Daya Tarik, Rute dan Kegiatan Wisata Waduk Nipah Banyuates

Diposting pada

IMG 20170909 111349

Salah satu objek wisata yang lainnya di kawasan Sampang Jawa Timur adalah Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates. Adalah sebuah destinasi wisata berupa bendungan air yang ada di wilayah Banyuates yang sangat ramai dikunjungi para pengunjung wisata di Jawa Timur. Menjadi salah satu objek wisata yang menarik sekaligus dengan tiket masuk wisata yang terjangkau oleh berbagai kalangan membuat wisata ini digemari kalangan anak muda.

Daya Tarik, Rute dan Tiket Masuk Wisata Waduk Nipah Banyuates

Tercatat menurut sebuah berita, waduk ini menjadi waduk yang paling besar di kabupaten Sampang yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 yang lalu. Pembangunan waduk ini sudah dimulai sejak awal Orde Baru tepatnya tahun 1973 dengan terlebih dahulu meminta izin dan doa restu pada tokoh ulama dan tokoh masyarakat setempat. Berikut beberapa informasi penting yang harus Anda ketahui seputar objek wisata Waduk Nipah Banyuates.

1. Daya tarik wisata

Dari kejauhan, sekilas waduk ini terlihat lebih eksotis karena penuh dengan batuan cadas. Area waduk Nipah ini juga dikelilingi dengan pepohonan yang cukup rindang sehingga membuat suasana yang ada disana jauh lebih nyaman dan menyegarkan. Penggunaan waduk ini sendiri bertujuan untuk bisa menjadi lahan irigasi yang diperuntukkan pengairan lahan sehingga juga memiliki pemandangan yang indah mempesona.

2. Rute perjalanan wisata

Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates ini tepatnya berada di Desa Montor, kecamatan Banyuates. Anda bisa mencapai lokasi wisata dengan menggunakan beberapa rute yaitu dari arah Surabaya bisa melalui jalur Pantura Madura untuk kemudian melewati jembatan Suramadu atau menggunakan kapal dari Pelabuhan Ujung. Dan untuk Anda yang memulai dari daerah timur Madura seperti area Pamekasan dan Sumenep bisa memilih untuk melalui jalur utama Madura maupun Pantura yang mana di kedua jalur tersebut akan bertemu di pertigaan kecamatan Banyuates.

BACA JUGA  Keindahan Pantai Utara Pantai Pasir Putih Tlangoh

Untuk menuju lokasi wisata waduk ini Anda bisa menggunakan alat transportasi pribadi maupun umum yang banyak tersedia di sana. Perlu diketahui bahwa lokasi waduk ini berada di desa bagian pedalaman yang letaknya cukup jauh dari pemukiman warga. Sehingga beberapa fasilitas publik mungkin akan tak bisa Anda temukan disana.

3. Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuk ke lokasi Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates sejauh ini masih belum dikenai biaya secara khusus alias masih gratis biaya masuk lokasi waduk. Berbeda dengan tarif untuk parkir kendaraan yang Anda bawa ke lokasi wisata, dengan rincian untuk kendaraan roda dua adalah dengan tarif 5 ribu rupiah dan untuk kendaraan roda empat sekitar 30 ribu rupiah. Khusus untuk Anda yang datang berwisata dengan menggunakan kendaraan umum, bisa melakukan penawaran biaya transportasi sehingga bisa mendapatkan tarif yang jauh lebih murah dan terjangkau.

Kegiatan Wisata di Objek Wisata Waduk Nipah Banyuates

Adapun untuk kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di lokasi wisata ini terbilang cukup banyak. Banyak yang berkunjung ke lokasi wisata ini dengan tujuan untuk melihat pemandangan waduk yang alami dan mempesona sekaligus mengagumi keindahan ciptaan Tuhan. Jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan di objek wisata ini diantaranya adalah :

  1. Menikmati pemandangan alam sekitar waduk yang terlihat cantik dengan tebing batuan yang ada di sekelilingnya.
  2. Hunting atau berburu foto dengan spot yang menarik yang ada di sekitar waduk Nipah ini.
  3. Melihat pemandangan kera atau monyet liar yang berkeliaran bebas di pohon. Anda tak perlu takut karena mereka tak akan mengganggu Anda selama Anda juga tak mengganggu mereka.
  4. Menikmati hembusan udara yang masih sejuk dan menyegarkan
BACA JUGA  Fakta Gunung Maddah Sampang

Udara di sekitar waduk berasal dari hembusan angin dari sela pepohonan yang berada di sekitar Obyek Wisata Waduk Nipah Banyuates sehingga tentu masih sangat segar dan menyejukkan.