Fakta-Fakta Menarik Seputar Lontong Balap Khas Surabaya

Diposting pada

Lontong Balap Khas Surabaya memang menjadi salah satu kuliner wajib, yang harus disantap ketika mengunjungi kota satu ini. Memang Surabaya sendiri merupakan salah satu kota besar di Indonesia, yang menawarkan banyak kuliner dari lontong.

Salah satunya Lontong Balap yang ternyata tidak sekedar namanya saja yang unik, tetapi memiliki cita rasa sangat khas. Fakta dan keunikan dari makanan khas Surabaya tersebut tidak hanya sampai situ saja, kali ini kami akan membawakan fakta-fakta menarik dari makanan tersebut.

Beginilah Fakta dan Hal Menarik dari Lontong Balap Khas Surabaya

Untuk Anda yang belum mencoba kuliner satu ini, yuk intip fakta menarik dari lontong balap khas Surabayaseperti di bawah ini:

Lontong Asli Khas Surabaya

D688AD1C 819C 40D6 B504 E9F6737C5C6E

Lontong balap, nenjadi salah satu makanan yang lahir dari Surabaya, Jawa Timur. Bahkan Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini juga di daerah Sidoarjo, Madiun, Pasuruan dan lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, kini lontong balap semakin dikenal diseluruh wilayan Indonesia.

Maka tidak heran jika banyak pelancong yang mencari lontong balap khas Surabaya, sebagai salah satu kuliner wajib yang harus dicicipi. Dan faktanya, banyak warung makan yang menjual lontong balap lho. Jadi Anda tidak akan terlalu kesusahan untuk mencari kuliner khas Surabaya, yang memiliki kuah kental tersebut.

Sejarah Singkat dari Lontong Balap

48696B97 3A7E 4AF4 A283 47B5641C135B

Seperti yang kita ketahui lontong balap memiliki nama yang sangat unik sekali, dan hal ini tentu tidak lepas dari sejarah. Nama unik dari lontong ini, berasal dari kata balapan yang memiliki arti berlomba. Hal tersebut dikarenakan dulu pedagang lontong, akan berlomba menjajakan dagangannya dengan tekan seprofesinya.

BACA JUGA  Wisata Pantai Surabaya, Cocok Untuk Pemburu Wisata Alam

Zaman dulu lontong balap khas Surabaya ini masih dijual dengan cara dipikul, dan disimpan pada rombong tanah liat. Meskipun beban yang dipikul oleh para pedagang zaman dulu sangat berat, tidak menyurutkan mereka untuk terus berlomba mencari pembeli. Sebab dulu para pedagang harus mencari calon konsumennya sendiri, berbeda dengan sekarang yang mana pembeli akan mencarinya.

Lontong Balap Khas Surabaya disajikan dengan Sate Kerang

Salah satu keunikan lainnya dari santapan berbahan dasar lontong ini, adalah sate kerang yang turut hadir dalam penyajiannya. Sate kerang ini dibuat untuk mendampingin lontong balap, yang memiliki cita rasa pedas dan manis. Hal inilah yang menjadi pelengkap dan nikmatnya dari lontong balap ini.

B6B89AB9 F77B 4AE2 9FCA 10A864918DEB

Dalam satu porsi lontong balap khas Surabaya biasanya akan diberikan 1 atau dua tusuk sate kerang, namun semua bergantung kepada pemiliknya. Jika dirasa sate tersebut kurang, Anda bisa memesan kembali kepada penjuap untuk sabu porsi sate kerang. Namun jika Anda tidak bisa memakan kerang, maka mintalah menu tanpa sajian sate tersebut.

Lentho digunakan Sebagai Lauk

Keunikan lainnya terletak pada lauknya, yakni terdapat Lentho disetiap porsi lontong yang disajikan. Lentho sendiri merupakan gorengan yang terbuat dari parutan singkong, kacang tolo dan juga tepung. Ternyata selain dijadikan camilan, Lentho ini bisa dimakan sebagai lauk dan pelengkapan dari lontong balap.

Satu Porsinya Cukup Mengenyangkan

20F75FF8 0147 466C 8FB0 032D4C71663C

Fakta lontong balap khas Surabaya lainnya, terletak pada setiap porsi yang disajikannya. Setiap porsi bisa disebut mengenyangkan karena berisikan lontong, tauge, tahu, sate kerang, lentho dan kuah petis yang memiliki cita rasa khas asal Surabaya. Jadi meskipun makanan ini bukan dari nasi, tetap akan membuat siapa saja yang memakannya merasa kenyang.

BACA JUGA  Rekomendasi Kuliner Khas Sumenep

Nah itu dia beberapa fakta dan hal menarik dari lontong balap khas Surabaya yang harus Anda cicipi ketika mengunjungi kota satu ini.