Goa Blaban: Goa Bawah Tanah Temuan

Diposting pada

Goa Blaban: Goa Bawah Tanah Temuan

800 Goa Blaban

Goa Blaban: Goa Bawah Tanah Temuan – Seperti pada umumnya goa yang merupakan sebuah tempat yang sudah terbentuk secara alami, ada satu goa bawah tanah yang merupakan hasil temuan warga yang sedang menggali tanah. Yaitu goa Blaban, goa yang ditemukan oleh warga sekitar saat sedang menggali tanah untuk membuat sumur.

Goa bawah tanah yang menyajikan suasana yang berbeda dengan goa biasa yang sering diisi dengan kelelawar yang beterbangan dan buang kotoran sembarangan, hal itu tidak akan ditemui di goa bawah tanah yang berada di desa Blaban, kabupaten Pamekasan, Madura.

Sejarah Goa Blaban

Goa Blaban ini ditemukan saat beberapa warga sedang menggali tanah untuk membuat sumur air minum. Saat proses penggalian dan mencapai kedalaman hingga 7 meter, para penggali sumur menemukan lubang besar dengan diameter 50 meter persegi dan dipenuhi batu akik pada dinding lubang tersebut. Karena hal tersebut, pemilik sumur yang melakukan penggalian melaporkan kejadian tersebut dan selanjutnya dilakukan penggalian lebih lanjut.

Pada awal ditemukannya goa bawah tanah tersebut, lokasi tersebut tidak diperuntukkan umum, karena kondisi dari dalam goa yang dikhawatirkan terdapat gas yang membahayakan dan juga untuk mencegah rusaknya area gua yang masih alami tersebut. Namun, saat ini goa tersebut sudah dibuka untuk umum dan menjadi objek wisata yang unik dan menjadi favorit para wisatawan yang mengunjungi kabupaten Pamekasan.

Lokasi Dan Rute Menuju Goa Blaban

Secara geografis, lokasi goa Blaban berada di dusun Rojing, desa Blaban, kecamatan Batumarmar, kabupaten Pamekasan, Madura. Untuk menuju kesana, Anda dapat mengambil rute dari arah Surabaya menuju kota sampang, tepatnya ketapang sampang. Setelah sampai di ketapang sampang, Anda bisa menuju ke kecamatan Sokobanah untuk kemudian melanjutkan ke Batumarmar, Pamekasan.

Daya Tarik Wisata Goa Blaban

Goa Blaban memiliki keunikan dalam proses penemuannya yang berawal dari salah seorang warga dan beberapa pekerja melakukan penggalian tanah untuk membuat sumur air yang kemudian di tengah proses menggali, mereka menemukan goa bawah tanah yang dihiasi dengan batuan yang bersinar keemasan pada dinding goa. Selain itu, terdapat sajian keindahan yang berupa stalagtit dan stalagmit yang berkilau putih saat tersorot sinar cahaya.

Harga Tiket Masuk Goa Blaban

Para wisatawan yang berkunjung ke area wisata goa Blaban dan ingin memasuki bagian dalam goa Blaban, akan dikenakan biaya sebagai tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah dan Anda sudah bisa menelusuri area wisata goa Blaban.

Wahana Dan Aktivitas Menarik

  1. Keindahan panorama stalagtit dan stalagmit

Di dalam area wisata goa bawah tanah Blaban, Anda dapat menikmati daya tarik utama berupa pemandangan bebatuan stalagtit dan stalagmit yang dapat berkilau saat terkena sinar atau cahaya.

  1. Spot foto menarik

Di dalam goa, terdapat area yang dilengkapi dengan penerangan yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang atau objek fotografi yang unik sekaligus menarik.

  1. Menelusuri area goa

Jika ingin menelusuri keseluruhan area goa, Anda dapat meminta jasa pemandu wisata yang terdapat disana untuk memberi segala informasi tentang goa Blaban.

Berkunjung ke destinasi wisata goa Blaban merupakan pengalaman yang unik dan menarik, namun, perlu diperhatikan untuk berhati – hati saat menelusuri bagian dalam goa karena lantainya licin yang berasal dari titik air yang jatuh dari dinding – dinding goa. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk melepas alas kaki saat menelusuri bagian dalam goa dengan lantai yang licin.

BACA JUGA  Monumen Trunojoyo Sampang Destinasi Wisata Seru