Eksotisme Pantai Sumenep: Gili Genteng

Diposting pada

Gili Genteng Sumenep

Kabupaten Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang berada di bagian selatan Madura. Bukan merupakan rahasia lagi, bahwa kabupaten tersebut penyimpan surga tersembunyi berupa destinasi wisata yang indah. Kondisi geografis Sumenep yang mayoritas merupakan wilayah pantai memiliki banyak pilihan untuk dikunjungi.

Gili genteng merupakan salah satu pesona dari kabupaten Sumenep. Pantai yang indah serta fasilitas yang lengkap menjadikan tempat ini banyak menjadi pilihan para wisatawan. Hamparan pasir berwarna putih dipadukan dengan perbukitan di sekitarnya memiliki keindahan seperti surga dunia.

Salah satu tempat wisata andalan Sumenep ini berbentuk pulau yang di dalamnya terdapat pantai yang terkenal, nama pantai tersebut yaitu Pantai Sembilan. Pantai ini menjadi ikon dari pulau ini. Ada beberapa hal yang menjadikan pantai ini layak untuk dikunjungi, antara lain :

  1. Kebersihan pantai yang terjaga

Wisatawan dapat menikmati hamparan pasir yang luas tanpa dikotori dengan sampah. Hal ini dikarenakan, pengelola selalu memberikan himbauan dan edukasi kepada wisatawan untuk senantiasa menjaga kebersihan. Hasilnya adalah, seluruh pantai terjaga dari pantai yang berserakan.

  1. Memiliki pasir putih yang indah

Pasir putih di pulau ini, khususnya di pantai sembilan memiliki warna yang putih bersih tanpa tercampur pasir dengan warna yang lain. Hal ini menjadi pembeda dengan tempat-tempat yang lain.

  1. Pemandangan malam yang indah

Pulai ini merupakan tempat yang masih asri dan belum banyak terdapat lampu penerangan. Hal tersebut menyebabkan bintang-bintang di langit terlihat lebih jelas. Lain dengan wilayah perkotaan yang banyak memiliki lampu terang, pemandangan langitnya pun tidak dapat dinikmati.

  1. Memiliki ombak yang tenang

Dengan kondisi ombak yang relatif tenang, pengunjung dapat bermain di pantai tanpa khawatir terbawa ombak.

Rute ke Lokasi

Akses menuju pulau ini cukup mudah. Lokasinya berada di Kecamatan Gili Genteng dan berada di wilayah desa Bringsang. Jika pengunjung melewati kota Surabaya maka dapat melalui akses jembatan Suramadu menuju ke tangkel Bangkalan, untuk selanjutnya menuju ke timur yaitu kota Pamekasan. Di Pamekasan wisatawan cukup mengikuti arah menuju desa Bringsang.

BACA JUGA  Bukit Tinggi Daramista Atap Langit Kota Sumenep

Wisatawan disarankan menggunakan sepeda motor, karena kendaraan akan diangkut memakai perahu khusus untuk menyeberang.

Ragam Aktivitas

Keadaan alam yang indah membuat pengunjung dapat menikmatinya dalam berbagai macam aktivitas. Berikut ini beberapa aktivitas yang dapat dilakukan.

  1. Aktivitas fotografi

Salah satu trend saat ini adalah memposting foto maupun gambar ketika berwisata di media sosial. Untuk itu, sangatlah tepat jika Anda mendokumentasikan moment liburan Anda di Gili Genteng mengingat banyaknya spot yang menarik untuk dijadikan background.

  1. Menikmati suasana pantai dari atas bukit

Dari atas bukit wisatawan dapat melihat panorama pulau secara keseluruhan. Hamparan pantai pasir putih dengan laut yang biru menjadi pesona tersendiri ketika dilihat dari atas.

  1. Berenang dan menyelam

Ombak yang tenang membuat wisatawan leluasa bermain di perairan. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah berenang sepanjang pantai dan menyelam melihat keindahan bawah laut.

Fasilitas Pendukung

Untuk Anda yang hendak berwisata ke pulau ini, tidak perlu khawatir soal fasilitas. Pengelola sudah menyediakan beragam fasilitas umum, mulai dari toilet, tempat makan, penginapan dan fasilitas lainnya. Namun, pengelola tidak menyediakan penyewaan alat-alat untuk berenang dan menyelam.

Destinasi wisata Gili Genteng ini dapat menjadi pilihan mengisi liburan Anda. Biaya yang relatif terjangkau berkisar Rp. 500.000 untuk setiap orangnya terbilang murah untuk membayar keindahan yang dinikmati. Meskipun demikian, wisatawan disarankan untuk membawa rupiah lebih

dari itu, agar dapat menikmati fasilitas-fasilitas lain sehingga liburan akan lebih berkesan.