Gua Mas, Pesona Keindahan Stalagmit Yang Berpadu Dengan Bias Cahaya

Diposting pada

Gua mas merupakan salah satu destinasi wisata baru di daerah Pamekasan Madura. Gua ini sangat indah dengan stalagmit yang berwarna kuning keemasan. Keajaiban alam yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke pulau Madura.

Apalagi bagi anda yang sangat mencintai wisata Gua alami seperti ini, karena keindahannya yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Sehingga Anda harus datang untuk menyaksikan sendiri keajaiban alam yang menakjubkan ini.

Berbagai Hal Mengenai Gua Mas Yang Harus Kamu Tahu

Sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke Gua Mas maka harus mempelajari dahulu beberapa hal dibawah ini. Sehingga memiliki gambaran yang jelas dan menyiapkan berbagai keperluan yang mungkin dibutuhkan. Biar makin penasaran simak keterangan dibawah ini:

  1. Gua Dengan Stalagmit Berwarna Emas

Gua ini awalnya bernama Gua Batu Bintang, namun sayangnya Batu Bintang adalah nama dari sebuah kecamatan lain di pamekasan. Namun seiring berjalannya waktu gua yang memiliki keunikan yang eksotis ini lebih populer dengan sebutan sebutan lain.

Masyarakat sekitar yang akhirnya lebih sering menyebutnya sebagai Gua Mas karena gua ini memiliki stalagmit seperti emas. Stalagmit yang sangat unik ini merupakan salah satu spot paling instagramable di destinasi wisata ini.

  1. Ditemukan Saat Sedang Menggali Sumur

Berdasarkan keterangan dari warga gua ini awalnya ditemukan saat penduduk sedang menggali sumut. Penggalian yang dilakukan selama 17 hari di halaman rumah ibu Warda atau ibu Sati ini untuk mencari sumber air yang biasa mencapai 9 meter.

BACA JUGA  Wisata Alam Bukit Sekaran Pamekasan

Namun baru menggali sedalam kira-kira 6 sampai 7 meter ini para penggali terkejut dengan ruangan yang sangat indah di kedalaman tanah. Sebelum dibuka untuk umum Gua  ini sudah diteliti oleh banyak pihak.

  1. Lokasi Gua Di Halaman Rumah Warga

Gua ini lokasi persisnya di desa Blaban Kecamatan Batu Mar-mar Kabupaten Pamekasan. Lebih tepatnya di bagian utara  kabupaten Pamekasan, yang memang secara geografis tempatnya berupa perbukitan. Sehingga saat datang kesana harus berhati-hati karena jalan aksesnya lumayan of road.

Gua Mas ini memiliki bentuk vertikal karena posisinya yang berada pada 6 sampai 7 meter dari permukaan tanah. Sehingga pengunjung harus masuk secara vertikal ke dalam gua seperti masuk kedalam sumur dengan naik tangga yang disediakan pengelola.

  1. Jalan Masuk Menuju Gua

Stalagtit di dalam gua ini masih alami dan meneteskan air sehingga permukaannya menjadi licin. Oleh sebab itu pengunjung tidak diperkenankan memakai alas kaki saat memasuki gua. Pengelola juga selalu memberikan peringatan pengunjung untuk selalu berhati-hati.

Pemandu juga senantiasa mengingatkan pengunjung untuk berhati-hati dan menunduk saat jalan di gua Mas. Karena resiko kejedot stalagtit yang berbentuk runcing dan mudah patah sangat tinggi. Selain berbahaya buat pengunjung juga resiko merusak keindahan gua.

  1. Semakin Indah Dengan Bias Lampu

Serunya lagi gi gua ini pengunjung dapat langsung menginjakkan kakinya ke stalagmit tanpa batas. Sehingga dijamin akan puas meskipun waktunya terbatas karena banyaknya antrian pengunjung. Keindahan dalam gua semakin menonjol dengan penerangan yang dipasang dalam gua.

Meskipun di dalam gua namun tidak akan merasa pengap karena adanya kipas angin yang dipasang pengelola. Anda tidak perlu takut membayar mahal untuk menikmati keindahan gua alami ini. Karena biaya yang dipatok hanya sebesar 20k per orang dengan durasi 15 menit.

BACA JUGA  Edu Wisata Selamat Pagi Madura Yang Asyik Buat Liburan Keluarga

5 hal diatas dapat Anda jadikan acuan saat hendak berkunjung ke Gua Mas ini sehingga dapat mempersiapkan apa saja yang harus dibawa. Agar liburan Anda semakin berkesan dan tak terlupakan dengan berkunjung ke tempat yang tidak biasa.