Inilah Beberapa Penjual Tahwa Khas Surabaya

Diposting pada

Jajanan pasar tiap daerah tentu saja berbeda. Mereka memiliki cita rasa yang khas dan tentunya hanya bisa ditemukan di tempat asalnya. Salah satu jajanan tradisional yang bisa ditemukan adalah tahwa khas Surabaya.

Jajanan pasar satu ini biasanya disantap ketika cuaca dingin. Hal ini dikarenakan Tahwa sendiri memiliki kuah ronde yang bisa menghangatkan badan. Selain itu, Tahwa juga bisa menyegarkan tenggorokan.

Tahwa sendiri merupakan kuliner yang berasal dari etnis Tionghoa. Jajanan pasar ini memiliki tekstur lembut seperti puding dan berwarna putih. Tahwa terbuat dari sari kacang kedelai.

Tahwa khas Surabaya ini biasa dijadikan dengan menggunakan sedikit kacang kedelai yang masih berbentuk dan juga kacang tanah. Setelah itu, akan disiram dengan kuah jahe atau kuah ronde. Untuk Anda yang masih mencari penjual Tahwa, berikut beberapa pilihannya.

Beberapa Penjual Tahwa Khas Surabaya.

Tahwa Penjaringan Sari

Pertama ada Tahwa penjaringan sari yang biasa berjualan di perumahan penjaringan sari. Biasanya, penjual tahwa ini berada tepat di depan patung polisi Medokan 3 Surabaya. Tahwa satu ini memiliki kuah jahe yang konsisten.

Kuah jahenya yang hangat memang akan sangat menyegarkan tenggorokan. Jajanan pasar satu ini akan lebih nikmat jika dimakan bersama cakwe.

Tahwa Cak Man

Penjual tahwa khas Surabaya yang selanjutnya adalah Cak Man. Jajanan pasar ini biasanya sangat dicari oleh orang-orang pada pagi hari. Hal ini dikarenakan, tahwa sering dimakan untuk sarapan.

Anda bisa menemukan tahwa ini di sekitar Jl. Kertajaya Gubeng, Kota Surabaya. Salah satu hal yang khas dari Cak Man adalah biasa berjualan dengan menggunakan gerobak sepeda motornya.

BACA JUGA  4 Rekomendasi Sentra Wisata Kuliner Surabaya, Murah dan Asik

Salah satu hal yang khas dari tahwa Cak Man ini adalah kuah jahenya yang tidak terlalu manis. Sehingga, sangat digemari oleh orang-orang, terutama untuk menemani sarapan.

Tahwa khas Surabaya ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan harganya yang murah. Hanya dengan Rp. 5.000 saja Anda sudah bisa mendapatkan tahwa ini. Jika ingin menambahkan cakwe, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 1.000.

Tahwa & Ronde Kitty

Kemudian ada juga Tahwa & Ronde Kitty yang bisa ditemukan di Pasar Atum. Tahwa satu ini bisa ditemukan dengan mudah di Jl. Bunguran No.45 Bongkaran Pabean Cantikan, yang berada di lt. II Tahap II stand 2058H.

Menariknya, kedai satu ini tidak hanya menyediakan tahwa saja, tapi juga menyediakan menu ronde yang sangat kenyal dan tidak terlalu manis. Menariknya, baik tahwa atau ronde di sini memiliki kuah jahe yang pas di lidah warga Surabaya. Sehingga, memang banyak yang mencari tahwa dan ronde di sini.

Tahwa Cak Yudi

Tahwa khas Surabaya yang terakhir adalah tahwa Cak Yudi. Cak Yudi sendiri biasa berjualan di samping kolam renang Darmo Harapan Surabaya. Sama seperti beberapa tahwa di atas, tahwa ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

Hanya dengan Rp. 6.000 saja, Anda sudah bisa menikmati seporsi tahwa Cak Yudi. Satu hal yang menjadi ciri khas dari tahwa ini adalah taburan kacang yang gurih. Belum lagi dilengkapi dengan kuah jahenya yang memiliki cita rasa sedikit pedas.

Demikianlah beberapa penjual tahwa khas Surabaya yang bisa Anda temukan. Berbagai penjual di atas sangat mudah ditemukan. Belum lagi harganya sangatlah terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan.

BACA JUGA  Keripik Tette Khas Pamekasan