Eloknya Panorama Alam Pulau Sapeken, Wisata Bahari Popular di Madura

Diposting pada

4

Pulau Sapeken atau Sapeken Island merupakan pulau yang ada di wilayah Sumenep, Madura. Namun uniknya, masyarakat di pulau ini tidak dapat berbicara menggunakan bahasa Madura. Hal ini terjadi karena mayoritas penduduk bukanlah suku Madura, tetapi suku Mandar, Bajo, dan Bugis.

Keunikan dan Daya Tarik Pulau Sapeken

Saat ini, pulau yang sering dijadikan sebagai lokasi penelitian ini memiliki banyak pesona dan daya tarik. Tidak heran jika seiring berjalannya waktu itu banyak para wisatawan yang mengunjungi Pulau ini.

1.     Rumah Panggung

Saat mengunjungi pulau, pemandangan pertama yang akan dijumpai yaitu pemukiman penduduk yang berupa rumah panggung. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Uniknya lagi, terdapat beberapa rumah yang tampak seperti rumah apung karena berada di atas perairan. Di daerah jika kebanyakan orang yang datang kesini merupakan para peneliti yang mengulas tentang sejarah, kebiasaan hidup, dan budaya masyarakat.

2.     Keindahan Kehidupan Bawah Laut

Hal lainnya yang menjadi daya tarik dari Pulau Sapeken yaitu keindahan alam yang mempesona, terutama pemandangan bawah laut. Lautan yang berada di pulau ini sangat menakjubkan karena terdapat terumbu karang hidup yang sangat indah.

Bahkan banyak para wisatawan yang datang untuk melihat keindahan bawah lautnya. Tidak jarang dari mereka yang mengabadikan foto.

3.     Hutan Mangrove

Di Pulau ini terdapat kawasan hutan mangrove yang asri dan tumbuh subur. Ternyata hutan Di Pulau ini menyumbang kurang lebih 85% dari keseluruhan hutan mangrove di provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA  Wisata Sejarah Museum Keraton Sumenep

Tidak hanya sebagai tempat wisata, ternyata hutan mangrove juga dijadikan sebagai kayu bakar, bahan pupuk, bahan bangunan, dan lain-lain.

Rute Menuju Lokasi

Kepulauan Sapeken berada di bagian utara Pulau Bali, tepatnya di Kecamatan Sapeken, Sumenep. Saat di lokasi, para pengunjung akan takjub dengan berbagai spot wisata terbaik yang disajikan.

Jika ingin berlibur ke pulau tersembunyi ini, para pengunjung harus menyeberangi lautan. Penyeberangan dilakukan dari Dermaga Sumenep menggunakan transportasi air, yaitu perahu.

Namun sebelum penyeberangan, akses perjalanannya bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Apabila menggunakan kendaraan umum, berhentilah di terminal bus Sumenep.

Selanjutnya, lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju pelabuhan/dermaga. Barulah setelah itu menaiki perahu untuk sampai ke lokasi Sapeken Island.

HTM ke Pulau Sapeken

Untuk berkunjung ke Pulau Sapeken, tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp125.000. Tarif ini terbilang terjangkau karena dengan tarif tersebut dapat menikmati berbagai wisata yang sangat menakjubkan.

Ada lebih dari 10 spot wisata yang sangat unik dan menarik untuk dikunjungi di pulau ini. Jika ingin lebih lama menikmati keindahan Sapeken Island, bisa bermalam dengan sewa homestay.

Aktivitas Seru di Pulau Sapeken

Apa saja sih kegiatan yang dapat dilakukan di pulau ini? Para pengunjung bisa melakukan berbagai hal seperti berikut ini.

·         Diving dan Snorkling

Diving dan snorkeling di perairan Sapeken Island. Apalagi pemandangan bawah laut di sini sangat indah. Ada berbagai biota laut dan terumbu karang warna warni yang mempesona.

·         Melihat Sunset dan Sunrise

Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan sunset dan sunrise saat senja. Apalagi di pulau ini terdapat cukup banyak pantai yang memiliki spot terbaik untuk menyaksikan panorama ini.

BACA JUGA  Wisata Alam Pantai The Legend

·         Hunting Foto

Pulau ini juga merupakan tempat terbaik untuk explore wisata alam serta hunting foto. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung ke tempat wisata ini. Di sini terdapat berbagai spot foto instagenic dengan latar belakang keren.

·         Memancing

Bagi yang hobi memancing, bisa juga memancing di area perairan pulau ini. Namun, untuk alat pancingnya harus membawa sendiri. Di sini tidak tersedia fasilitas sewa alat memancing.

Demikianlah penjelasan mengenai pesona dan keindahan dari Pulau Sapeken Madura. Ayo segera berkunjung ke pulau ini untuk mendapatkan pengalaman wisata yang sangat seru.