanya kaya akan tempat wisata, tetapi ada beberapa makanan khas yang berbahan utama daging dan sangat melegenda. Berbagai makanan tersebut tentunya memiliki bumbu khas yang membuatnya digemari banyak orang.

Deretan Makanan Khas Surabaya dari Daging

Makanan Rawon8F0CEF25 3910 4648 BCDB 10121DA7967A

Nampaknya rawon menjadi salah satu makanan khas Surabaya dari daging yang banyak direkomendasikan oleh orang-orang. Bahkan memang banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota pahlawan ini. Cita rasa dan warna yang khas membuat siapa saja pasti ketagihan dengan rawon.

Rawon sendiri merupakan daging dengan kuah hitam. Di mana, warna hitam tersebut berasal dari kluwek. Kluwek sendiri ialah salah satu bumbu dapur uang bentuknya sangatlah mirip dengan batu. Memiliki warna abu-abu dan isinya hitam kecokelatan. Selain itu, kulitnya pun sangat keras.

Selain kluwek, tentu saja ada bumbu lain yang digunakan untuk memasak rawon. Seperti di antaranya ialah ketumbar, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, sampai dengan jinten. Biasanya, selain disajikan dengan nasi putih hangat, rawon juga sering disajikan dengan telur asin. Tidak lupa juga ditambah dengan kerupuk.

BACA JUGA  Sate Lalat Khas Pamekasan

Makanan Sate Klopo

8209BEA9 4EA2 421B BB17 761315E8E4BB
Makanan khas Surabaya dari daging
yang selanjutnya ialah sate klopo. Sate yang satu ini berbeda dengan sate daging pada umumnya. Di mana, sate klopo berbahan dasar potongan daging sapi yang sebelumnya sudah dimarinasi dengan parutan kelapa yang berbumbu.

Sehingga, saat dibakar pun akan mengeluarkan aroma yang berbeda. Setelah selesai dibakar, sate klopo biasanya akan diberi sambal kacang dan kecap manis. Benar-benar menggugah selera, bukan? Umumnya, sate klopo sendiri biasa disajikan dengan nasi hangat.

Krengsengan Daging

C7C40FE4 A772 4FDE B244 5D7EF17C20E8

Kalau makanan yang satu ini tidak hanya berbahan dasar daging sapi, tetapi juga ada yang menggunakan daging kambing. Krengsengan sendiri biasanya dijual di warung-warung dekat sekolah dan memang banyak yang menyukainya. Cita rasanya yang sangat lezat membuat siapa saja pasti ketagihan dengan makanan satu ini.

Krengsengan sendiri merupakan daging yang dimasak dengan beraneka macam rempah, asam Jawa, petis, dan juga kecap. Cara menyajikan makanan khas Surabaya dari daging ini ialah dihidangkan bersama dengan mie goreng dan juga nasi putih. Nantinya, akan dibungkus menggunakan daun pisang.

Sate Karak

99626CA3 22F2 43AC 9C1D 1C1CA6F71127
Selain sate klopo, ternyata Surabaya juga memiliki sate karak. Sebenarnya, bahan utama untuk membuat sate karak bukanlah daging sapiĀ  melainkan jeroan daging atau bagian usus sapi. Meskipun memang keberadaannya sudah mulai langka, tetapi sate ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan sulit untuk dilupakan.

Sebelum dibakar, jeroan sapi ini akan diberi bumbu terlebih dahulu. Kemudian ketika dibakar pun akan diberikan campuran bumbu kecap asin. Sate karak biasanya dihidangkan dengan ketan hitam dan nantinya akan diberikan kelapa parut juga bumbu kacang.

Demikianlah deretan makanan khas Surabaya dari daging.

BACA JUGA  4 Rekomendasi Tempat Makan di Sumenep