Informasi Wisata Museum Cakraningrat

Diposting pada

PIR

Madura bukan hanya memiliki berbagai wisata dengan keindahan alamnya, namun juga ada wisata edukasi seperti Museum Cakraningrat. Museum ini memang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, karena bukan hanya memberikan hiburan tapi juga edukasi. Di mana di museum ini akan diperlihatkan berbagai barang peninggalan sejarah yang bisa memberikan kita pelajaran mengenai Madura masa dulu.

Madura memang termasuk salah satu pulau yang cukup kental budayanya, sehingga dengan mengunjungi museum akan membuka wawasan mengenai budaya tersebut. Namun memang sebelum Anda itu mengunjungi museum tersebut, Anda harus mencari tahu mengenai museum dengan benar. Dan berikut ini kami akan coba jelaskan apa saja sih informasi mengenai museum ini yang penting dan harus Anda ketahui.

Alamat Lengkap

Anda harus tahu dulu soal alamat dari museum ini, agar supaya nanti akan memudahkan Anda untuk mencari dan mendatangi museum ini. Untuk alamatnya sendiri kami rasa akan sangat mudah ditemukan, karena museum ini berada di tengah kota Bangkalan ya. Tepatnya itu museum Cakraningrat ini ada di jalan Soekarno Hatta, dan posisinya bersebelahan dengan kantor DPRD Bangkalan juga.

Fasilitas

Meriam Lontar 1

Museum ini sudah pasti sangat dirawat oleh pemerintah Bangkalan, karena memang pengelola dari museum ini adalah pemerintah daerah Bangkalan. Dan di dalam museum ini pun sudah ada cukup banyak fasilitas, sehingga Anda itu pasti akan sangat nyaman untuk berkunjung ke sini. Dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fasilitas yang tersedia.

BACA JUGA  Daya Tarik, Tiket Masuk dan Kegiatan Wisata Gua Kelelawar Sampang

1.     Tempat Parkir

Fasilitas yang pertama itu adalah fasilitas yang sangat dibutuhkan ketika orang pertama datang yakni soal tempat parkir. Tempat parkir dari museum ini pun terbilang cukup luas, sehingga bisa menampung cukup banyak kendaraan.

2.     Mushola

Ibadah untuk umat muslim pun sudah disediakan Mushola untuk para umat Islam berdoa ketika mengunjungi museum ini. Jadi Anda tidak perlu keluar ruangan atau fasilitas karena sudah ada mushola di dalam museum ini.

3.     Toilet Umum

Untuk Anda yang ingin buang air kecil dan sejenisnya, di museum ini pun sudah disediakan toilet umum. Jadi Anda bisa mengunjungi museum Cakraningrat tanpa khawatir ingin buang air kecil atau yang lainnya.

4.     Ruang Informasi

Di museum ini pun sudah ada pusat informasi yang akan membantu Anda mengenai berbagai pertanyaan seputar museum. Anda pun akan bisa mendapatkan informasi soal koleksi yang ada

Jam Operasional

Untuk jam operasional dari museum ini jelas harus Anda ketahui dengan baik, supaya Anda datang pada saat jam buka mereka. Dan untuk jam operasional sendiri itu museum ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Namun hanya untuk hari Senin sampai Jumat, untuk hari libur baik Sabtu dan minggu atau libur nasional pun tutup.

Harga Tiket

Untuk harga tiketnya sendiri pun tidak terlalu mahal ya, malah bisa kami katakan cukup murah dan juga sangat terjangkau ya. Untuk harganya sendiri itu memang sekitar 1000 sampai 10 ribu Rupiah saja per orang, untuk bisa menikmati dan mempelajari sejarah.

Aktivitas Menarik

Tentunya ada beberapa aktivitas yang mungkin cukup menarik untuk dilakukan di museum ini, dan berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Aktivitas yang pertama adalah Hunting foto yang menarik dengan latar belakang barang sejarah dari pulau Madura
  2. Aktivitas yang kedua adalah belajar di museum Cakraningrat
BACA JUGA  Wisata Religi Makam Syaikhona Kholil