Inilah Deretan Jajanan Pasar Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Diposting pada

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia. Sama seperti beberapa kota lainnya, sudah pasti kota ini memiliki berbagai kuliner khasnya. Tidak melulu soal makanan berat, tetapi ada juga jajanan pasar khas Surabaya yang wajib dicoba.

Jajanan pasar memang menjadi pilihan terbaik ketika sedang mencari makanan khas dari suatu daerah. Sebab memang ada banyak sekali macam jajanan pasar yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Menariknya, makanan yang tersedia bukan makanan manis saja, tetapi ada juga gurih, atau pedas.

Untuk Anda yang penasaran jajanan pasar apa saja yang dimaksud di sinu, berikut ulasan singkatnya.

Beberapa Jajanan Pasar Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

Jajanan Klanting

Jajanan pasar pertama yang bisa ditemukan adalah klanting. Jajanan yang satu ini biasa disebut dengan nama cenil. Memiliki rasa yang manis dan enak, ternyata jajanan pasar khas Surabaya ini terbuat dari tepung beras atau ketan.

Cenil atau Klanting sendiri memiliki bentuk lonjong dan tekstur yang kenyal. Proses pembuatannya pun dibuat dengan cara direbus. Biasanya, ketika matang maka klanting akan disajikan dengan parutan kelapa muda dan saus gula merah.

Untuk Anda yang mau mencicipi jajanan satu ini, maka bisa menemukannya di penjual klanting yang berada di Jl. Prof Der Moetopo Surabaya. Satu porsinya bisa didapat dengan harga terjangkau, yaitu Rp. 5.000 saja.

Jajanan Bubur Madura

Jajanan pasar khas Surabaya yang selanjutnya adalah bubur Madura. Bubur yang satu ini memiliki cita rasa manis dan terdiri dari campuran bubur ketan hitam, bubur sumsum, bubur mutiara, dan bubur candil.

BACA JUGA  Pengalaman dengan Berbagai Tekstur dalam Satu Mangkok; Lontong Kikil Khas Surabaya

Yang membuat bubur ini jadi enak adalah siraman gula merah dan santannya. Dijamin, siapa pun pasti menyukai bubur yang satu ini. Untuk bisa mendapatkan bubur ini, Anda bisa pergi ke pasar atom Surabaya.

Jika Anda tidak sempat ke pasar atom, bisa juga menemukannya di sekitaran area supermarket atau pedagang keliling. Bubur Madura sendiri memiliki harga terjangkau, yaitu sekitar Rp. 8.000/ porsi.

Jajanan Kue Bikang Peneleh

Kue bikang peneleh menjadi salah satu jajanan pasar khas Surabaya selanjutnya. Jajanan pasar ini banyak disukai dan dicari. Hal tersebut dikarenakan kue bikang peneleh menjadi salah satu jajanan legendaris khas Surabaya.

Anda bisa menemukan kue ini di toko yang terletak di Jl.Peneleh 32-34 atau bisa juga di pasar atum stand promosi tahap 3. Toko ini ternyata sudah berdiri selama 30 tahun. Tidak heran jika banyak orang ke sini untuk mencari kue bikang peneleh.

Jajanan Tahwa

Jajanan lain yang bisa Anda cicipi ketika pergi ke Surabaya adalah Tahwa. Jajanan yang terbuat dari sari kacang kedelai ini memiliki bentuk seperti puding dengan tekstur yang sangat lembut. Biasanya, tahwa dijadikan sebagai jajanan untuk menghangatkan tubuh.

Tahwa sendiri biasanya disajikan dengan wedang jahe hangat. Sehingga memang sangat cocok disantap ketika sedang turun hujan. Jajanan pasar khas Surabaya ini bisa dengan mudah ditemukan di pedagang pinggir jalan.

Jajanan Kuweh Dollar

Terakhir ada jajanan kue dollar. Jajanan ini sudah ada sejak dulu dan memang masih terkenal sampai saat ini. Kue dollar sendiri terbuat daei tepung terigu, gula, telur, mentega, air, dan beberapa bahan lain yang dibuat membentuk kepingan koin.

Nah, itulah beberapa jajanan pasar khas Surabaya yang wajib untuk Anda cicipi. Masih banyak jajanan pasar lain yang bisa ditemukan di sana.

BACA JUGA  Cafe Instagenic Tempat Nongkrong Favorit Anak Hits Surabaya, Wajib Cobain