Hutan Kera Nepa, Objek Wisata Legendaris di Sampang Madura

Diposting pada

Konon ceritanya hutan kera Nepa merupakan tempat Bindoro Gong membabat alas Pulau Madura pertama kali pada abad XII-IX. Bindoro Gong sendiri sebenarnya seorang pendatang yang mendirikan kerajaan pertama di Madura.

Kerajaan yang pertama kali didirikannya tersebut kemudian diwariskan kepada putranya bernama Raden Segoro. Setelah wafat putra Bindoro Gong ini dimakamkan dengan penanda atau nisan berupa kayu pohon di tengah hutan.

Cerita mitos atau legenda dari objek wisata di Sampang Madura ini telah banyak beredar sekaligus menjadi pusat perhatian masyarakat. Hal ini dikarenakan di daerah tersebut ini dihuni oleh ratusan kera nyentrik.

Mitosnya, kera tersebut apabila didatangi untuk diburu maka segerombolan kera tersebut akan menghilang. Tetapi jika didatangi untuk bersahabat kera itu akan sangat ramah dan jinak seperti hewan piaraan pada umumnya.

Panorama Wisata Alam Hutan Kera Nepa yang Ikonik dan Unik

Hutan kera yang terletak di desa Nepa kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang ini memiliki panorama yang

Identik dengan Tumbuhan Pohon Kelapa Kecil

Diberi nama wisata hutan kera tentu saja bukan tanpa alasan. Hal tersebut sebenarnya dikarenakan pada zaman dahulu di sekitar hutan kera tersebut banyak ditumbuhi pohon kelapa kecil atau sejenis pohon aren sehingga akhirnya disebut dengan nama Nepa.

Bila diperhatikan sekilas wisata hutan kera di Sampang ini mirip dengan wisata hutan monyet yang ada di Pulau Dewata atau yang dikenal dengan hutan monyet Sangeh. Hanya saja, wisata ini lebih identik pada pohon yang tumbuh di hutan tersebut, di mana pada akhirnya sebutan hutan Nepa menjadi ciri khasnya.

BACA JUGA  Mengenal Destinasi Wisata Baru Waduk Klampis, Sampang Jawa Timur

Terdapat Banyak Gerombolan Kera

Ketika Anda sudah sampai di hutan kera Nepa di Jaddih barat Kabupaten Sampang ini anda akan langsung disuguhi dengan pemandangan alam berupa segerombolan kera dengan panorama penuh kehijauan. Anda tidak perlu khawatir diserang oleh kera-kera di sana karena sudah dipastikan ramah dan jinak.

Disarankan untuk berinteraksi dengan paragraf anda bisa dengan memberikan makanan favorit mereka. Contohnya dengan memberi jagung mentah yang sudah tua atau makanan lainnya.

Bila Anda berkunjung perlu menjaga sikap secara baik supaya kedatangan anda tidak membuat kera merasa terusik dan terganggu. Selain itu dengan tujuan menjaga kelestariannya tetap di dalam hutan Nepa tersebut.

Hal tersebut sudah menjadi aturan para pengunjung yang berkunjung ke wisata hutan kera ini. Jadi pastikan Anda menaati peraturan ini supaya berlibur Anda ke wisata ke hutan kera ini lebih seru dan menyenangkan tanpa ada kekacauan di lokasi.

Lokasi Wisata Hutan Kera Nepa di Pedalaman

Perlu Anda ketahui bahwa lokasi wisata hutan kera di Sampang ini lumayan terpencil sehingga sedikit sulit untuk dijangkau. Tetapi Anda bisa mendapatkan pengalaman seru berkunjung ke tempat wisata di Sampang ini sambil menikmati pemandangan alam yang khas di perjalanan menuju hutan.

Untuk sampai ke hutan kera ini anda sudah disediakan transportasi yaitu angkutan umum sejenis L300. Nantinya transportasi inilah ia akan menemani Anda melaju ke gerombolan ratusan kera berada di hutan Nepa.

Itulah sekilas tentang hutan kera Nepa objek wisata di Sampang Madura yang cukup legendaris. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan nuansa berbeda. Suasana sejuk dan damai dengan pohon-pohon kelapa kecil sekaligus ditemani dengan keramaian segerombol ratusan ekor kera membuat pengalaman berwisata Anda jadi lebih seru.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Bukit Kampung Toron Semalem