Informasi Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

Diposting pada

AC8F871D B330 4BF5 BBCD 53E0E893D58B

Pernah berkunjung ke Tugu Pahlawan Surabaya? Salah satu ikon kota tersebut yang sudah sangat populer.

Surabaya, kota paling timur di Jawa Timur ternyata punya pesona wisata tersendiri. Monumen Tugu Pahlawan adalah satu dari sekian potensi wisata yang menarik perhatian hingga sekarang.

Setiap harinya, beberapa orang terlihat berseliweran untuk menikmati pesona tempat tersebut. Sebagai wisata sejarah, tempat ini cukup ramai didatangi wisatawan baik dari Surabaya, luar kota, bahkan mancanegara.

Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

3A32F8B5 6A31 4DB2 8854 E564069F539A

Kota Surabaya, nyatanya berhasil dibangun oleh semangat para pejuang kemerdekaan. Para pejuang yang gagah berani mempertahankan tanah leluhurnya. Untuk mengenang jasa mereka, Tugu Pahlawan Surabaya ini dibangun.

Keberadaan Tugu Pahlawan seolah menjadi kenangan bagaimana perjuangan ‘arek-arek’ Surabaya menumpas penjajah. Berupa monumen yang dibangun setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik dan berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektar.

Lokasi dan Akses Menuju Tugu Pahlawan Surabaya

2C63232B 648E 4C47 88C5 56F60606AC0C

Selanjutnya soal lokasi, bagi Anda yang ingin berkunjung tentu harus tahu dulu dimana letak monumen ini. Secara administrasi, lokasinya berada di wilayah Kelurahan alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Surabaya.

Tugu Pahlawan Surabaya lebih tepatnya ada di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Bagi yang berasal dari luar kota, bisa menggunakan moda transportasi pesawat dan turun di bandara Soekarno Hatta.

Selain itu, Anda juga bisa mengakses lokasi via kereta dengan pemberhentian stasiun Gubeng. Setelah itu dapat memanfaatkan layanan ojek online, karena titik Tugu Pahlawan sendiri sangat mudah ditemukan.

BACA JUGA  Pengalaman dengan Berbagai Tekstur dalam Satu Mangkok; Lontong Kikil Khas Surabaya

Jam Buka dan Tiket Masuk Tugu Pahlawan Surabaya

Di dalam lokasi tugu, Anda akan menemukan museum untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Di museum ini, ada banyak foto dokumentasi tugu pahlawan sendiri.

Untuk Tugu Pahlawan Surabaya sendiri bukan setiap hari dan gratis. Sementara untuk museumnya buka dari Selasa-Jumat pukul 07.00-15.00 wib dan Sabtu-Minggu jam 07.00-12.00 wib. Tiket masuk museum murah sekali hanya Rp5.000,- saja.

Aktivitas yang Dilakukan

Berkeliling Saat Car Free Day

Waktu kunjungan terbanyak di tugu pahlawan adalah pada saat minggu pagi. Walaupun setiap harinya pun terlihat cukup banyak pengunjung. Namun, khusus minggu pagi ini bertepatan dengan Car Free Day, sehingga lebih puas berkeliling tanpa adanya kendaraan melintas.

Menyaksikan Langsung Kegagahan Tugu

Selama berkeliling, Anda bisa sekaligus bisa menyaksikan kegagahan Tugu Pahlawan yang menjulang setinggi 41 meter secara langsung . Tak jarang para wisatawan memilih untuk mendokumentasikannya dalam bentuk foto sebagai kenang-kenangan.

Menikmati Aneka Hiburan Rakyat

Di sekitar Tugu pahlawan Surabaya pun tak jarang diadakan aneka hiburan rakyat. Anda bisa menikmatinya sekaligus bersantai. Ada yang menampilkan tarian tradisional dan masih banyak lagi.

Menikmati Kuliner Sembari Bersantai

Jangan lupa di beberapa sudut objek wisata Surabaya ini, Anda juga bisa menemukan banyak penjual makanan. Semua menawarkan rasa yang lezat dan otentik. Tugu Surabaya pun dibangun di atas Kawasan alun-alun berupa lapangan luas lengkap dengan pepohonan rindang. Bersantai sambil makan tentu menjadi daya tarik tersendiri di sini.

Mampir ke Museum

Ada juga museum 10 November yang berada di dalam Kawasan Tugu Pahlawan. Terdiri dari 2 lantai dan menyimpan sejumlah peninggalan bersejarah tentang peristiwa 10 November 1945. Disampaikan lewat koleksi foto, diorama, hingga film sehingga sangat menarik.

BACA JUGA  Bukit Kapur Arosbaya: Surga Yang Tersembunyi Di Madura

A14AE270 94F9 4181 B012 D761121F25F3

Itu dia tadi review tentang Tugu Pahlawan Surabaya. Rekomendasi wisata sejarah di Surabaya yang juga telah memilih fasilitas terbaik. Mulai dari trotoar berkanopi dan lingkungan bersih sehingga sangat direkomendasikan.