Ini Dia 5 Makanan Khas Surabaya Paling Populer

Diposting pada

Kota Surabaya merupakan salah satu kota dengan banyak tempat wisata dan kuliner. Selain itu ada banyak makanan khas surabaya paling populer yang wajib Anda coba jika berkunjung ke kota yang diberi julukan kota pahlawan.

Namun tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba makanan khas di daerah tersebut dan ada banyak makanan dengan cita rasa yang unik dan hanya bisa ditemukan di Surabaya. Maka sebelum berkunjung ke Surabaya, Anda wajib tahu apa saja makanan yang harus dicoba.

5 Makanan Khas Surabaya Paling Populer

Beberapa menu makanan khas Surabaya berikut ini wajib Anda datangi karena tidak ditemukan ditempat lain. Bahkan ada yang sampe viral dan harus ngantri dari pagi kalau ingin makan di tempat ini. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Surabaya yang wajib dicoba.

Rujak Cingur

26D0E860 F14F 4BF3 AF14 F6ABB1D7FC32

Yap, Anda akan sulit menemukan Makanan Khas Surabaya Paling Populer yang satu ini karena hanya ada di kota pahlawan. Berbeda dengan rujak biasanya, rujak cingur ini menggunakan moncong sapi yang direbus ditambah dengan bumbu rujak manis pedas yang khas.

Rujak cingur ini cocok dimakan dengan tauge, kankung, tahu dan lontong. Sedangkan untuk rujak yang dicampur buah menggunakan nanas, bengkuang, timun atau manga muda. Anda bisa menemukan makanan ini di sepanjang jalan di Surabaya. Harga nya juga terjangkau mulai dari Rp20.000 saja.

Kepiting Cak Gundul

Berikutnya makanan yang wajib Anda coba yaitu kepiting cak gundul, bagi penggemar seafood pasti ngiler sih karena kuliner yang satu ini sudah ada sejak 1992 dan sangat legendaris. Selain rasanya yang lezat, kepiting disini juga ukurannya jumbo jadi banyak dagingnya.

BACA JUGA  Menguak Kembali Wisata De Javache Bank Surabaya

Bukan hanya kepiting biasanya restoran ini juga menjual beberapa menu makanan lain seperti cumi, ayam, udang dan ikan. Kalau Anda tertarik untuk mencoba Makanan Khas Surabaya Paling Populer ini Anda bisa langsung datang ke restoran yang ada di sepanjang jalan Surabaya.

Tahu Campur

C8461917 1B76 4003 9375 401926C101D7

Selain makanan diatas Anda juga wajib mencoba makanan yang tidak kalah enak dan terkenal yaitu tahu campur. Buat Anda yang senang makanan berkuah wajib coba sih, tahu campur ini punya rasa yang seger dan gurih, cocok dimakan kala hujan.

Bahan-bahan campurannya yaitu sayuran, tahu goreng, perkedel, daging, tauge dan mie kuning. Kemudian disiram dengan kuah kaldu yang gurih dan ditambah petis, tahu campur ini juga banyak dijual di pinggiran jalan Surabaya jadi jangan sampe ketinggalan.

Sate Klopo

FDA54339 0772 474B 9130 933A54FE84A6

Berikutya ada lagi Makanan Khas Surabaya Paling Populer dan tidak kalah enak yaitu sate klopo, buat Anda yang tidak tahu ap aitu klopo, klopo yaitu kelapa. Artinya satu klopo itu sate kelapa, apa iya? Tidak demikian jadi kelapa disini hanya dijadikan campuran dan bahan utamanya tetap daging yang diiris tipis.

Kemudian dibakar dan wangi dari kelapa bakar nya ini yang membuat perut keroncongan. Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di beberapa jalan utama yang ada di Kota Surabaya. Untuk Anda yang senang gurih wajib coba sate satu ini.

Lontong Balap

A8B41459 5829 4B9F B1E3 2D68D5B7EB24

Selain itu, ada lagi makanan khas Surabaya lain yang tidak kalah enak yaitu lontong balap, bagi beberapa orang makanan ini tidak asing lagi. Kurang afdol rasanya kalau tidak mencicipi lontong balap ini, makanan yang dicampur lontong, tauge, tahu, daging sapi dan lento ini disajikan dengan bumbu petis siram yang gurih.

BACA JUGA  Kuliner Surabaya Barat Paling Enak Dan Favorit, Ada Menu Indonesia Sampai Jepang

Nah, itu dia ulasan singkat seputar 5 Makanan Khas Surabaya Paling Populer yang wajib Anda Cobain.